Motor Karatan Begini Terjadi Lantaran Anda Jorok Apalagi Tinggal deket Laut, Giman Tipsnya?

Motor Karatan by bonsaibiker.com – mas bro, ada sebuah kejadian yang mungkin bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua. Khususnya terkait motor karatan. Kalau dah karatan, biasanya ribet mas bro. Motor bisa cepet rusak, kropos lalu rangka patah dan sebagainya. Seperti gambar di atas, motor bisa mengalami karatan yang cukup parah. Selain faktor kekuatan motor, karatan ini juga pasti nyepet-nyepetin mata mas bro. Ya lihat saja seperti gambar di atas, motor nampak kusem  dan pastinya ngeselin mas bro. Nah kalau dibiarin, bisa berabe kan mas bro.

Motor Karatan Begini Terjadi Lantaran Anda Jorok Apalagi Tinggal deket Laut
Motor Karatan Begini Terjadi Lantaran Anda Jorok Apalagi Tinggal deket Laut

Sebab-sebab Motor Karatan

Banyak hal yang menyebabkan motor bisa menjadi karatan mas bro. Namun secara umum yang paling dominan adalah motor karatan ini disebabkan 2 faktor.

Yang Punya Motor Malas

Pertama adalah user yang malas mbersihin motor, merawat motor, dan ngecek motor, sehingga motor mudah kusem, dihinggapi karat, lalu kropos.

Kadar Garam dalam Air Tinggi

Ke dua adalah kandungan garam air di sekitar tempat tinggal. Misalnya daerah deket laut, ya otomatis kalau mas bro sekalain tidak hati-hati dan rajin merawat motor, bakal cepet karatan dan kropos. Sering kena air hujan juga bisa memicu koroso alias karatan.

Contoh Kejadian Motor Karatan

Seperti gambar di atas, bahwa motor itu bisa karatan dan makin parah makin kropos. Yaitu yang diposting oleh Hendi Black Coffee‎Honda CB150R StreetFire Lovers pada 23 jam lalu dari sekitar Cikarang 

“Ada yg bisa perbaiki ga om,kanan kiri rangka saya pda kropos gini.
Daerah cikarang

Nah  mas bro, trit ini menjadi ramai dan menuai banyak komentara diataranya berikut :

  • Hendi Black Coffee Gra2 keseringan nyuci gan,air yg di dlm rangka ga kluar smua,alhasil pda karat,dlu cma bintik2 kya jerawat aja,saya dempul aja,dempulnya pda ngangkat stlh 6bln,tak klotok aja dempulnya alhasil pda bolong2 gini
  • Ade Rian Fhandiana ga mungkin kalo cuma karna keseringan di cuci
  • Agunk Dyta dibawah rangka kn bolong om..air lgsg kbwah ngalir msa smpe gtu…ap maen kelaut kaliv
  • Ni’am ChoirulL Tergantung pempakain dan cara merawatnya aj. Kalau masalah motor gimna” itu gak sich.. tapi yg punya nya aj kurang hati”
  • Kim Harus lebih hati2 gan terdahap pemakaian barang. Semua pemakaian barang tergantung yang pakai gmana

Tips Merawat Motor Agar Tidak Cepat Karatan

Oceh mas bro, sekarang yuk kita bahas tips agar motor gak gampang karatan nih. Simak beberapa tips berikut ini!

Rajin Merawat Motor

Pertama mas bbro sekalian musti rutin membersihkan atau mencuci motornya ya. Jadi kalo air hujan ataupun air laut bisa mempengaruhi pertumbuhan dari karat atau korosi ini mas bro. Saat nyusi mas bro sekalian bisa gunakan sabun atau shampo motor yang bagus agar lebih bersih dan menjaga cat motor tidak kusam karena efek detergen didalam sabun atau shampo. Tapi jangan asal pake detergen ya, nanti bisa malah tambah karat.Pilih yang recomended buat nyuci motor atau mobil. Nah, misal mas bro sekalian malas nyuci motor kan ada jasa cuci motor, tinggal bayar 20 rebu beresssssss. Lebih praktis dan nggak perlu capek-capek lalu berbasah-basah ria.

Pantau Rantai Motor

Ke dua mas bro, kuta musti rutin bersihin sekaligus memantau kualitas rantai. Jadi selain motor matic, kan menggunakan bahan besi, yang musti difahami adalah bahan tersebut adalah material yang mudah karat. Maka kita musti rajin membersihkan kotorannya. jangan lupa menggunakan sikat kecil atau bekas sikat gigi. Usai dibersikan silakan lumasi rantai dengan pelumas rantai motor. Jangan pake minyak goreng hahaha, atau pelumas bekas oli mesin, malah lebih bahaya.

Eheheh, panjang bener yak, masih ada lagi lho!

Perhatikan Knalpot

Nah mas bro sekalian,  ternyata knalpot juga menjadi sasaran empuk efek karatan ini. Sisa air cucian atau air hujan yang masih nempel pada bagian leher knalpot sering jadi  biang kerok. Dari endapan air ini bakal mejadi tempat kotoran nempel. Selanjutnya ini bakal memancing karat datang menyapa. Nah, kalau gak peduli ama yang beginian knalpot kita bakal cepet rusak.

Bersihin Velg

Selanjutnya mas bro, kita juga musti mbersihin bagian-bagian velg. Lebih-lebih bagi motornya yang pake pelk ruji atau jari-jari. Selin Velknya masbro sekalian juga musti bersihinbagian-bagian yang berdekatan denga velg. Yaitu rem, tromol dan sebagainya.

Bersihin area tak terlihat

Selain beberapa hal di atas, bersihkan juga bagian sela-sela mesin motor plus bagian bawah motor. Dalam membersihkan ini mas bro seklian perlu menggunakan sikat kecil agar bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit.

Break dulu bentar hahaha, ambil nafas!

Gunakan Wax atau Silicon

Usai banyak bagian dibersihin, selanjutnya mas brosekalian bisa make wax atau silicon bila perlu. Mayan mas bro untuk melindungi cat motor biar awet kinlong dan tidak kusam.

Ganti Oli Berkala

Terakhir masbro, silakan service secara berkala motor anda. Lalu jangan lupa ganti oli secara berkala dan rutin. Pake oli yang benar mas bro, misal tipe matic ya silakan gunakan oli motor matic, jangan pake oli truk, aihihiihhii,

Demikian mas bro, semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.