Berita Umum

Banyak Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion Air jatuh di Laut Karawang, Ini Dia!

Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion Air jatuh by bonsaibiker.com –  mas bro sekalian, sebagaimana dalam bebrapa artikel lalu telah dishare terkait informasi tentang Pesawat Lion Air jaituh di perairan Karawang. Nah setelah peristiwa ini terjadi, ternyata banyak berredar berita hoax. Khususnya foto-foto Hoax tentang kejadian ini

Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion R jatuh di Laut Karawang
Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion R jatuh di Laut Karawang

Salah satu yang dishare adalah foto di atas. Dan juga foto di bawah tyaitu Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion Air jatuh ini :

Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion R jatuh di Laut Karawang padahal itu saat di Sriwijaya
Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion R jatuh di Laut Karawang padahal itu saat di Sriwijaya

Menurut akun FB Eris Riswandi Foto di bawah ini BUKAN penumpang Lion Air JT610 tapi merupakan penumpang Sriwijaya Air saat terjadi turbulence. Jadi ketika itu para penumpang di dalam foto ini sempat mengambil gambar dan kebanyakan memang dalam kondisi panik. Nah alhamdulillah penumpang selamat waktu itu.

Foto-foto itu kemudian ramai disebar menggambarkan tragedi lion air jatuh di Karawang ini. SImak berikut :

foto Hoax terkait Lion Air Jatuh (2)
foto Hoax terkait Lion Air Jatuh (2)

Jadi mas bro, awas, jangan terlalu cepat menyebarkan informasi secara online jika belum terbukti kebenarannya. Apalagi sampai memajang foto hoax yang gak jelas.

Nah, sehubungan dengan hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mewanti-wanti melalui Ferdinandus Setu selaku Plt. Kepala Biro Humas Kominfo agar warganet waspada dan lebih berhati-hati dengan jarinya di media sosial. Karena kalau nyebar hoaz bisa terancam hukuman karena melanggar UU ITE.

Simaknih mas bro, dalam UU ITE pasal 28 ayat 1 :

“Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00”

(Edian 1 M)

Nah, lanjut mas bro, ini statmen Kominfo :

Sehubungan dengan beredarnya sejumlah informasi hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada Senin (29/10). 

2. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengimbau warga net Indonesia untuk TIDAK menyebarkan informasi HOAKS ataupun informasi yang bukan berasal dari sumber berwenang terkait dengan musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. 

3. Kementerian Komunikasi dan Informatika RI juga mengimbau warga net untuk tidak menyebarkan foto-foto korban dari musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 melalui media apapun termasuk media sosial.

4. Kami ingatkan kembali bahwa setiap aktivitas kita di ruang siber (cyber space), termasuk aktivitas mendistribusikan, mentransmisikan dan membuat dapat diaksesnya Informasi hoaks diatur dengan UU RI No 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Terima kasih

4 komentar pada “Banyak Foto-Foto Hoax Terkait Pesawat Lion Air jatuh di Laut Karawang, Ini Dia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.