Modif Motor ABS Harus Perhatikan Hal Ini Bro

motor ABS gak boleh sembarang modif
motor ABS gak boleh sembarang modif

Modif Motor ABS Harus Perhatikan Hal Ini Bro

By Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, saat ini lagi trend banget dengan yang namanya fitur ABS ni gan atau fitur anti-lock braking system. Selain ada pada mobil, kini sepeda motor juga mulai pake ABS. Fitur canggih ini rata-rata kini sudah ada di berbagai merk produsen otomotif. Tak terkecuali motor matik gan seperti NMAX, PCX, Forza, Vespa Primavera dan Yamaha FreeGo serta lainnya. Kalo di kelas motor sport ya ada Honda CBR250RR, CBR150R, Kawasaki Ninja 250, Suzuki GSX-R150 dan banyak lagi lainnya gan.

ktm indonesia

Yup gan, seperti yang dilansir dalam viva.co.id bahwa modif motor ABS itu tidak bisa sembarangan gan. Karna setiap motor ABS cara kerjanya yaitu mencegah roda terkunci ketika rem mendadak. Jadi sistem kerja ABS kalo terganggu jadi bisa tidak berfungsi atau malah jadi rusak. Fungsi dari ABS itu sendiri menurut penelitian Bosch bersama Universitas Indonesia bahwa ABS bisa mencegah risiko kecelakaan motor sampai 27 persen gan.

Bernard Simanjuntak, Central Sales Manager Divisi Original Equipment Bosch Indonesia mengungkapkan bahwa ganti disk brake, kaliper, velg dan ukuran roda sudah membuat cara kerja ABS tidak maksimal. Maka harus disetel ulang ke bengkel resmi. Jadi enggak bisa sembarangan modif erlebih di bagian sektor kaki-kaki. Ada yang sampai indikatornya menyala saat mengganti ukuran velg atau disk brake. “Jadi perlu setting ulang, ECU (engine control unit), dan modul ABS-nya. Mobil pun sama seperti itu jadi bukan hanya motor.

Kalo gitu, bagi penggemar modifikasi yang ingin menuangkan kreatifitas imajinasinya pada motor fitur ABS ini, maka dia harus tetap memperhatikan dan gak ngotak ngatik khususnya bagian kaki-kaki motor gan.

Baca juga

AHM Hadirkan New CBR150R ABS ESS

Suzuki Kenalkan GSX-R 150 ABS

1 Comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.