Ban Mobil Pemudik Ini Malah Meletus Pasca Dikurangi Anginnya

ban pemudik meletus di ruas tol fungsional Batang-Semarang
ban pemudik meletus di ruas tol fungsional Batang-Semarang

Yup gan, kejadian ini dialami oleh seorang pemudik asal Tangerang yang berencana menuju Pacitan, Jawa Timur ni gan. Namun perjalanannya sempat terganggu akibat ban belakang sebelah kanan dari mobil pemudik tersebut meletus. Seperti yang dilansir dalam  Kompas.com, pemudik bernama Yanto (46) tersebut menceritakan bahwa ia sempat mengurangi tekanan angin bannya di Brebes Barat, beberapa kilometer sebelum lokasi meletusnya ban.

Pada awalnya dia sengaja mengurangi tekanan angin karena merasa mobilnya gak enak dikendarai. Tapi yang terjadi malah ban tersebut meletus. Yanto mudik bersama istri dan tiga anaknya gan. Yang akhirnya setelah ban tersebut meletus, Yanto pun terpaksa langsung menggantinya dengan ban serep. Masih untung ia dibantu beberapa petugas kepolisian yang kebetulan saat itu bersiaga di lokasi gan. Dan sekitar 30 menitan ban serep pun sudah terpasang sehingga ia sekeluarga bisa melanjutkan perjalanannnya kembali.

Deni Arief Pribadi Department Manager Training and Product Evaluation PT Bridgestone Indonesia mengatakan bahwa untuk mengukur tekanan angin ideal pada ban sebenarnya membutuhkan alat khusus yang biasa ada pada alat pompa. Namun jika tak ada alat khusus, ban juga bisa diukur dengan telapak tangan. Kurangnya tekanan angin memang bisa membuat ban meletus. Sebaliknya kelebihan tekanan angin bisa mengurangi daya cengkeram ban di permukaan aspal gan.

Baca juga

Informasi Mudik Lebaran 2018 H-32 : Tol Pejagan-Pemalang Siap Dipakai Mudik

Informasi Mudik Lebaran 2018 H-36 : Puncak Mudik Diperkirakan 12 Juni

Info Mudik Lebaran 2018 H-24 : Tol Pejagan-Pemalang Bayar Setengah Saat Mudik

Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.