Tilang

E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta tahun 2019

E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta by bonsaibiker.com – mas bro sekalian sebuah berita bergulir terkait E Tilang ini mas bro. Selama ini E tilang kita kenal berada di Jakarta, atau kota besar saja. Kemudian E tilang hanya berlaku untuk plat nomor yang daerah tersebut saja. Misalnya di Jakarta, bulan Oktober lalu telah diberlakukan percobaan E tilang. Lalau November ini kabarnya diberlakukan. Nah ini yang terjaring adalah plat Jakarta Bekasi dan Tangerang Plus depok saja mas bro, alias plat B. Sementara plat non B tidak dikenakan Etilang. Nah kabarnya mas bro berdasarkan update terbaru, E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta tahun 2019.

E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta tahun 2019
E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta tahun 2019

E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta tahun 2019

Penegasan bahwa E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta tahun 2019 ini disampaiaknoleh direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf. Jadi mas bro mulai awal tahun 2019 yang tinggal sebulan lagi ini, sistem tilang electronic traffic law enforcement ( ETLE) dapat diterapkan terhadap kendaraan non-plat B. Jadi malau mas bro sekalian ke Jakarta, pakekendaraan non Jakarta, ya siap-sap aja kalau melanggarbakal kena E tilang.

Jadi mas bro, plat kendaraan B yaitu kode yang diperuntukkan mobil, sepeda motor, dan kendaraan lain yang terdaftar di wilayah kepolisian kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok sudah terlebih dahulu  merasakan testimoni E tilang ini saat melintas di Jakarta. Siamk artikel berikut ini terkaittestimoni E tilang :

Mekanisme Kerja E Tilang

Jadi mas bro, mulai 2019 kendaraan non-pelat B bakal ditindak dengan tilang elektronik ETLE. Nah mekanisme penindakan ini, adalah bahwa polisi tinggal connect-kan dengan data Korlantas. Pak Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf ini mempertegas hal ini dalam acara peluncuran sistem tilang elektronik di kawasan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (25/11/2018) kemrin.

Menurut pak Yusuf ini, Korps Lalu Lintas Kepolisian (Korlantas) RI telah memiliki data lengkap kendaraan seluruh Indonesia. Jadi saat polisi ingin koneksikan datanya ke seluruh Indonesia sekarang sudah ada datanya. Hanyasaja mas bro, sistem ETLE ini baru siap awal tahun depan,

Jumlah Plat Non B di Jakarta

Mas brosekalian, memang yang berseliweran di Jakarta dan sekitarnya pasti kebanyakan adalah platB. Namun lantaran Jakarta adalah ibu kota Indonesia, maka luar Jakartapun juga banyak yang berlalulalang di Ibu Kota ini. Masih menurut pak Yususf ini, di Ibu Kota kendaraan luar plat B jumlahnya memang banyak namun tak sampai 10 persen.

Makanya tilang pada kendaraan non-pelat B bukanlah hal yang sulit dalam penerapan ETLE. Wong datanya sudah jelas, tinggal mengkonekkan saja lalu bisa berlakukan E tilang.

 Sejarah E tilang di Jakarta

Mas brosekalian, e tilang sebenarnya bukan barang baru, terutama di Jakarta. Sejak beberapa tahun lalu sudah diwacanakan, digodok dan pada Oktober lalu diujicobakan. Simak saja artikel berikut ini :

Mulai Oktober 2018 Dilakukan Uji Coba E-Tilang

Kemudian pada November ini E tilang diterapkan di Jakarta, khusus untuk kendaraan berplat B. Adapun kendaraan yang tidak berpelat nomor B belum dapat ditilang dengan sistem tilang ETLE. Jadi sejauh ini penindakan terhadap pengguna kendaraan non-plat B masih dilakukan secara manual.

Selanjutnya dalam rangka pelaksanaan E tilang di November ini, polisi menyampaikan bahwa tahun depan Polda Metro Jaya menargetkan pemasangan 81 kamera CCTV ETLE di 25 titik di Jakarta. Dengan pemasangan CCTV ini dapat meningkatan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

 

9 komentar pada “E Tilang Bakal Menjaring Plat non B di Jakarta tahun 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.