52 Warga Sukabumi Keracunan Keong Sawah, 1 Meninggal

52 Warga Sukabumi Keracunan Keong Sawah

Keracunan Keong Sawah by bonsaibiker.com – mas bro sekalian, kali ini ada kabar keracunan massal dari sukabumi.  Yup, keracunan tutut atau keong sawah ini terjadi di dua desa di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Desa Citamiang dan Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Jadi menurut petugas puskesmas jumlah keracunan makanan tutut itu mencapai 52 orang. Ya, jadi ceritanya dari informasi yang dihimpun dari masyarakat sekitar, para korban ini membeli tutut atau keong sawah dari salah seorang pedagang keliling yang dipikul, Minggu 22 Juli. Keracunannya tak kontan gan, warga baru merasakan gejala mual-mual dan diare pada esok harinya Senin 23 Juli. Warga lainnya bersama aparatur Desa Citamiang kemudian merujuk para korban ke RS Betha Medika. Satu orang korban, Thamrin (18 tahun) meninggal dunia.

52 Warga Sukabumi Keracunan Keong Sawah
52 Warga Sukabumi Keracunan Keong Sawah

usai musibah inim dalam rangaka menangani para korban keracunan,  petugas kemudian membuka posko kejadian luar biasa (KLB) di Kampung Selaaawi RT 28 RW 05 Desa Citamiang. Sebanyak 52 orang korban keracunan ini dibawa ke puskesmas atau S terdekat, 13 orang di antaranya memerlukan perawatan di sejumlah rumah sakit, sedangkan sisanya sudah diperbolehkan pulang karena kondisinya membaik.

Korban di Desa Citamiang adalah sebanyak 34 orang, 8 orang di antaranya dirawat di rumah sakit. Ada[un korban dari Desa Sukamanismencapai sebanyak 18 orang dengan lima orang di antaranya mendapatkan perawatan di rumah sakit. Mereka kini dirawat di sejumlah rumah sakit yakni Klinik Alami, RS Betha Medika dan RS Secapa Polri Jalan Bhayangkara Kota Sukabumi.

Selanjutnya untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut, sampel tutut atau keong sawah sisa yang dikonsumsi korban dibawa ke Bandung untuk dilakukan tes laboratorium.

Yup, kasus ini memang bukan pertama kali ini saja gan, bulan lalu sedikitnya 89 orang keracunan tutut di Bogor.

2 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.