Obrolan Seputar Penyakit ‘Masuk Angin’ pada Mobil Diesel

Obrolan Seputar Penyakit ‘Masuk Angin’ pada Mobil Diesel

Penyakit Masuk Angin Mobil Diesel by bonsaibiker.com – mas bro sekalian, khususnya pecinta mobil diesel, yuk kita obrolin speutar penyakit mobil diessel, spesialnya adalah terkait Penyakit Masuk Angin Mobil Diesel yang kadang bikin pusing pengguna kendaraan bermesin diesel ini. Saking seringnya terjadi kasus masuk angin ini, sampai kini di masyarakat masih ada saja anggapan bahwa mobil diesel tidak boleh kekurangan bahan bakar minyak (BBM), lebih parah lagi mas bro terdapat mitos di masyarakat bahwa bila indikator BBM sudah menunjukkan posisi setengah mbaka pengguna harus langsung ngisi BBM kembali.  Yup, mitosnya bila BBM kurang dari setengah, mobil bisa kena sakit ‘masuk angin’. Alamak!

panther masuk angin
panther masuk angin kurang bbm

Apakah Disel masuk angin?  Ya, Diesel masuk angin adalah saat udara masuk sistim pembakaran dan mengganggu suplay bahan bakar sehingga bikin mobil mogok. Kejadian ini biasanya terjadi pada disel lama yang BBM-nya tinggal seperempat. Nah, saat mobil berjalan, apalagi jalannya keriting memungkinkan tangki solar terguncang, lalu memungkinkan udara masuk kesedot dalam sistem pembakaran, maka injektor tidak mengeluarkan solar, yang keluar ya angin masbro.

Kalau sudah terjadi demikian,  ya pastinya merepotkan pemilik mobil. Pasalnya untuk menyembuhkan masuk angin ini musti dilakukan proses bleeding manual yaitu dipompa dengan tangan. Nah yang disebut proses bleeding adalah cara mengeluarkan angin atau udara yang masuk ke selang pembakaran yang di jalur BBM tadi mas bro.

Lantaran terancam masuk angin ini mas bro, dalam mesin diesel ini disedikana sebuah fitur pompa atau priming pump yang bisa digunakan untuk untuk mengeluarkan udara ini.

Nah, itu adalah perkara yang sering terjadi pada mesin diessel lama mas bro, sementara itu pada mesin diesel modern, yaitu era Common Rail mas bro, hal ini sudah tidak perlu dilakukan. Dalam sistim Diessel modern semua pengaturan suplai BBM sudah mengadopsi cara digital mas bro, cara elektronik. Makanya pemilik kendaraan bermsein diesel modern pun tak perlu khawatir dengan mitos tersebut.

Ya, masalahnya, kan sekarang masih banyak yang merawat mesin diessel lama mas bro, wong model Panther  Hi Sporti, Hi grade dan semasanya saja masih banyak berseliweran di jalan, jadi mau tak mau ya musti mompa, hehehehehehe.

4 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.