GEMPA 5.3 SR Guncang Nias Selatan di Kedalamannya 16 Kilometer

GEMPA 5.3 SR Guncang Nias Selatan di Kedalamannya 16 Kilometer

Gempa Nias by bonsaibiker.com – mas bro sekalian, usai gempa Lombok,kini wilayah Indonesia kembali di guncang gempa, ya gempabumi menguncang Pulau Nias, Sumatera Utara, Senin (30/7/2018),┬ápukul 20.34 WIB. Gempa Nias 208 ini terjadi dengan magnitudo 5,3. Ya memang tidak cukup kuat dan sebagain dirasakan warga. Djati Cipto Kuncoro, Kepala Stasiun Geofisika Gunungsitoli, Senin (30/7/2018) menyampaikan bahwa lokasi episenter (pusat gempa nias) ini terletak pada koordinat 0,58 LU LU dan 98,31 BT. Gempa Bumi terjadi di laut, berjarak 116 km arah tenggara Kota Gunungsitoli dengan kedalaman 16 kilometer. Hanya sebagain warga yang merasakan gempa dan hingga kini belum ada aktivitas gempa bumi susulan.

gempa nias
gempa nias
ktm indonesia

Gempa Nias Selatan ini, juga dirasakan warga Kota Sibolga. Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono ST, Dipl Seis, MSc, dampak gempa bumi di Niasi ini berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Sibolga dan Air Bangis II SIG-BMKG (II-III MMI), Teluk dalam dan Aek Godang I SIG-BMKG (II MMI).

Sampai pukul 21.00 WIB, berdasarkan monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Lebih lanjut diketahui bahwa gempa bumi Nias di pertengahan tahun2018 ini terjadi lantaran aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.