Polisi vs Tertilang Debat Lampu Mati atau Hidup Padahlah DRL/AHO, Bijimana Hukumnya?

Polisi vs Tertilang Debat Lampu Mati atau Hidup Padahlah DRL

Bonsaibiker.com – mas bro ada berita terkait sebuah kejadian tilang dimana polisi dan tertilang sama-sama punya asumsi masing-masing dan gak bisa ketemu. Tapi ya ujungnya kena tilang juga. Yup, Polisi vs Tertilang Debat Lampu Mati atau Hidup Padahlah DRL. Ini kasus menyangkut motor CBR 150 Lokal yang dual keen eyes, lansiran 2014. Tuh motor kan dah DRL mas bro, yaitu motor langsung nyala lampunya kalu mesin on. Nah, menurut polis lampu ini mati, tapi menurut pengendara lampunya idup. Lha terus kudu piye?

Polisi vs Tertilang Debat Lampu Mati atau Hidup Padahlah DRL
Polisi vs Tertilang Debat Lampu Mati atau Hidup Padahlah DRL

Debat Polisi vs Tertilagn Terkait Lampu Idup atau mati

Kejadian ini dishare oleh akun FB Dedianza Dedianis Deaddevilmiracle‎ keCBR OWNER CIKARANG ( CROWNIC ) pada 6 jam lalu sebagai berikut :

saya kasih judul.

POLISI BELOM NGOPI.
MOHON MAAF SEBELUM.NYA.

bagi orang yang tau peraturan dan ketertiban berlalulintas.
SAYA MAU BERTANYA.
apakah yang salah saya. atau emang saya salah.( karna memang kita selalu disalahkan. ngelak dikira ngelawan )

kejadian dipagi hari sekitar pukul 07.40 wib.
didaerah Gemalapik Cikarang, Bekasi.

awal mula saya sedang santai naik motor dijalan raya yang ramai.

tiba tiba petugas polisi yang sedang mengatur lalulintas menyuruh saya menepi.
terjadi percakapan.
saya: pagi pak. ada apa ya.
polisi: pagi. tunjukan surat2 kelengkapan.
saya: ini pak. sim stnk. kumplit.
SETELAH DICEK.
polisi: bapak telah melanggar lalulintas dengan tidak menyalakan lampu motor. alias mati.
SAYA TURUN DAN SAYA CEK 
alhasil saya kaget.
lampu motor dekat dan jauh nyala dengan normal.
saya: pak lampu nyala. tidak ada kendala. knapa bapak bilang mati.
polisi: tadi mati pak. coba cek kabel kabel.
saya: dicek buat apa pak. jelas jelas lampu nyala.
polisi: buat apa saya jauh ketengah buat berhentiin bapak kalau bapak tidak salah. lampu mati. coba cek saklar.
saya: saklar mana ada pak. motor CBR K45 otomatis nyala sendiri jika motor ke.adaan on.
polisi: tidak tadi mati. jelas jelas mati. bapak salah. makanya saya tilang. tolong jngan melawan petugas.
mungkin kontak lampu dekat jauh (ditengah.) atau rusak .makanya g nyala.

Lanjoot

saya: ini pak masih normal dan lancar. coba sendiri pak. tengahin saklar kontak ditengah 
ALHASIL DICOBA SAMA PETUGAS. hasilnya lampu tetap menyala.
tapi bapak petugas tetap kekeh dengan kesalahan yang tidak saya buat.
AKHIRNYA SAYA INISIATIFFFFFFF. BIKIN VIDEO waktu bapak petugas sedang membuat surat tilang.
sampai sampai petugas tersebut memanggil petugas yang lain.
dan 2 petugas tersebut.
bilang lampu saya mati.
dan bilang saya ngapain buat buat video segala.

TOLONG NILAI SENDIRI APAKAH lampu mati atau menyala.
dan PERLU DIKETAHUI CBR K45 keluaran 2014. tidak ada saklar buat matiin lampu.

NEK YEN REP TUGAS NGOPI DISEK BOS. BEN R SEPANEN

Beda DRL dan AHO

Bentar mas bro, kita sebut DRL atau AHO itu sebenarnya apa bias gak salah ya? Yup, yang dimaksud DRL adalah daytime running lights alias lampu utama pesepeda motor menyala setiap wira-wiri di jalan. Jelasnya pemotor bakal menyalakan lampu utamanya ketika berkendara.

Sementara, AHO adalah singkatan dari automatic headlamp on yang maksudnya lampu utama motor bakal menyala secara otomatis saat mesin motor dihidupkan.

