Tips

Kontroversi Rem Panas Disiram Air, Aman atau Tidak

Rem Panas Disiram Air

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, kita tengok apa yang baru dalam portal otomotif hari ini di warung bonsai. Khususnya terkait tips mas bro. Ya, obrolan kali ini adalah sehubungan dengan adanya sebuah vidio yang beredar di dunia maya khususnya FB terkait pengguna Innova Matik yang turun dari bromo kemudian remnya super panas lantaran terus injek rem. Nah, kontroversi di sosmed adalah boleh tidaknya rem panas disiram air. Sebagian bilang aman, sebagian lagi bilang bahaya.

rem panas disiram air
rem panas disiram air aman atau tidak

Kejadian Rem Panas Disiram Air

Kontroversi ini bermula ketika sebuah akun fb Harry Bassir‎ membagikan sebuah vidio ke group fb SURABAYA DIGITAL CITY – SDC pada 15 jam lalu dengan statmen berikut :

Sekedar info untuk teman2, dulur2, di SDC… 
ini video pengalaman saya sendiri dan hanya untuk mengingatkan kita saja dalam berkendara bila liburan ke Bromo, pacet, cangar agar lebih memperhatikan kondisi mobil, dan saya sarankan jangan menggunakan mobil matic, bila menggunakan mobil matic sering2lah berhenti untuk cek kondisi mobil….. Untuk admin SDC terima kasih sudah di acc video ini ?

Kontroversi Rem Panas Disiram Air

Dari status Fb di atas, terjadilah perbedaan pendapat di kalangan warganet. Ada yang bilang aman-aman aja rem panas disiram air, ada yang bilang itu bahaya dan bisa merusak rem. Berikut beberapa komentar:

  • Ryan Rahman Oesman : Gak belajar fisika ki biyen. Panas langsung disiram banyu ??
  • Atau mungkin mobile nyewa atau inventaris kantor jadi ora mikir akibate?
  • Reza Ariditya : Yg nyiram air tau ga brp biaya utk servis rem and ganti parts rem ipah? Klo tau pasti mikir seribu kali mau nyiram air ke rem yg lg panas membara… ?
  • Hendra Jeka Surya Pratama : Masio mobil dewe yo akeh kok
  • Jal cangkruk nang Cangar…Mbit nge blong disiram banyu ??
  • Setyawan: Sebaiknya jangan dilakukan menyiram piringan cakram saat panas, soalnya nanti membuat bentuk nya jadi berubah, bahasa jawanya”ngolet” . Lebih baik diam kan saja sampai dingin sendiri, dikipasin juga boleh.
  • Alfie Adhitya : Sebenarnya sih aman aman saja, hanya untuk keawetan cakram lebih baik jangan, karena saat panas material baja pada cakram sedang memuai, bila langsung disiram air secara tiba tiba maka resikonya cakram bisa jadi rapuh lama kelamaan karena pendinginan secara tiba tiba.

Efek Rem Panas Disiram Air Menurut Pakar

Ms bro, dalam banyak kajian otomotif yang ditulis para pakar otomotif yang menganalisa dari sisi fisikaa dan metaluri menyampaikan bahwa saat rem panas, seharusnya jangan disiram dengan menggunakan air untuk mendinginkannya karena akan membuat cakram  jadi bengkok dan membuat mobil macet rem.

Tips Injak Rem Saat Jalan Menurun Tajam

Mas bro, kejadian rem panas ini banyakan memang saat mobil melalui turunan tajam dan panjang. Rem diinjak terus, apalagi mobil matik dan pengemudi kurang memahami penggunaan rem. Nah agar rem tidak gampang panas, silakan lihat beberapa tips berikut :

  1. Ketika kita jumpai jalan turun terjal plus curam, maka gunakanlah gigi 1 pada mobil manual, jika mobil matic/ matik gunakan gigi low.
  2. Saat kondisi menurun dan terjal ini hindari overloiad penumpang dan barang. Hl ini bakal menambah beban mobil plu laju mobil lebih kencang saat turun. Hindari sering menginjak rem sedikit-sedikit dalam kondisi mobil masih jalan. Jadi nginjak rem sampai langsung berhenti baru lepas.
  3. Nah, ketika ada bau kampas rem terbakar, lebih baik segera menepi dan biarkan mendingin kembali. Jangan sampi memaksakan diri pada mobil.
  4. Kalau sudah yakin rem dingin kembali pasca istriahat, lanjutkan perjalanan dengan pelan-pelan, hati-hati, dan tetap waspada mas bro.

