Detik-Detik Sunami Terjang Donggala Pasca Gempa

detik-detik Sunami Terjang Donggala
detik-detik Sunami Terjang Donggala

Detik-detik Sunami Terjang Donggala by bonsaiakarta – Mas bro sekalian, laporan terkait gempa di Donggala  Sulteng. Bahwa Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati melaporkan bahwa gempa Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, menyebabkan tsunami. Jadi berdasarkan pengamatan staf BMKG di lapangan, gelombang tsunami ini diprediksi bakal mencapai ketinggian 1,5 – 2 meter ke arah Kota Palu. Hanyasaja belum diketahui persisseperti apa dampak akibat tsunami tersebut. Hal ini lantaran keterbatasan masalah komunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat.

Dari rekaman vidio amatir memang terjadi gelombang pasang yang cukup besar melanda sebuah desa di pinggir pantai. Yup video ini beredar pasca gempa Donggala melalui media sosial. Dalam vidio ini tampak gelombang tinggi menerjang kawasan Jalan Cumi-cumi hingga Palu Grand Mall, Palu. Sementara video lainnya memperlihatkan air pasang menerjang sebuah masjid yang ada di dekat mal tersebut. Selanjutnya mas bro, berdasarkan pencarian lewat Google maps,diketahui bahwa lokasi Palu Grand Mall dan masjid itu sama dengan video yang beredar.

Detik-detik Sunami Terjang Donggala

Mas bro, sebelumnya dikabarkan bahwa BMKG telah mencabut peringatan tsunami. Peringatan dicabut sejak pukul 17.36 WIB atau 18.36 WITA setelah gelombang tsunami surut hingga berketinggian hanya 6 sentimeter. Seperti yang telah disampaikan Dwikorita sebelumnya bahwa BMKG telah menyiarkan peringatan gempa sejak pukul 14.00. Yup,gempa ini memang beberapa kali terjadi hingga puncaknya mencapai 7.7 SR.

“Peringatan akan terjadinya gempa susulan diinformasikan setelah gempa pertama terjadi pukul 2 siang dengan kekuatan 5,9 Skala Richter yang dibarui menjadi 6 Skala Richter,”

Kabar terkni diketahui bahwa BMKG tengah berkoordinasi dengan TNI dan Basarnas dalam mengkondisikan situasi lapangan.

Bandara Ditutup Pasca Gempa

Sementara itu mas bro ngutip dari Tempo, diketahui bahwa Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno menyampaikan berita penutupan Bandara.  Ya Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu ditutup akibat gempa Donggala berkekuatan 7,7 skala Richter (SR), Jumat, 28 September 2018 ini. Yaitu ditutup dari 28 September 2018 pukul 19.26 WITA sampai kira-kira 29 September 2018 pukul 19.20 WITA.