Jadi DRL itu berlandaskan pada perilaku atau kehendak kesadaran pemotor, adapun AHO sudah otomatis dipaksa oleh infrastruktur kendaraan dari pabrikan. Yup, keduanya keduanya bermuara pada hal yang sama, yakni menerapkan konsep terlihat dan melihat dari sisi nyalanya lampu.

Nah, dalam kasus di atas, CBR 150 lokal sudah dipasangi lampu otomatis nyala.

Vidio Polisi vs Tertilang Debat Lampu Mati atau Hidup Padahlah DRL

cekidot mas bro ;ink vidionya bisa dicopy di sini :

(https://web.facebook.com/DeDiAnIsNeLi/videos/2151096654955732/)

Bisakah Lampu DRL Mati?

Ya, kalau dah DRL, terus matiinnya gimana. Kan otomatis idup kalau mesin idup. ke4cuali dah dimodif pake saklar pm off, lain cerita. Nah dari sisi ini mungkin memang polisinya belum ngopi.

Di sisi lain, memang ada juga sih kemungkinan lampu mati, misalnya kabel agak rusak lalu ketika belok ke kiri-atau kanan lampu mati, nanti kalau lurus idup kembali. Jadi kabel yang sudah agak rusak, kalau ketarik, tidak nyala, kalau dibalikin posisi lurus normal lagi. Cuman ya kemungkinan ini kecil. Mustinya dicoba dulu oleh pak polisi setang digoyang-goyangin kiri kanan. Kalau memang mati, berarti kabel mungkin bermasalah.

Ya, di sini kembali ke pak polisinya sih orientasinya ingin mentilang, atau memberi masukan pada tertilang. Kalau kebanyakan yang James Bons alami, polisi justru ingin memberi masukan pada tertilang. Misalkan melanggar, dia kasih tahu seharusnya bla-bla, dan kalau bla-bla bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Dan terbukti melanggar. Barulah ditilang. nah kalau ini memang mengandung unsur debatable. Kalau ada vidio cctvmungkin baru keduanya legowo, aihihihihi.

Ya selebihnya kita kan gak berada di tkp jadi tak tahu kronologis detailnya sehingga susah juga menilai. Takitnya salah ambil kesimpulan.

Piye ini pak Kakorlantas?

7 thoughts on “Polisi vs Tertilang Debat Lampu Mati atau Hidup Padahlah DRL/AHO, Bijimana Hukumnya?

  • 16 Februari 2019 pada 07:59
    Permalink

    Pengendara salah dikit doang di tilang,giliran polisi salah banyak ngga mau di salahin,citra polisi makin jelek

    Balas
  • 16 Februari 2019 pada 10:59
    Permalink

    Sesuai judul aja si bpk belum ngopi, nurut aja bro user cbrk45, si bpk maunya lu sopan lemah lembut dan maaf pak piss (peaca) aja senyum manut siapin ijoan aman

    Balas
  • 16 Februari 2019 pada 11:04
    Permalink

    1 analisa plat nomermu jateng, kita plat B jadetabek saja kalau ke pantura kalau ada razia indra****&cire*** serta munti*** jateng ya pasti di berhentikan, wajar itu

    Balas
  • 16 Februari 2019 pada 11:42
    Permalink

    intinya pengen duid. adik gw jg pernah di kota tilang itu, semua normal dan standard, cuma anak FU kan undercowl di copot, di tilang karena undercowl kudu dipasang. yah begitu lah…

    Balas
  • 16 Februari 2019 pada 13:46
    Permalink

    bons, udah bener tuh definisi AHO sama DRL?

    Kalau dari definisi sampeyan gada bedanya AHO sama DRL, yaitu lampu utama sama sama menyala saat motor udah idup. alias podho..

    Padahal DRL itu cuma sebagai lampu kecil/ senja yang terus (otomatis) menyala selama kendaraan hidup tanpa harus menggeser/ menyalakan tuas lampu. Tujuannya agar kendaraan tetap bisa terlihat oleh pengendara lain tanpa harus menyalakan lampu utama. Itu kenapa lampu DRL menyala terang meski dimensinya lebih kecil dari lampu utama dan biasanya berjenis LED juga kebanyakan ada di mobil modern saat ini.

    http://kobayogas.com/2019/02/15/honda-cb650r-neo-sport-cafe-2019-indonesia-menurut-saya/

    Balas
  • 16 Februari 2019 pada 18:59
    Permalink

    Bukan masalah ngopi ato blm..itu polisi br ngejar setoran..paham mksd ane kan bro?

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: