CBR250

Ini Penjelasan Konsep Honda CBR250RR Tentang Styling, Chassis, Power unit, Elektronik dan Sistem Kontrol

Ini Penjelasan Konsep Honda CBR250RR
Ini Penjelasan Konsep Honda CBR250RR

Berikut Ini Penjelasan Konsep Honda CBR250RR Tentang Styling, Chassis, Power unit, Elektronik dan Sistem Kontrol gan. Bahwa ketika Honda merumuskan All New Honda CBR250RR ini sebagai motor lightweight supersport terbaik di kelasnya. Maka ditetapkan beberapa tujuan untuk setiap bagian, diantaranya adalah:

  •  Styling : desain dengan sensasi terhadap power dan kecepatan.
  • Chassis : andalannya adalah kemampuan bermanuver yang optimal dan performa  yang handal.
  • Power unit : Bahwa di seluruh putaran mesin terus ngisi, sementara knalpot memberikan sensasi suara yang khas plus desain engine yang compact
  • Elektronik dan sistem kontrol : Jaminankualitas dan canggih.

Manteb wis gan! Nah, berikut ini penjelasan detail per pointnya gan!

Styling

Styling CBE 250 RR bertemakan desain “Speed Shape” dengan tampilan menarik dan fungsional. Mengandalkan garis tajam dari sisi bawah, depan merunduk hingga buritan belakang njengat meruncing nampak seperti siluet posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang bertenaga. Bagian depan menghadirkan tampilan garang. Semetara itu konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “layered cowl”. Ini dilakukan dalam rangka mengoptimalkan aliran udara saat berkendara agar mesin cepat dingin dan juga berkontribusi pada pengendalian. Aerodinamisnya itu gan dipertimbangkan.

packaging riding position
packaging riding position

Bentuk jok pengendara di bagian depan diperkecil dengan tujuan kemudahan mengontrol keseimbangan bobot pengendara. Karakter proporsional motor  ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

 

Chassis

Desain frame dari pipa merupakan jaminan kekuatan dan kelenturan. Fungsinya untuk stabilitas sempurna dan pengendalian optimal bagi pengendara. 

rangka new CBR 250 R 2016 tampak samping
rangka new CBR 250 R 2016 tampak samping

Lengan ayun menggunakan tipe gull-arm berbahan alumunium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC) menghasilkan pengurangan bobot unsprung. Ini juga didesain untuk mendukung layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link. alumunium arm New CBR 250 2016

Ni di gan, lengan ayun yang mendukung dua lobang muffler:

Knalpot CBR 250
Knalpot CBR 250

Adpun suspensi depan inverted fork berukuran 37mm (USD) dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.

all new CBR 250
all new CBR 250

Adapun system lapu yang mengadopsi LED, tepatnya di semua sistem pencahayaan mendukung gaya dan efisien gan. Lalu aplikasi velg dengan 7-spoke yang di desain secara eksklusif, secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal sehingga tercipta manuver sempurna All New Honda CBR250RR.

 

Power unit

Untuk sektor mesin, bahwa All New CBR 250 RR ini pake mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang compact. Banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam  cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin. Kemudian menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V.  Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama. Berarti lebarnya mirip dengan CBR 250 yang 2 silinder gan!

 

Cylinder head new cbr 250 2016
Cylinder head new cbr 250 2016

Sementara itu ada ubahan penting pada bagian layout power unit yaitu Downdraft air intake.  Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder. Ini bertujuan agar resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan.  Hubungannya dengan desain mesin yang compact, mengoptimalkan penyebaran bobot agar power nendang gan.

All New Honda CBR250RR kabarnya enak buat bermanuver dan bisa mengontrol secara penuh. Pastinya didukung akselerasi dari awal, sampai saat menyalip hingga pada kecepatan tertinggi.

Electrical and Control systems

Aplikasi teknologi terkini yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW.  All New Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW.  Akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi, enak gan lembut mudah dikontrol.

Electrical and Control systems CBR 250RR
Electrical and Control systems CBR 250RR

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas. Ini akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU.  Kbarnya ini juga diaplikasikan di RC213V.

kontrol elektornik cbr 250 rr
kontrol elektornik cbr 250 rr

Dalam mendukung TBW motor ini juga dilengkapi riding mode selector, tinggal pilih mode sesuai kondisi jalan gan. Mau agresif di gunung atau berpetualang di perkotaan dengan berboncengan. Semuanya ada modenya gan.

Pilihan CBR 250 RR 

All New Honda CBR250RR tersedia dengan 2 tipe yakni STD (standar) dan ABS dengan pilihan warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic.  Motor bakal diterima di penghujung tahun 2016. Kini dah bisa dipesan di jaringan Wing Dealer Honda yang tersebar di seluruh Indonesia gan!

Variasi dan Apparel

Nah, bagi agan sekalain yang anti mainstrim, ogah standar ada lhow part aksesorisnya. AHM telah menyiapkan 10 item Honda Genuine Accesories (HGA). Mulai dari Tank Pad, Radiator Protector, Single Seat Cowl, Eliminator Fender, Aero Fin, Hand  Guard, Fr Fender Carbon, Hugger Carbon, Cover Upper Tank Carbon dan Cover Muffler Carbon. Ada juga kelengkapan berkendara dengan apparel Honda berupaLeather Jacket, Helmet Fullface, Leather Glove dan T-Shirt.  Keseluruhan HGA dan apparel tersebut tersedia di jaringan Wing Dealer Honda per akhir 2016.

22 komentar pada “Ini Penjelasan Konsep Honda CBR250RR Tentang Styling, Chassis, Power unit, Elektronik dan Sistem Kontrol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.