Lagi Heboh Penangkapan Ikan Araipama Gigas di Sidoarjo

Ikan Araipama Gigas by bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, dalam bebeapa hari ini duniasosmed dihebohkanoleh penangkapan Ikan Araipama Gigas yang berukuran besar di sungai Brantas. Lagi Heboh Penangkapan Ikan Araipama Gigas di Sidoarjo ini ditandai dengan beredarnya beberapa foto dan vidio terkait ikan Ikan Araipama Gigas si Monster yang kabarnya dilarang hidupdi perairan Indonesia ini. Ya, tepatnya Ikan raksasa berjenis Arapaima Gigas tersebut ditemukan oleh warga Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik, Sidoarjo pada Senin (25/6/2018) di Sungai Mbocok. Adapun warga yang berhasil menangkap ikan raksasa itu adalah Suparpo (58) asal dusun Pajaran.

Ikan Araipama Gigas
Ikan Araipama Gigas

Sementara itu dari sumber lain yang viral diketahui bahwa warga banyak mencari ikan Arapaima tersebut di Pintu Air (Dam) Rolak Songo di Desa Lengkong, Mojoanyar, Mojokerto. Saat detik-detik penangkapan monster araipama ini terrekam dalam vidio yang ramai dishare di FB. Ikan yang didapat dengan panjang kurang lebih 1 meter dan berat 50 Kg. Salah seorang warga bernama Subekti menjual daging ikan besar tersebut Rp 20 ribu/kg.

Kabarnya FAO PBB meyampoaikan bahwa ikan Arapaima ini bisa memberikan dampak ekonomi yang luar biasa besar. Hanyasaja ikan yang disebut ‘monster sungai’ ini dilarang masuk Indonesia. Ya jadi predator yang luar biasa buas untuk ikan-ikan lainnya gan. Dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 dicantumkan larangan pemasukan jenis ikan berbahaya dari luar negeri ke dalam wilayah Indonesia. Khususnya pasal 2 dalam peraturan tersebut mengatur terkait pelarangan memasukan jenis ikan berbahaya dari luar negeri. Nah, si monster Arapaima Gigas adalah salah satu diantaranya.

Ikan Monster Arapaima Gigas ini memang cepet tumbuhnya gan, makanya bisa dipanen jika sudah berumur 14 bulan setelah menetas dari telurnya. Pada 1 bulan awal, biasanya anak-anak ikan arapaima masih dilindungi oleh induknya. Nah, dalam 14 bulan ini berat badan ikan tersebut telah sekitar 10-12 kilogram. Biasanya ikan arapaima ini dibudidayakan dalam kolam-kolam berukuran sekitar 3 ikan per meter kubik.

Nah, rumornya ikan ini sengaja dilepas di kisaran Sungai brantas, dan kemudian dipanen warga karena memang gede banget siikan ini.