News Oto

Diprediksi Kehadiran Mitsubishi XM Concept Menyaingi Pajero Sport

Diprediksi Kehadiran Mitsubishi XM Concept Menyaingi Pajero Sport
Diprediksi Kehadiran Mitsubishi XM Concept Menyaingi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport saat ini menjadi tulang punggung penjualan kendaraan penumpang PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Nampaknya hal tersebut tidak akan bertahan lama karena XM Concept berpotensi menggantikan posisinya saat sudah diproduksi massal. 

Head of MMC Sales and Marketing Group KTB Imam Choeru Cahya mengatakan, dari Januari hingga Desember 2016, Pajero Sport 4×2 terjual sebanyak 17.164 unit, sementara varian 4×4 terjual 1.960 unit. Artinya, total penjualan SUV ini mencapai 19.124 unit, atau setara 1.593 unit per bulannya.

Secara keseluruhan, penjualan PT KTB sepanjang tahun lalu mencapai 67.176 unit, termasuk di dalamnya passenger car dan LCV (Light Comercial Vehicle). Lainnya, Mirage terjual 3.220 unit, Outlander 1.683 unit, Delica 310 unit, Triton 6.757 unit, L300 21.434, serta T-120 SS 14.648 unit.

Di waktu bersamaan Imam menyampaikan, XM Concept yang merupakan calon MPV murah Mitsubishi diprediksi akan terjual sebanyak 5.000 unit per bulan. Meski tak secara eksplisit mengatakan bahwa model ini akan menggantikan Pajero Sport, namun hal itu dapat disimpulkan melalui perbandingan penjualan.

“Harapannya mencapai 60.000, jadi kalau dirata-ratakan sekitar 5000 unit per bulan,” ujar Imam dalam acara Mitsubishi Special Edition.

Sekadar informasi, XM Concept sendiri adalah mobil konsep yang pertama kali KTB perkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), yang dihelat Agustus tahun lalu. Mobil ini berada di kelas low MPV, namun dalam hal desain juga terinspirasi dari SUV.

XM Concept akan diproduksi di pabrik baru mereka di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, sekira semester dua tahun ini. Saat diproduksi massal, mobil ini tak lagi akan memakai nama XM, namun nama lain yang sedang KTB persiapkan.

Imam berharap, XM Concept akan meningkatkan pangsa pasar mereka di kategori mobil penumpang. Dalam hal total penjualan pun, sebetulnya Low MPV (kelas XM Concept) memang jauh lebih besar ketimbang SUV (kelas Pajero Sport).

57 komentar pada “Diprediksi Kehadiran Mitsubishi XM Concept Menyaingi Pajero Sport

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.