Speed Gun di Tol Surabaya Mojokerto Mulai Dipasang Plus CCTV

Speed Gun di Tol Surabaya Mojokerto by bonsaibiker.com –  mas bro sekalian ada info baru nih dari Jalan tol Surabaya Mojokerto (Sumo) dan Surabaya Malang. Bahwa dalam waktu dekat ini 2 jalur tol ini bakal dipasang kamera pengawas dan juga perangkat Electronic Law Enforcement (ETLE) atau semacam Speed gun. Pemasangan alat ini guna mengawasi lalu kemudian menindak para pengendara yang melanggar batas kecepatan di kedua ruas tol ini mas bro. Menurut keterangan Manajer Operasional PT Jasa Marga Surabaya Mojokerto (JSM), Erfan Affandi, batas bawah (kecepatan terendah) tol ini adalah 60 km/jam, sementara batas atas (kecepatan tertinggi)nya adalah 100 km/jam.

Speed Gun di Tol Surabaya Mojokerto Mulai Dipasang Plus CCTV
Speed Gun di Tol Surabaya Mojokerto Mulai Dipasang Plus CCTV

Jadi mas bro, para pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan ini bakal ditindak polisi alias di tilang. Polisi menilang pengendara yang melanggar ini nantiny bakal ready di di exit tol.  Nah berapa tariftilangnya? Ya pastinya sesuai dengan aturan lalu lintas yang yang berlaku mas bro. jadi nantinya Pengendara akan ditindak melalui operasi Over Speed Law Enforcement (OSLE).

Jadi mas bro, para petugas PJR ini nantinya bakal terus mobail alias berpatroli mengendarai mobil preman. Nah pas ada pengendara yang yang melebihi batas kecepatan, bakal dibidik dengan speed gun lalu ditindak. Nah lantaran keterbatasan alat yang dimiliki Polda Jawa Timur maka penindakanbelum bisa dilakukan tiapsaat,

Dalam kesempatan ini Wadirlantas Polda Jawa Timur, AKBP Muhammad Aldian menyampaikan bahwa penindakan ini bakal lebih efektif bila Polda Jawa Timur akan segera memasang CCTV dan ETLE ini.

Besaran Denda Tilang Melanggar batas Kecepatan

Nah mas bro, kalau dah ditilang ya musti bayar dendanya. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melalui Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, menyampaikan bahwa kendaraan bermotor yang melanggar aturan ambang batas kecepatan ini akan dikenakan pasal 287 juncto pasal 106 ayat (4) huruf a Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Simak ni mas bro inti pasalnya :

“Pelanggar ambang batas kecepatan di tolini akan dikenakan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,”

Masih menurut Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, pedoman dasar hukum penindakan seperti tertuang di dalam :

  • Undang-undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 272 ayat 1 dan 2
  • Peraturan Menteri Perhubungan No. 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Batas Kecepatan

Apa itu perangkat Electronic Law Enforcement (ETLE)?

Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) adalah sebuah sistim elektronik yang digunakan dalam pengawasan dan penegakan hukum lalulintas. Alat elektronik ini berbentuk sebagai alat sensor yang terdiri dari  sinar laser yang berwarna hijau yang ditempatkan misalnya di perempatan jalan yang bersinar tepat sejajar garis putih batas berhenti kendaraan. Sekarang ini mas bro E-TLE ini dengan  mudah bisa kita jumpai di beberapa persimpangan jalan protocol di Ibukota Jakarta.

Tol Surabaya Mojokerto

Tol Surabaya–Mojokerto dalam kesehariannya sering disebut dengan singkatan Tol Sumo.Tol ini membentang sepanjang 36,27 kilometer yang membentang antara Kota Surabaya dan Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Tol Sumo ini terdiri atas 5 seksi ruas jalan di tol. Dalam perkembangan selanjutnya tol tersebut menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Terhubung dengan Jalan Tol Kertosono-Mojokerto di sebelah barat serta Jalan Tol Surabaya-Porong dan Jalan Tol Waru-Juanda di sebelah timur. Daerah yang dilewati tol ini diantaranya adalah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Mojokerto.

Tarif Tol Surabaya Mojokerto

Bagi mas brosekalian yang ingintahu detail tarif tol ini, silakan lihat daftardi gambarberikut :

tarif tol Surabaya Mojokerto
tarif tol Surabaya Mojokerto

Demikian masbro,kilas Info.