Begini Akibatnya Bila Kampas Rem Habis Tetap Dipaksa

Begini Akibatnya Bila Kampas Rem Habis Tetap Dipaksa
Begini Akibatnya Bila Kampas Rem Habis Tetap Dipaksa

Kampas Rem Habis Tetap Dipaksa by bonsaibiker.com -mas bro, ini sebuah pembelajaran yang harus kita ambil terkait kampas rem. Terutama kampas rem motor yang menggunakan piringan cakram atau disk. Bahwa diantara kita kadang tak terlalu memperhatikan keausan yang terjadi pada kampas rem, lalu ternyata kampas rem habis, akhirya bisa berakibat fatal merusak komponen lain. Yaitu komponen utama dalam rem. Nah kalau ini dah terjadi, ya mau gak mau hars ganti banyak biaya masbro. Ya kalau gak dibenerin kan bahaya. Masak motor tanpa rem, kan bisa bablas.

Efek Kampas Rem Habis Tetap Dipaksa Pada Rem Cakram

Seperti gambar di atas, bahwa ada sebuah motor yang disk brake atau piringan cakramnya amblas hilang dimakan aus. Ya ini terjadi lantaran kampas rem habis tapi tak diperdulikan apalagi diganti. Sehinga kampas yang habis ini bikin piringan cakaram aus.

Jadi mas bro, di permukaan kampas rem kan ada bahan yang memang didesain bisa aus dan habis. Ini harapannya adalah yang aus kampas remnya, bukan piringan cakramnya. Nah kalau habis, berarti tinggal besi tempat kampas rem. Maka  karena besi ketemu besi, piringan cakram-nya akan aus, dan lama-lama seperti gambar di atas.

Efek Kampas Rem Habis Tetap Dipaksa Pada Rem Tromol

Jadi kalau dalam rem tromol kampas rem yang sudah habis jika dipaksa tidak diganti kuga tetepa bisa merusak komponen sepeda motor yang lain. Apesnya nanti biaya yang dikeluarkan akan lebih besar daripada semestinya. Biasanya kalau kampas remtromol abis, bakal disetel kencang bautnya terlalu dalam. Nah ini berakitbat pada per di dalam tromol bisa patah karena efek kejut kekencangan dan berlebih ketika motor direm.

Jadi mas bro, rem tromol bila habis kampas remnya lalu tetep dipaksa engan menyetel bautnya terlalu dalam, maka yang terjadi adalah per yang ada di dalam bisa patah dan mengakibatkan tromol aus. Jadi ceritanya gimana kok bisa biayanya membengkak? Ini terjadi apabila velg tersebut berjenis racing atau palang. Kalau pelek jari-jari kan tromol dijual terpisah. Jadi saat tromolaus, tinggal beli tromolnya aja. Nah kalau  pelek racing kan tromolnya dijual satu set dengan tromol. Makanya biayanya bisa membengkak dari yang semestinya.