Fenomena Truk Goyang Makan Korban, Pemotor Dilibas!

Fenomena Truk Goyang Makan Korban

Truk Goyang by bonsaibiker.com – mas bro sekalian, trend di jalan memang kini sedang berubah. Kalau beberapa waktu lalu sedang trend adalah teolet dari klakson bus ataupun truk, hingga ramai dan bahkan fenomena ini jadi vrial. Kini trend berubah. Belakangan ada trend baru yang disebut dengan Truk Goyang. Trend ini begitu ramai hingga ada maniaknya. Namun belakangan trend ini jadi sorotan masyarakat luas lantran trend ini membahayakan.

fenomena truk goyang
fenomena truk goyang

Apa Itu Truk Goyang?

ktm indonesia

Truk goyang adalah sebuah atraksi para sopir truk yang mengemudikan truknya dengan cara zig-zag di jalanan, sehingga truk ini akan terlihat bergoyang ketika direkam oleh warga atau para mania yang ada di bahu jalan ataupun yang mengikutinya dari belakang. Ternyata mas bro, aksi ini banyak penggemaranya, manikanya dan pembelanya baik di dunia maya maupun dunia nyata. Aksi goyang ini sering diikuti, dielu-elukan, direkam, dan kemudian diupload ke dunia maya.

Asal Mula Fenomena Truk Goyang

Kalau melihat trendnya di media sosial khususnya Instagram, awalnya viral truk goyang ini berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur. Trend ini kabarnya sebenarnya merupakan bahan hiburan bagi anak-anak. Tapi belakangan anak muda hingga orang tuapun banyak yang kepincut dengan atraksi ini.

Kabarnya mas bro, atraksi goyang ini walau nampak membahayakan bagi pelakunya ataupun bagi pengguna jalan lain, tapi konon komunitas video truk goyang maupun sopir truk sudah memperhitungkan keselamtannya. Jadi sudah liat kondisi  kapan truk ini akan goyang atau kapan harus berhenti.

Jadi mas bro, awalnya ada anak-anak yang terlebih dahulu membuat janji dengan sopir truk. Kemudian sopri trukpun beraksi di tempat dan waktu yang sesuai kesepakatan, maka anak-anak dan orang-orang sekitar bisa melihat aksi supir teruk ini.

Supir truk sendiri konon tidak berkeberatan ketika anak-anak memintasnya untuk melakukan aksi ini. Para supir ini kabarnya malah senang lantaran bisa menghibur masyarakat sekaligus bisa nambah teman mas bro.

Kejadian ini terrekam dalam kamera HP dan kemudian menjadi viral di dunia maya setelah akun fb  Nurkholis Egs yang berada di Masjid Agung Sunan Kudus – Maqom Sunan KudusKabupaten Kudus5 jam

“Ati2 gaeeess kalau goyang jangan asal asalan .
TKP gak tau kiriman video teman sebelah hh

Ini linknya mas bro :(https://web.facebook.com/nurkholis.egs.7/videos/325461234850411/)

Pelaku Truk Goyang Bakal Dijerat Pasal Ugal-ugalan oleh Polisi 

Mas bro sekalian, pihak kepolisian ternyata sudah mengendus aksi unik ini. Polisi yang telah menyaksikan aksi dari para pengemudi truk secara terang-terangan menyatakan tak setuju dengan fenomena ini. Polisi menilai ini membahayakan pengemudi truk sendiri dan oranglain. Simak mas bro :

  • Membahayakan pengemudi truk sendiri adalah misal si truk kehilangan keseimbangan lalu tergelincir pasti bakal bikin macet jalanan wong truknya aja segede gaban. Nah, kalau dah gitu mas bro, proses evakuasinya pasti butuh waktu lama.
  • Membahayakan pengguna jalan lain adalah misalnya  ketika beraksi goyang, sementara di bagian samping atau belakang truk ada kendaraan yang sedang melaju maka bisa terkena imbasnya. Seperti dalam vidio di atas bisa tersenggol atau lebih parahnya lagi terlindas.

Menurut pak polisi kegiatan ini bisa dikatakan ugal-ugalan. Untuk ugal-ugalan aturannya bisa diintip dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jadi terdapat 2 pasal yang mengaturnya mas bro, Pasal 115 dan 106. Simak ya:

  • Pasal 115 ; Pengemudi dilarang memacu kendaraan melebihi batas kecepatan yang telah dilakukan. Pengemudi dilarang untuk berbalapan dengan kendaraan bermotor lainnya.
  • Pasal 106; Pengemudi wajib mengemudikan kendaraan dengan wajar dan penuh konsentrasi. Pengemudi harus menaati rambu lalu lintas demi keselamatan.

Jadi cukup jelas mas bro, sikap polisi pada fenomena ini,

Truk Cabe Goyang Pantura

Mas bro, fenomena truk goyang ini memang ramai di dunia maya. Banyak sekali yang tenar terutama di Youtube. Beberapa akun mengupolad ksiini di fab ataupun di youtube. Sederetan judul truk goyang ini tenar di youtube yang salah satunya adalah Truk Cabe Goyang Pantura. Kemudian ada lagi yang tenar dengan Truk Goyang Kapten Oleng. Silakan cari di youtube,banyak sekali mas bro.

3 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.