Indahnya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Pake Teknologi NATM

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) by bonsaibiker.com – mas bro sekalian, khususnya warga Jawa barat. Dalam waktu dekat ini Jawa Barat bakal segera mempunyai ikon baru. Yitu Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan. TOl ini bisa memperpendek jalur Bandung CIrebon via Sumedang, lebih gampang mengakses Bandara Kertajati Majalengka. Dan yang pasti ternyata tol ini bangunannya cukup indah dan Ikonik.

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Pake Teknologi NATM
Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Pake Teknologi NATM
ktm indonesia

Yup mas bro, Tol Cisundawu membenatan sepanjang 61,6 km yang memiliki terowongan sejauh 472 meter dengan diameter 14 meter. Terdiri dari enam seksi, antara lain :

  • Seksi I Cileunyi-Rancakalong,
  • Seksi II Rancakalong-Sumedang,
  • Seksi III Sumedang-Cimalaka,
  • Seksi IV Cimalaka-Legok,
  • Seksi V Legok-Ujung Jaya,
  • Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan.
penampakan pembuatan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Pake Teknologi NATM
penampakan pembuatan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Pake Teknologi NATM

Pembangunan Tol Cisumdawu ini pengerjaannya dilakukan pemerintah yang bekerja sama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Detailnya adalah bawha Seksi I dan II dikerjakan oleh pemerintah, sedangkan Seksi III-VI diambil oleh BUJT. Kabarnya mas bro, pengerjaan Tol Cisumdawu paling cepat bakal selesai akhir tahun depan.

proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Pake Teknologi NATM
proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Pake Teknologi NATM

Nah, baru-baru ini, Bina Marga membuat status yang bikin keki terkait penampakan tol CISUMDAU ini. Berikut statmennya yang dipublish Kemarin pukul 16.22 :

Hai Sobat, merasa familiar dengan gambar ini? Eits… ini bukan track buat hotweels lho! Ini adalah jalan di atas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jawa Barat. Tak hanya jalan di atasnya yang unik, jalan tol ini juga memiliki keunikan berupa terowongan kembar yang memiliki panjang 472meter dan diameter 14meter. Tol Cisumdawu adalah jalan tol pertama yang menggunakan terowongan. Hal ini dikarenakan kondisi topografi yang berbukit-bukit sehingga lebih aman untuk membangun terowongan dibanding harus membelah bukit. FYI nih Sob, satu terowongan sisi kiri sudah tembus pada 31 Juli 2018, sedangkan sisi satunya sudah mencapai 392meter dan tak lama lagi akan tembus.

Teknologi yang digunakan untuk membuat terowongan adalah metode New Austrian Tunneling Methods (NATM) yang memiliki sistem kerja cut and cover. Pertama dibangun satu tunnel terlebih dahulu, kemudian memasang holding in menggunakan besi berbentuk umbrella, lalu steel rib bertulang. Setelah terpasang, dilakukan pengecoran sedikit demi sedikit dan penggalian tanah sampai terowongan menembus bukit.

#MenyambungNegeri #KerjaBersamaHasilNyata #Tol #TerowonganTol #TolCisumdawu

nah mas bro, kalau dah jadi nantinampaknya bakal mantab ini tolnya, kemudian juga bisa memangkas watu tempuh keliling jabar nih, terutama akses bandung cirebon.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.