Nah mas bro sekalain, tentunya pengalaman yang dishare oleh mas bro
Harry Bassir beserta sarannya ini layak kita pertimbangkan ya. Biar aman mas bro.

30 komentar pada “Kontroversi Rem Panas Disiram Air, Aman atau Tidak

  • Pada mikir nggak ya yg komen nggak boleh, kalau pas ada hujan mendadak itu, apa cakram nggak kesiram?? Ini jg blm tentu benar, tapi bisa direnungkan lah

    Balas
  • klo motor sih pernah ya mbah, wkt itu rem si motor tua macet, di siram air lngs adem emang cm ya begitu bentuk nya jd gak karu2an. klo kasat mata gak kliatan tp klo di taro di kaca kliatan itu udh gak simetris. itu motor sih…

    Balas
  • Bonsaibiker

    manggut-manggut

    Balas
  • Bhendjol

    Emang hujannya lokal di ban doank?

    Balas
  • Wong Biasa

    Hujan khan nggak kaya air selang yang ngucur dari samping mbah… Sebelum tersiram air hujan, cakram sudah terkena hembusan udara dingin akibat hujan tersebut. Dan kalau pun nanti cakramnya itu basah, itu hanya kena tempyasan dari air hujan disekelilingnya. Tidak frontal seperti kalau disiram pakai gayung.

    Balas
  • Biarkan rem panas jadi adem secara alami/angin sekitar,toh kalo mobil sampe rumah yg bikin adem rem siapa pastinya angin di sekitar

    Balas
  • wah saya pernah tuh nyiram rem. soalnya blong dan cakram berubah jadi merah. untung masih selamat.

    Balas
  • Boostaro is a natural health formula for men that aims to improve health.

    Balas
  • FitSpresso is a special supplement that makes it easier for you to lose weight. It has natural ingredients that help your body burn fat better.

    Balas
  • GlucoTru is a groundbreaking product that proudly stands as the world’s pioneer in offering a 100% natural solution for managing Type 2 diabetes.

    Balas
  • Buy neurodrine memory supplement (Official). The simplest way to maintain a steel trap memory

    Balas
  • NeuroRise™ is one of the popular and best tinnitus supplements that help you experience 360-degree hearing

    Balas
  • Prostadine works really well because it’s made from natural things. The people who made it spent a lot of time choosing these natural things to help your mind work better without any bad effects.

    Balas
  • VidaCalm is an herbal supplement that claims to permanently silence tinnitus.

    Balas
  • BioFit is a natural supplement that balances good gut bacteria, essential for weight loss and overall health.

    Balas
  • Amiclear is a blood sugar support formula that’s perfect for men and women in their 30s, 40s, 50s, and even 70s.

    Balas
  • ErecPrime is a 100% natural supplement which is designed specifically

    Balas
  • EndoPeak is a male health supplement with a wide range of natural ingredients that improve blood circulation and vitality.

    Balas
  • SonoVive™ is a completely natural hearing support formula made with powerful ingredients that help heal tinnitus problems and restore your hearing

    Balas
  • FitSpresso stands out as a remarkable dietary supplement designed to facilitate effective weight loss. Its unique blend incorporates a selection of natural elements including green tea extract, milk thistle, and other components with presumed weight loss benefits.

    Balas
  • Serolean a revolutionary weight loss supplement, zeroes in on serotonin—the key neurotransmitter governing mood, appetite, and fat storage.

    Balas
  • Good info. Lucky me I reach on your website by accident, I bookmarked it. Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.