KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji saat meninjau pasukan
KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji saat meninjau pasukan

Salut Gan!TNI Kita Dukung Karya Otomotif Anak Bangsa.Malah Tantang Bikin Kendaraan Tempur Bertenaga Listrik

By Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian. Pada waktu lalu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam akun tweeter nya mengungkapkan ketertarikannya dengan idenya mengalokasikan beberapa ribu unit Gesits untuk operasional Babinsa (Bintara Pembina Desa) ni gan. Nah kali ini tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mulai menjajaki adanya kendaraan tempur dengan menggunakan tenaga listrik yang saat ini ternyata lagi dikembangkan oleh mahasiswa dari Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung, Jawa Barat gan.

Yup gan, seperti dilansir dalam okezone.com bahwa saat ini sudah ada satu unit mobil listrik karya mahasiswa ITENAS Bandung yang dipakai TNI AL untuk mobil militer sebagai keperluan patroli gan.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) mngungkapkan, “Saya kira mobil listrik ini inovasi yang positif untuk digunakan oleh prajurt TNI. Sehingga inovasi energi terbarukan mobil bertenaga listrik ini menjadi alternatif yang positif. Ini yang kami gunakan masih prototype mobil listrik hasil inovasi mahasiswa ITENAS. Tentunya masih perlu penelitian yang lebih matang dan perlu dikembangkan lagi.

Maka TNI AL bersedia menggunakan satu unit mobil bertenaga listrik karya mahasiswa ITENAS ini untuk mobil militer yang akan dipergunakan untuk patroli gan. Mobil patroli polisi militer TNI Angktan Laut hasil inovasi mahasiswa ITENAS ini diadakan dalam rangka peringatan HUT Korps Marinir ke- 73 yang berlangsung di Lapangan Apel Bumi Marinir, Karangpilang, Surabaya.

Faisal Muhammad Daud, Manager Proyek dan Teknik dari Laboratorium Perancangan Kendaraan Listrik ITENAS menjelaskan bahwa mobil listrik yang saat ini dipakai untuk patroli mobil militer TNI AL adalah prototyp jenis sport, dengan biaya pembuatan senilai Rp1 miliar gan. Untuk tantangan dari TNI AL tentang kendaraan tempur bertenaga listrik, saat ini ITENAS sedang dalam proses merancang kendaraan taktis yang bisa dipergunakan untuk prajurit TNI gan.

Wiih keren bro.

Baca juga

Panglima TNI Tertarik Pesan Ribuan Unit Gesits Setelah Dijajal Jokowi

Ini Komentar Jokowi Saat Jajal mobil listrik Buatan ITS Gan

Intip Bagian Tersulit Merancang Mobil Listrik EVHero Yuk