Info Umum Motor Honda

AHM dan Kemenperin Awali 2019 Dengan Vokasi Di Wilayah Timur Indonesia

AHM dan Kemenperin Awali 2019

By Bonsaibiker.com – AHM dan Kemenperin Awali 2019 Dengan Vokasi Di Wilayah Timur Indonesia ni gan. Pemerintah kembali meminta AHM agar berperan aktif pada program pembinaan pendidikan vokasi industri otomotif roda dua di Tanah Air. Dan, kerjasama saat ini bertema  “Link & Match” di dunia industri ini pada wilayah timur Indonesia dengan pengembangan 15 SMK pilot project di Sulawesi Selatan gan.

AHM dan Kemenperin Awali 2019 Dengan Vokasi Di Wilayah Timur Indonesia
AHM dan Kemenperin Awali 2019 Dengan Vokasi Di Wilayah Timur Indonesia

Yup gan, AHM bersama 15 SMK binaan dalam rangka komitmen pengembangan pendidikan vokasi  menandatangani kesepakatan kerjasama pada rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri di wilayah Sulawesi bagian Selatan di Kawasan Industri Makassar, Sulawesi Selatan (16/1). AHM memberikan bantuan sarana praktik yaitu 15 Special Tools serta Materi Ajar dan 16 Unit Sepeda Motor Honda kepada 15 SMK mitra binaan AHM di wilayah Sulawesi bagian Selatan4 ini.

Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI dengan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy, Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartanto, dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Dan kemitraan ini adalah tindaklanjut Instruksi Presiden No 9 tahun 2016 tentang “Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan” agar menguatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia.

Tercatat alumni SMK. sejak 2016, kerjasama AHM dan Kemenperin ini telah berlangsung di Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, serta provinsi-provinsi yang berada di wilayah Sumatera bagian utara dan Sumatera bagian selatan. Dengan ditambahkan kerjasama ini total jadi ada150 SMK yang dilibatkan pada pilot project Kemenperin dan AHM.

Ahmad Muhibbuddin GM Corporate Communication AHM mengungkapkan bahwa konsep “Link & Match” antara industri dan SMK menjadi pijakan dasar usaha pengembangan kualitas pendidikan vokasi industri yang diwujudkan AHM melalui Program Pendidikan Satu Hati. Program ini secara terstruktur berusaha mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (Kurikulum TBSM) Astra Honda yang saat ini sudah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Peserta didik dari SMK-SMK mitra binaan AHM memperoleh materi pembelajaran yang berbasis pada Kurikulum TBSM Astra Honda dalam bentuk teori, praktik dan magang langsung di jaringan bengkel resmi Honda. AHM juga tidak cuma fokus pada materi teknikal, tapi juga aktif pada pengembangan dan penyusunan materi produk kreatif dan kewirausahaan yang saat ini telah menjadi bagian dari struktur kurikulum ajar pendidikan vokasi seperti yang disusun pada Spektrum Keahlian SMK/MAK. 

Pelaksanaannya dipastikan oleh AHM secara berkala gan. Pelatihan, sertifikasi dan uji kompetensi yang ditujukan kepada guru produktif juga peserta didik dengan materi yang diperbaharui terus dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan tren usaha terkini gan. Di Training Centre Honda yang tersebar di seluruh Indonesia proses pemantauan juga peningkatan kualitas ini digelar gan. Ada asesor yang juga sudah tersertifikasi oleh AHM.

One thought on “AHM dan Kemenperin Awali 2019 Dengan Vokasi Di Wilayah Timur Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.