Wacana Motor Masuk Tol Didukung Polri

Motor Masuk Tol Didukung Polri

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, ada sebuah kabar baru nih, yaitu berita terkait wacana mmotor masuk tol. Ya, Motor Masuk Tol Didukung Polri kabarnya mas bro. Hanyasaja Polri menekankan bahwa faktor keselamatan tetaplah harus diutamakan.

Motor Masuk Tol Didukung Polri
Motor Masuk Tol Didukung Polri

Mas bro sekalian, Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal di Universitas Indonesia, Depok, pada hari ini, Senin (4/2/2019) menyampaikan bahwa kini Kakorlantas Polri bakal segera mem-follow up wacana motor masuk tol ini.

Polri Minta Dukungan Pihak Lain Terkait Wacana Motor Masuk Tol

Masih menurut pak Iqbal ini, bahwa bila wacana terseubt benar-benar diwujudkan, Polri tak bisa bekerja sendirian. Utamakanya adalah berkaitan dengan bentuk pengamanan jalur motor di jalan tol yang musti didesain untuk keselamatan. Nah itu nanti akan berhubungan dengan banyak stakeholder terkait. Jadi mungkin lajunya diperluas, atau bisa juga ada jalur khusus atau barrier yang tinggi, dan sebagainya.

Nah mas bro, dalam rangka mewujudkan wacana ini, masih menurut pak Iqbal, Polri bakal ikut menyiapkan infrastrukturnya. Supaya infrastruktur ini komplit maka p0olis harus meminta masukan dari semua stakeholder yang ada.

Sejaraha Wacana Motor Masuk Tol

Sekedar flash back terkait wacana motor masuk tol ini mas bro. Jadi wacana ini bergulir pasca munculnya usulan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). Bamsoet ketika itu menyampaikan bahwa mengapa perlu dibikin jalur tol khusus sepeda motor? Yaitu demi mengurangi kemacetan.

Jadi mas bro, seperti kita lihat jalur umum non-tol tak jarang memang macet. Nah, kalau ada tol khusus untuk motor, diharapkan kemacetan bisa berkurang demikian juga kesemrawutannya mas bro.

Baca juga :

Pemerintah Kaji Kelayakan Motor Masuk Tol Atas Dasar Persmaan Hak

Dukungan Kemenhub pada Wacana Motor Masuk Tol

Seperti dulu pernah James Bons ulas, bahwa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menyambut baik wacana ini, kementerian ini bakal mengkaji usulan motor masuk jalan tol. Kabarnya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi menyampaiakn bahwa jajarannya telah diminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kajian yang meliputi hukum, keselamatan efisiensi, hingga sosial dan ekonomi seheubungan dengan wacana motor masuk tol ini.

Dasar Hukum Motor Masuk Tol

Jadi mas bro, ternyata motor masuk tol ini sudah ada payung hukumnya. Menurut pak Budi ini aturan terkait motor boleh masuk ke jalan tol telah terdapat dalam PP Nomor 44 Tahun 2009. Hanyasaja memang aturan tersebut merujuk pada jalan tol di Suramadu dan Bali Mandara. Nah kemungkinan nanti bisa diperluas mas bro.

2 komentar pada “Wacana Motor Masuk Tol Didukung Polri

  • 5 Februari 2019 pada 14:58
    Permalink

    faktor keselamatan? realitanya sekarang di jalan kecil aja mayoritas pemotor itu lawan arah dan mengebut apalg klo udh telat kerja, beuh bisa ngamuk2…

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: