Info Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Lihat Tanda Pajak Progresif di STNK

Cara Lihat Tanda Pajak Progresif di STNK
Cara Lihat Tanda Pajak Progresif di STNK

Jangan kaget kalau mengetahui Skutik 110 cc Anda lebih mahal ketimbang pajak kendaraan bermotor (PKB) Skutik 150 cc dengan tahun buatan yang sama. Bisa jadi, hal tersebut karena terkena pajak progresif. Bagaimana cara lihatnya? KompasOtomotif kembali berusaha memberi gambaran, sekaligus memperpanjang tangan sosialisasi yang dilakukan Polda Metro Jaya soal pajak progresif. Ada kode-kode tertentu pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang menyatakan tingkatan pajak progresif.

Coba keluarkan STNK Anda, lalu cari halaman Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/ BBN-KB dan SWDKLLJ yang biasanya berwarna cokelat. Pada bagian kanan, di atas besaran PKB, BBN-KB, dan lain-lain, ada kotak pertama yang berisi kode-kode.

Lihat bagian kode paling belakang, itulah tanda pajak progresif. Biasanya tiga angka, dan jika tertera 001, artinya kendaraan Anda adalah yang pertama, dan dikenakan pajak 2 persen dari Dasar Pengenaan Pajak (DPP) kendaraan itu.

DPP ditentukan oleh pemerintah daerah masing-masing dengan melihat harga pasaran kendaraan dan hal-hal yang mengurangi nilai kendaraan tersebut.

Lalu, jika tertera angka 002, 003, dan seterusnya, artinya kendaraan sudah kena pajak progresif yang menunjukkan kendaraan tersebut adalah kepemilikan yang ke-2, ke-3, dan seterusnya.

PKB akan lebih besar, yakni 2,5 persen dari DPP untuk motor ke-2, lalu 3 persen untuk motor ke-3, dan seterusnya ditambah 0,5 persen sampai batas 17 kendaraan.

32 komentar pada “Cara Lihat Tanda Pajak Progresif di STNK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.