Tol Cipali Berlakukan Satu Arah Hingga Cawang Khusus Ke Jakarta

Tol Cipali Berlakukan Satu Arah Hingga Cawang Khusus Ke Jakarta

Tol Cipali Satu Arah by bonsaibiker.com – mas bro sekalian, Sejak Senin kemarin, Kepolisian memberlakukan sistem arus lalu lintas satu arah dalam rangak  mengurangi kemacetan yang terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) karena padatnya rest area oleh pengemudi saat arus balik pada H+3 lebaran. Satu arah ini diberlakukan mulai dari KM 47 Tol Karawang Barat sampai KM 3 Tol Halim. Nah, kabarnya lantara kondisi Macet luar biasa, maka contraflow ini diberlakukan dari Cipali hingga Cawang.

contra Flow Tol Cipali-Cawang
contra Flow Tol Cipali-Cawang

Menurut keterangan Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Benyamin, kebijakan satu arah masih diberlakukan dan sifatnya situasional. Jadi kalau macetnya makin parah kontra flow bisa deperluas hingga tol Cipali, namun kalau dah lancar ya dikembalikan seperti semula, pokoknya sesuai kebutuhan situasi arus lalulintas gan.

Adapun Customer and employee relations Assistant Manager Jasa Marga, Panji Satria ngutipdari CNN menyampaikan bahwa  pemberlakuan sistem satu arah ini dilakukan sejak pukul 22.10 WIB kemarin malam. Hingga Pagi ini oneway masih diberlakukan.

contra flow tol cipali
contra flow tol cipali

Kemacetan inisedikit banyak dipicu oleh banyaknya pemudik yang beristirahat di rest area membuat lalu lintas di Tol Cipali pada H+3 tersendat. Tepatnya menurut akun TMC Polda Metro Jaya melalui twitternya adalah membludaknya Pengunjung Rest Area KM 164, Tol Cipali menuju Jakarta lalin padat mulai dari KM 180.

Awalnya arus kendaraan ketika masuk Cileunyi sampai KM 125 lancat tapi setelah di KM 123 kepadatan mulai terasa, banyak pengemudi yang beristirahat di sana lalu bikin macet. Kantor berita Antara, pada pukul 12.30kemarin menyampaikan bahwa antrean kendaraan mengarJah ke Jakarta mulai padat sepanjang tiga kilometer sejak kilometer (KM) 193.800 sampai Simpang Palimanan. Pasca gardu pembayaran di Palimanan mulai lancar, namun merayap lagi sepanjang satu kilometer menjelang tempat peristirahatan di KM 165.

Terkait Tol Cipali Berlakukan Satu Arah Hingga Cawang Khusus Ke Jakarta ini seorang warganet menyampaikan keluhannya, yaitulyana Dasuki 12 menit

“Kasian adikku mau balik mudik ke surabaya dari bandung ternyata arah tol cipali ditutup n dialihkan jalan biasa cikampek cirebon.. alhasil baru sampai cirebon jam 3 pagi n timbang memaksakan diri akhirnya nginap dulu di hotel cirebon… semoga sisa perjalanan ke surabaya bisa lebih lancar yaaa….
akupun tadi malam demikian balik ke jkt masuk tol cikampek langsung ‘ parkir’ n akhirnya dgn susah payah keluar tol karawang timur lewat jalan arteri saja lingkar luar karawang n keluar lagi di pintu tol cikarang 3 alhamdulillah dari situ lancar sampai rumah, mayan menghemat 1,5 jam banding lwt tol (kt waze) …. mudik tanpa macet rasanya emang kurang afdol yaa ???????

Adapun akun fb Mazda Masdo pada 12 menit lalu menyampaikan sebagai berikut :

“Mudik lebaran tahun ini cukup istimewa.

Jalan tol jkt-cikampek dan tol Cipali hingga tol palikanci full Contra flow.
Semua lajur dipenuhi kendaraan dari arah timur menuju Jakarta.
Jadi totalnya tol sepanjang 248 km semuanya dipenuhi arus balik.
8 lajur sepanjang 78 km, 4 lajur sepanjang 170 km dihabisi arus mudik ke Jakarta.

Untuk arus arah timur, harus rela berdesakan melalui Pantura jalan lama, dengan angkot, sepeda motor, becak dsb sepanjang 248 km.
Artinya orang Jakarta yg cari makan di tanah Sunda, Jateng dan Jatim yg mau balik harus mengalah pada orang Sunda, orang Jateng dan org Jatim yg cari makan di Jakarta.

Ini salah satu curhatan dari efek triple down effect pusat2 pertumbuhan yg digagas orde baru beberapa dekade yg lalu.
Dinikmati saja teman.. 

Semoga otonomi daerah yg telah menimbulkan kesenjangan antar PNS di wilayah NKRI, bisa mempunyai sisi positif untuk mengikis pelan pelan efect pembangunan ala orde baru dulu.

Selamat merayakan idul Fitri bersama kelg dan mohon maaf lahir batin.
Semoga kesehatan dan keselamatan menyertai kita semua. Amiin YRA 

Advertisements

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.