Info Pajak Kendaraan Bermotor

Berapa Biaya Cek Fisik Kendaraan di Kotamu? Cirebon Gratis!!

Berapa Biaya Cek Fisik Kendaraan di Kotamu? Cirebon Gratis!!

cek fisik kendaraan
cek fisik kendaraan

Biaya Cek Fisik Kendaraan Bermotor by bonsaibiker.com – mas bro sekalian, kali kita obrolin gonjang-ganjing seputar biaya cekfisik kendaraan bermotor. Kenap gonjang-ganjing? ya ini lantaran di berbagai tempat macam-macam informasinya, ada yang gratis, ada yang bayar Rp. 5000,- ada yang bayar Rp. 10.000,- ada yang malahan Rp. 20.000,- nah tapi banyak yang grais juga. Lah kok bisa! Nah sekarang Berapa Biaya Cek Fisik Kendaraan di Kotamu? Kalau Cirebon Gratis!!

Yup mas bro, kapan sih orang musti cek fisik kendaraan bermotor, baik itu mobil atau motor? Ya, ini dilakukan saat orang balik nama, mutasi, dan bayar pajak 5 tahunan. Semua kendaraan wajib cek fisik. Berikut rincian penjelasannya:

  • Cek fisik untuk mutasi, bisa di daerah asal atau daerah tujuan. Jadi misal mas bro sekalian mau balik nama, namun beda samsat atau beda daerah harus melakukan proses mutasi. Proses mutasi misalnya dari Jakarta ke Surabaya, lalu mobil atau motor ada di Jakarta, maka, bisa minta cek fisik bantuan di Jakarta, lalu kalau sudah sampai Surabaya, kendaraan pas datang dan masukin berkas ke samsat tujuan bakal di cek fisik ulang. Ini untuk menyesuaikan antara sebelum mutasi dan setelah mutasi otentitas Nomor rangka dan nomor mesinnya. Sebaliknya kalau kendaraan sudah sampai di Surabaya, ya tinggal minta cek fisik di samsat Surabaya.
  • Cek fisik Balik nama dilakukan bila balik nama masih satu daerah, atau satu samsat. Jadi tidak perlu mutasi. Masbro sekalian tinggal balik nama saja dan menyiapkan biaya untuk bayar administrasi mulai pajak, STNK, TNKB, BPKB, dan SWDKLLJ, dan BBN alias Bea Alik Nama, semua bias dihitung di samsat. Nah sebelum balik nama kita musti cek fisik kendaraan dulu.
  • Cek fisik bayar pajak 5 tahunan, ini harus kita lakukan mas bro, nampaknya hal ini dilakukan oleh polisi untuk mengecek keaslian kendaraan kita dalam 5 tahun. Ini sebenarnya tak harus di lakukan di daerah tempat bayar pajak. Misal motor dan KTP kita Jakarta, tapi kebetulan sedang tugas di bandung, mas bro sekalian bisa minta cek fisik bantuan di Jakarta. Lalu tinggal pergi ke Bandung untuk bayar pajak dengan menyertakan bukti cek fisik bantuan dari Jakarta.

Simak beberapa artikel James Bonsterkait mutasi dan bayar pajak ini mas bro :

Pengalaman Balik Nama Pajak Mati 8 Tahun Saat Pemutihan di Cirebon, Sehari Jadi

Segini Perbedaan Biaya Bayar Pajak Kendaraan Pake Calo dengan Diurus Sendiri

Oceh mas bro, jadi apa sih yang musti dibayar ketika balik nama? Bayar Pajak, dan Mutasi? Simak berikut :

Biaya Mutasi Kendaraan Bermotor :

  • Biaya Cabut Berkas di tempat asal
  • Biaya masukin berkas di tempat tujuan meliputi Pajak, STNK, TNKB, BPKB, dan SWDKLLJ, dan BBN alias Bea Alik Nama.

Semua biaya ada juklaknya atau besarannya bisa kita lihat di samsat. Jadi transparan kok mas bro.

 Biaya Bayar Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan :

  • Pajak,
  • STNK,
  • TNKB,
  • SWDKLLJ,

Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor meliputi :

  • Pajak
  • STNK
  • TNKB
  • BPKB S
  • WDKLLJ
  • BBN alias Bea Alik Nama

Nah dalam semua klaus di atas, kan tak ada yang namanya pembayaran cek fisik mas bro, atau lihat di STNK mas bro sekalian, kan tidak ada yang diklauskan, atau tertera pembayaran cek fisik. Jadi kalau menurut James Bons sebenarnya cek fisik itu gratis, hanya saja beberapa daerah ada yang dikenakan pungutan, ada yang 5 rebu, 10 rebu dan sebagainya. Beberapa kasus ada yang pegawai cek fisiknya itu masih honorer, mungkin mereka dapat tambahan gaji dari situ. Tak jaang juga pungutan sukarela dan tidak memaksa.

4 komentar pada “Berapa Biaya Cek Fisik Kendaraan di Kotamu? Cirebon Gratis!!

  • Bekasi Kota gratis mbah.. Pengurusan pajak paling lama 30 menit sampe 1 jam mbah. klo dulu bisa seharian

    huahahahahaha

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.