Mau Urus BPKB Jaman Now Tinggal Online Aja Yess

BPKB bisa diurus online
BPKB bisa diurus online

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, memang kalau ngurus apapun di jaman sekarang seperti semakin gampang ya gan. Waktu itu pernah dibahas tentang  perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan proses tilang online. Nah sekarang pihak Ditlantas Polda Metro Jaya juga bersiap memberlakukan pembuatan dan penggantian BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) juga secara online loh. Gimana caranya kira-kira gan??

Pelayanan BPKB secara online yaitu melalui proses sistem yang  bernama Integrated BPKB System. Digitalisasi pelayanan BPKB secara online mengintegrasikan Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil), Agen Pemegang Merek (APM), dan perusahaan pembiayaan. Tujuannya agar proses layanan BPKB bisa cepat, aman, dan transparan.

Lihat juga Mulai 2017 STNK dan BPKB Bakal Online, Ini Perbaikan dari Kapolri

Halim Paggara Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar mengatakan bahwa sistem ini sebenarnya sudah berjalan beberapa bulan, jadi ini kebersamaan untuk digitalisasi. Semua data BPKB lama kini sudah masuk ke online. Petugas juga sudah meminta data dengan Pemda (Pemerintah DKI Jakarta) agar semua bisa diproses. BPKB kan syarat sebelum STNK.

Nyatanya, proses mengubah layanan memanfaatkan teknologi saat ini sedang giat dikerjakan pihak kepolisian. Sisi positif yang bisa diambil adalah memudahkan masyarakat karena sistem kerja semakin terintegrasi dan menertibkan penyelewengan aturan.

Dan layanan BPKB online ada di situs bpkb.net loh gan. Pihak APM mendaftarkan BPKB baru melalu situs itu, jika perusahaan pembiayaan ingin memblokir BPKB juga menggunakan situs itu, dan bila pemilik BPKB ingin mengganti data juga menggunakan situs itu.

Baca juga

STNK Mati Nggak Ditilang Itu Dulu, Kini Malah ada Rencana Petugas Razia Door to Door

Bakal Ada Razia Besar-besaran Terkati STNK Mati, Bahkan bisa didatengin ke Rumah!

Aiptu Sutisna Polisi yang Dicakar Dora Dapat Penghargaan dari Kapolda

One thought on “Mau Urus BPKB Jaman Now Tinggal Online Aja Yess

  • 11 November 2017 pada 10:10
    Permalink

    Nggak jelas step2nya mas

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: