Komparasi Motor

Mbah Wir Bertanya, Kenapa Test Ride GSX R 150 dan R 15 Pake Ban Slick Sedangkan CBR 150 Tidak?

Kenapa Test Ride GSX R 150 dan R 15 Pake Ban Slick Sedangkan CBR 150 Tidak
Kenapa Test Ride GSX R 150 dan R 15 Pake Ban Slick Sedangkan CBR 150 Tidak

Mas bro sekalian, masih seputar kelas panas di 150 cc. Bahwa sebauh pertanyaan keluar dari mbah Wir, blogger www.nyobamoto.com. Beliau ini memang seorang fans berat Honda sejati. Sejak tahun 2006-2007 sudah malang melintang jadi komentator di warungnya wak haji TMC dan juragan Rondo dear kanjeng juragan Rudi Triatmono. Dua blogger inilah yang jadi rujukan para pembaca waktu itu setelah Cafemotor, blognya mas bro Ilham tak dilanjutkan lagi. Nah, mbah wir ini sudah ngefans banget sama Honda sejak itu.

Nah, dalam kesempatan kali ini mbah Wir mengemukakan pertanyaannya seputar test ride CBR 150, R15 dan GSX 150 di sentul. Kenapa Test Ride GSX R 150 dan R 15 Pake Ban Slick Sedangkan CBR 150 Tidak?

Berikut statmennya:

“Sik… takon…
Kenapa R15 dan GSX wingi kok pas dijajal ndik Sentul pake ban slick ?
Kok nggak ban standar saja ?
GSX malah dicopot slebor’e barang…
Cek cepet tah yok opo mlayune ? Kok nggak standar asli metu toko ae pas dijajal ?

Apakah takut gak bisa lari, tak mencapai top speed lalu takut dibully? Aihihihi, ya tanggapin dengan woles aja gan. Sah-sah aja kan siapapun bertanya  tentang apa saja. Yang penting tak terlalu dibumbuin.

Oceh apakah takut top speed tidak tercapai secara maksimal? Ya jawabannya boleh jadi iya, boleh jadi tidak gan. Monggosaja mungkin yang lebih tahu bisa memberi penjelasan. Tapi ada beberapa selentingan yang James Bons denger entah bener-entah tidak. Beriut selentingan tersebut:

  • Fakta di lapangan yang James Bons lihat adalah bahwa Suzuki menggunakan unit test ride untuk blogger adalah sama dengan untit uang digunakan para pembalap dalam kualifikasi. Jadi mutlak bannya sama motor sama, dan gantian dengan blogger. Nah ada sedikit selentingan, bahwa memang Suzuki modalnya kecil gan, bayangin pasaran atau markestsharenya hanya 0,9 % diantara motor nasional member AISI, maka danapun terbatas. Unit test ride juga terbatas. Maknya Suzuki sekalian menggunakan unit yang mengaplikasi ban slick untu balapdan untuk test ride blogger.
  • Selanjutnya untuk R 15 beredar selentingan bahwa test ride motor ini dilakukan di sentul dengan menerjunkan Vinales. jadi menurut selentingan, akan terlalu berrisiko bila menggunakan ban harian.
  • Sementara CBR sendiri memang menggunakan ban harian.

Cekidot potonya gan:

Ni test ride CBR 150 menggunakan ban Harian

test ride CBR di sentul
test ride CBR di sentul

Test ride GSX R 150 m3nggunakan ban Slick:

Lalu test ride new R 15 juga menggunakan ban Slick:

Nah ini sekedar diskusi ringan. Bagaimana menurut agan sekalian?

43 komentar pada “Mbah Wir Bertanya, Kenapa Test Ride GSX R 150 dan R 15 Pake Ban Slick Sedangkan CBR 150 Tidak?