Jawa

Di India Motor Jawa Secara Resmi Hadir Kembali Gan

merek Jawa Motorcycle hadir secara resmi di India
merek Jawa Motorcycle hadir secara resmi di India

Di India Motor Jawa Secara Resmi Hadir Kembali Gan

By bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, penggemar roda dua kini kembali memilih motor model klasik ni gan. Sebelumnya Royal Enfield hadir menawarkan produk-produk dengan model retro. Dan sekarang merek Jawa Motorcycle hadir secara resmi di India bro. Sekitar 22 tahun lalu, sepeda motor ini terakhir diproduksi dengan dua model yaitu Jawa varian standar dan Jawa 42 gan. Motor modern Jawa ini dinamakan sesuai dengan model pertama produsen roda dua asal Ceko tersebut yakni Jawa. Jawa menggunakan mesin 300 cc yang akan berhadapan dengan beragam model dari Royal Enfield gan.

Yup gan. Jadi kata nama ‘Jawa’ itu sendiri adalah merek sepeda motor milik produsen roda dua yang didirikan oleh Frantisek Janecek pada 1929 gan. Saat itu Janecek membeli pabrik otomotif dari perusahaan Wanderer dan membuat nama perusahaan menjadi Janecek and Wanderer. Mengambil dua kata dari nama tersebut, disitulah nama produk Jawa berasal bro.

Nah seperti yang dilansir dalam Kompas.com bahwa  motor ini pada tahun 70-an membanjiri India dengan model klasiknya gan. Walau keliatan klasik, motor modern ini sudah mengalami ubahan modern. Kualitas produksinya, tenaga mesin dan pusat gravitasinya yang lebih rendah menunjukkan hal terbaru dari motor ini.  Mesin 293 cc satu silinder berpendingin cairan yang digunakan memproduksi tenaga hingga 27 tk dan torsi 28 Nm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi enam percepatan bro.

Dan kini Jawa Motorcycle lahir kembali di India. Motor ini juga sudah memenuhi standar emisi India. Tentang kenyamanan, suspensi depan menggunakan teleskopik dan belakang menggunakan suspensi kembar gan. Dari pengereman, terdapat fitur ABS untuk keamanan yang dipasangkan pada cakram 280 mm di depan. Rem belakang menggunakan tromol.

jadi model Jawa ini ada tiga warna pilihan gan, yaitu hitam, abu-abu dan maroon.  Kalau Jawa 42 ditawarkan dalam enam pilihan warna yaitu Halley Teal, Starlight Blue Lumos Lime, Galactic Green, Nebula Blue dan Comet Red.

Jawa Perak

Ada lagi ni gan yaitu Jawa Perak yang hadir dengan gaya bobber. Model ini baru tahun depan akan dihadirkan dan memiliki perbedaan dari varian standar dan rencananya akan dijual mulai tahun depan (Autocar India) gan.

Jawa perak dijual mulai tahun depan
Jawa perak dijual mulai tahun depan

Kalo Jawa Perak ini menggunakan mesin 334 cc bertenaga 30 tk dan torsi 31 Nm. Kerangkanya sedikit berubah dari varian standar dan suspensi belakang menggunakan monoshock. Merek Jawa berada di tangan Classic Legend Pvt. Ltd gan. Perusahaan ini berada di bawah Mahindra Group yang memiliki beberapa merek otomotif termasuk rumah desain mobil terkenal Pininfarina.

Baca juga

Pesona Motor Antik: Pejabat Suka Elus-elus Motor Kuno Ampek Bini Ngambek

One thought on “Di India Motor Jawa Secara Resmi Hadir Kembali Gan

  • Siroj Baghdad

    Ketika tinggal di Cairo, motor Jawa adalah Hondanya orang Mesir, berseliweran di mana-mana, kalah motor Jepang, Emang motor tangguh Jawa…. gearnya di kaki kanan kalau tidak salah, sama motor MZ yang laris di Mesir ….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.