ban mobil terjebak pasir
ban mobil terjebak pasir

Jangan Asal Gas Gan Kalo Roda Mobil Terjebak di Pasir 

Roda Mobil Terjebak di Pasir By Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, Jangan Asal Gas Gan Kalo Roda Mobil Terjebak di Pasir ni gan. Seperti saat kondisi diberbagai tempat wisata yang masih belum memiliki lahan parkir yang memadai misalnya. Kondisi ini bikin pengunjung akhirnya kerap memarkirkan mobil sembarangan dekat dengan area pantai yang beralaskan pasir gan. Padahal saat permukaan pasir yang dijadikan lapak parkir tidak padat bisa membuat roda kendaraan terjebak saat mobil digerakan. Akhirnya ya terjebak deh.

Nah, kalo agan mengalami hal tersebut, sebaiknya jangan langsung asal menekan pedal gas, apalagi kalo mobil tidak memiliki penggerak empat roda. Seperti dilansir dalam Kompas.com bahwa Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, menjelaskan akan sangat sulit keluar dari jebakan pasir apalagi roda sudah masuk lebih dari seperempat. Pasalnya, semakin di gas roda akan berputar di tempat karena tidak memiliki traksi, yang berakibat mobil makin terjebak.

Jadi untuk menghindari hal tersebut, saat akan keluar dari medan pasir, hal pertama yang harus dilakukan memastikan kepadatan permukaannya. Bila memang ban sudah mengalami gejala selip, jangan memaksa menambah tenaga karena yang ada akan makin parah. Ilustrasi ban mobil terjebak di dalam pasir pantai(STANLY RAVEL) Pengendara bisa mencari meterial seperti batu atau kayu untuk diselipkan ke permukaan pasir. Pastikan batu atau kayu tersebut diletakan pada bagian roda pengerak sebagai landasan ban untuk mendapat traksi.

Tapi kalo kondisinya sudah terlanjur terjebak di dalam, baiknya jangan memaksakan diri gan. Jusri menyarankan untuk segera meminta bantuan agar mobil bisa ditarik keluar dari jebakan pasir.

Baca juga