Pembaca Cuman Baca Judul Mudah Diadudomba dan Dipropokasi

Pembaca Cuman Baca Judul by bonsaibiker.com – mas bro seklian, sebuah fenomena yang marak di Indonesia, bahwa banyak orang malas baca sebuah artikel, lalu hanya dari judul itu lantas koar-koar nyalahin dan memfitah. Padahal dari judul ini belum sepenuhnya memahami isi sebuah artikel. Akhirnya, rame-rame menghujat, memfitnah cheos dan akhirnya situasi tidak kondusif. Itulah makanya sering orang barat bilang Don’t Just The book by It’s Cover. Jadi kalau baca buku atau artikel jangan baca judulnya doang, musti baca isinya.

Pembaca Cuman Baca Judul Doang
Pembaca Cuman Baca Judul Doang

Nah sebagai contoh James Bons pernah bikin artikel berikut :

Adu Cepat P 220 vs Sorpio #3, Ternyata Di Lapangan P 220 Jauh Lebih Cepat

Beberapa pembaca ngamuk, katanya mana mungkin pulsar ngalahi Scorpio. Hehehe, lha ini topik bahasan masalah cepatnya turun harga bekasnya, bukan masalah cepatnya di atas lintasan. Wong Topiknya aja HOMOSEK, Hobi Motor Seken, ya banyakan yang diomongin kisaran harga motor seken. Bukan cepat di atas lintasan balap.

Contoh kasus Pembaca Cuman Baca Judul Doang

Nah masbro, ada satu kasus yang bikin kita ngelus dada. Simak yang dilakukan akun FB Metrizal Kototinggi yang bikin statmen berikut :

Ulah siapakah ini, Al-Qur’an kok di AMANDEMEN…
Apakah ini misi ISLAM NUSANTARA??
Jangan2 Al Maidah 51 juga di ganti!!!

#2019gantipresiden

Nah, ini mengomentari artikel di sebuah koran berikut ini :

Pembaca Cuman Baca Judul Mudah Diadudomba dan Dipropokasi
Pembaca Cuman Baca Judul Mudah Diadudomba dan Dipropokasi.

Nah mas bro, ini perubahan dalam al-Qur’an itu bukan kata dalam artian leterlek katanya, tapi dalam artian tanda bacanya saja. Kan di dunia banyak sekali versi al-Qur’an yang terkenal ada 7 macam,yaitu Qira’ah sa’ah. Jadi ini  masalahnya hanya perbedaan tanda baca saja. Nah lantaran hanya baca judul doang tanpa paham betul kontek bahasan yang ditulis, maka orang tepropokasi memaki-maki. Saling hujat dan sebagainya. Simak saja komentar berikut :

  • Barra Amman : Ini yang dinamakan manusia yang melebihi batas
    Semoga mereka2 mendapatkan azab yang pedih dari ALLAH SWT
  • Cek Reza alkuraan tdk prl di rubah.yg perlu d robah sikap org mau rbh alquraan. hati2 dgn maksut mu itu.jngn kacao kn umat islm dngan mrbh alquan.
  • Logika Ku : Saya rela pertaruhkan nyawaku, saya rela pertaruhkan smuanya. andai saja orang itu saya tau atau dekat dngan sekitarku, akan saya gorok lehernya yg betani ubah alquran.
  • Gama Simamora ; Bahhh betul ya ni…. ?.
    kok makin aneh ulama2 dsana???? Apa cm kepulauan jawa sana yg eror otak ya ato gmn????
    Sini klen yg kata ya ulama bogor ke medan. maen2 klen kemari biar di RUKYAH berjamaah klen.
  • Kholid Nugraha: Al Quran kitab yang sudah ALLAH janjikan penjagaan dan keasliannya sampai hari kiamat. klo apa yang mereka lakukan sekarang ini dengan tujuan untuk “mengusik” ke – asli – an Al Qur an. sya yakin ALLAH akan segera memberikan peringatan.

Nah, pada gak tahu duduk persoalannya, makanya gampang dipanas-panasin da memberi tanggapan dengan penuh emosi.

Pokok masalah Pembaca Cuman Baca Judul Mudah Diadudomba dan Dipropokasi

Padahal mas bro, seperti terjabar dalam alinea di atas. Duduk persoalannya adalah bahwa Al-Quran yang asli itu tanpa tanda baca. Rasam Utsmani itu cuma batang tubuh huruf. Tanda baca dari waktu ke waktu bersifat ijtihadi, jadi kadang berubah sesuai kesepakatan. Al-Quran cetakan terbaru dari Arab malah ada warna-warni pada huruf illat dan huruf-huruf partikel idghan. Artinya banyak versi bacaaan, sedangkan Alqurannya tetap sama satu.

Misal tanwin yang kita tahu hanya fathatain, dlammatain, dan kasratain, untuk yang cetakan Arab ada tanwin tarkib dan tanwin tatabbu’. Versi Indonesia, fathah tidak dibedakan dengan alif khanjariyah. Versi Arab, dibedakan. Versi Arab ada alif, hamzah, washal, dan qatha’. Versi Indonesia hy alif dan hamzah qatha’. Tanda waqaf versi Indonesia berbeda banyak dengan versi cetakan Arab.

Jadi mas bro sekalian yang masuk masalah isjitahdi adalah perkara tanda baca, bukan Qur’annya yang dirubah. Ingat!!! Hanya soal TANDA BACA. BATANG TUBUH HURUF AYAT 95 % SAMA. BACAANNYA, 100 % SAMA!!!!!!