Mitos Buang Koin di Jembatan Sewo, Antara Sfety dan Tradisi

Mitos Jembatan Sewo Pantura, Ritual tabur koin Jembatan Sewo

Mitos Jembatan Sewo by Bonsaibiker.com – Mungkin ada agan sekalian yang pernah lewat pantura di daerah antara Subang-Indramayu, maka akan menyaksikan fenomena unik yang beda dengan yang lain. Di sana ada sebuah jembatan yang legendaris dimana kita bisa jumpai banyak orang berjejer sigap menyapu koin-koin yang dilempar pengendara yang melintas. Itulah sebuah jembatan yang oleh masyarakat dikenal dengan nama Jembatan Sewo. Jadi di sini kita bisa menjumpai fenomena para pengendara yang melempar koin karena ada sebuah kisah mistis yang melatrbelakanginya. Sepenggal kisah mistis memang mendasari tradisi lempar koin di jembatan tersebut gan. Ya, percaya-gak percaya tapi ini jadi sebuah tradisi namun ya kadang menjadi sorotan para pengamat keselamatan lalulintas. Yup, Mitos Buang Koin di Jembatan Sewo, Antara Sfety dan Tradisi.

ritual tabur koin di jembatan Sewo
ritual tabur koin di jembatan Sewo

Satu sisi, ini menjadi pemandangan unik yang takkan pernah kita jumpai di daerah lain di Indonesia, namun di sisi lain, ya namanya jalan, adalah untuk melinta, tapi kalau ada orang mengais rejeki di pinggirnya, kan bahaya gan. Disitu kita bisa melihat kehadiran warga yang duduk dan kadang berdiri berjejer disepanjang jalan di sekitar jembatan. Mereka ini bawa ranting kering yang diikat seperti sapu untuk mengais koin yang dibuang oleh pengendara yang melintas. Para warga ini berharap pengguna jalan yang lewat jembatan ini melakukan ritual tabur uang koin, lalu mereka kais dengan ranting yang mereka rakit seperti sapu tersebut.

Pendapatan para pengais koin ini mayan lo gan, misalnya Sirtini, pengais koin yang diwawancarai detik, ia mengaku mendapatkan Rp 30 ribu jika hari biasa. Tetapi saat musim mudik Hari Raya Lebaran datang, penghasilannya bisa berlipat ganda hingga ratusan ribu,kadang Rp 100 ribu kadang malah bisa dapat Rp 500 ribu, muanteb.

Jadi motos jembatan sewo ini, terkait dengan motos tabur koin di jembatan sewo ini, memang membawa berkah, awalnya memang yang mengais koin kebanyakan laki semua, kemudian ada perempuan ikutan. Sekarang banyak ibu-ibu, yang bawa anak juga ada, jadi anak kecilpun ikutan.

tradisi lempar koin di jembatan Sewo
tradisi lempar koin di jembatan Sewo

Nah, masalah mulai timbul, tak sedikit dari penyapu koin yang akhirnya harus berhadapan dengan maut lantaran ceroboh, jadi ketika koin dilempar pengendara, penyapu fokus dapat uang, tapi lupa bahwa itu jalanan, ya ngeri akhirnya terjadi kecelakaan.

Kisah di jembatan Sewoini memang talah banyak diulas gan di dunia maya, simak saja serangkaian kata kunci berikut, mulai jembatan sewo pantura, jembatan sewo subang, jembatan sewo dua dunia, jembatan sewo mp3, jembatan sewo pamanukan, jembatan sewo harjo, misteri jembatan sewo, tragedi jembatan sewo, mitos jembatan sewo pantura, hingga sejarah jembatan sewo subang. Semua itu menunjukkan bahwa jembatanini memang sudah melegenda sejak lama.

Kebiasaan para pengguna jalan di sini yang melempar koin, memang ada hubungannya dengan mitos sungai di bawah Jembatan Sewo. Tempat itu kabarnya merupakan tempat tinggal arwah kakak beradik Saedah-Saeni yang melegenda karena hidup keduanya berakhir di sungai tersebut.  Jadi Saeni merupakan penari ronggeng Pantura yang menurut mitospenduduk setempat berubah menjadi buaya. Maka, sesuai tradisi ronggeng, nyawer, maka pengendara dipercaya akan selamat jika nyawer, yaitu melempar koin di Jembatan Sewo.

Nah, sekarang ya tinggal pemerintah maumelestarikan tradisi ini, atau menertibkannya dengan berbagai macam pertimbangan.

3 thoughts on “Mitos Buang Koin di Jembatan Sewo, Antara Sfety dan Tradisi

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: