Berita Umum

Lombok Gempa Lagi.Kali Ini Bukan Rangkaian Gempa Yang Sebelumnya

akibat gempa Minggu (19/8/2018) di Lombok
akibat gempa Minggu (19/8/2018) di Lombok

Lombok Gempa Lagi.Kali Ini Bukan Rangkaian Sebelumnya

Lombok Gempa Lagi By  Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, Lombok Gempa Lagi.Kali Ini Bukan Rangkaian Gempa Yang Sebelumnya ni gan. Sungguh prihatin terhadap keadaan lombok saat ini gan. Sudah berkali-kali mengalami gempa. Sudah banyak korban yang berjatuhan dan kehilangan tempat tinggal. Namun bencana alam ini masih terus terjadi di setiap hari hingga minggunya. Dan berikut ini ada keterangan dari Badan Mateorologi, Klimatologi, dan Geofisia (BMKG) tentang gempa lombok ini gan.

Yup gan, seperti yang dilansir dalam IDN Times bahwa Badan Mateorologi, Klimatologi, dan Geofisia (BMKG) meralat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (19/8) malam yang berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR). Kekuatan gempa tersebut ternyata 6,9 SR. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam akun Twitter-nya ‏Twitter @Sutopo_PN yang diunggah pada Senin (20/8) dini hari gan.

1. BMKG menyebutkan bukan rangkaian gempa sebelumnya

titik gempa
titik gempa
BMKG

Sutopo mengatakan gempa yang terjadi pada Minggu pukul 19.56 WIB bukan rangkaian gempa sebelumnya (5/8). Sumber gempa kali ini akibat Sesar Naik Flores ni gan. Statemennta seperti ini gan di twiter:

 BMKG melaporkan gempa 6,9 SR (bukan 7 SR) yg terjadi pada 19/8/2018 pukul 21.56 WIB adalah AKTIVITAS GEMPA BARU. Bukan gempa susulan dari gempa 7 SR (5/8/2018). Sumber gempa dari Sesar Naik Flores. Intensitas guncangan gempa dirasakan di Lombok Timur & Lombok Utara VI-VII MMI.

2. Gempa sebabkan jalan retak hingga kebakaran

jalan retak akibat gempa
jalan retak akibat gempa
Twitter/@Sutopo_PN

Gempa terbaru di Lombok selain merusak bangunan, Sutopo menjelaskan juga jalan retak di Pelabuhan Kayangan, Lombok Utara.

Intip juga

Ini Kondisi Bangunan Rusak dan Warga Korban Gempa Lombok

Guncangan yang keras pada gempa juga menyebabkan kerusakan bangunan, longsor di perbukitan dan listrik padam. Dan gempa kali ini juga menyebabkan kebakaran rumah.Statement sutopo di Twiternya:

Kebakaran melanda permukiman di Desa Bungin Pulau Bungin Kabupaten Sumbawa NTB. Kebakaran disebabkan adanya rumah roboh saat gempa 7 SR kemudian rumah terbakar.

Sutopo Purwo Nugroho

@Sutopo_PN

Kebakaran melanda permukiman di Desa Bungin Pulau Bungin Kabupaten Sumbawa NTB. Kebakaran disebabkan adanya rumah roboh saat gempa 7 SR kemudian rumah terbakar.

Twitter Ads info and privacy

3. Dua orang meninggal dunia

2 orang meninggal terkena reruntuhan pada gempa terbaru
2 orang meninggal terkena reruntuhan pada gempa terbaru
BNPB

Akibat gempa terbaru saat ini, Sutopo mengungkapkan korban meninggal dua orang akibat tertimpa bangunan. Statementnya di Twitter:

Dua orang tewas (1 di Lombok Timur, 1 di Sumbawa Besar) tertimpa bangunan roboh dan banyak rumah rusak akibat gempa 7 SR pada 19/8/2018 pukul 21.56 WIB. Listrik masih padam. Sudah terjadi 7 gempa susulan dirasakan (lebih dari 5 SR) pascagempa 7 SR yang mengguncang Lombok.

4. Gempa susulan lebih dari 100 kali

gempa di Lombol terjadi ratusan kali
gempa di Lombol terjadi ratusan kali
Twitter/@Sutopo_PN

 

Nah, menurut Humas BMKG Harry Djatmiko menyebutkan gempa susulan sejak Minggu malam hingga Senin pukul 11.00 WIB, mencapai lebih dari 100 kali gan. Berikut statementnya di Twitter gan:

Update gempa bumi Lombok M 6.9 (19 Agustus 2018) sampai tanggal 20 Agustus 2018 pukul 11.00 WITA tercatat sebanyak 101 gempa susulan, 9 diantaranya dirasakan.

Harapannya semoga tidak ada lagi korban ya gan ..

Baca juga

Lombok Kembali Diguncang Gempa Dahsyat, Kini Berkekuatan 6.2 SR

Beberapa View Kerusakan Akibat Gempa 7 SR di Lombok Utara Hari Ini

Gempa 6,4 SR Guncang Lombok Merusak Sejumlah Bangunan, 3 Orang Tewas

One thought on “Lombok Gempa Lagi.Kali Ini Bukan Rangkaian Gempa Yang Sebelumnya

  • Status Bencana Nasional wajib di umumkan demi penanganan yg maksimal..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.