Tips

Shock Belakang Matik 5 Tahun Rusak, Normal Atau Tidak? Cek Usia Pakai Shock

Shock Belakang Matik 5 Tahun Rusak

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah oborlan nih dalam portal otomotif terkait Shock Belakang Matik 5 Tahun Rusak. Sekalian juga kita share bagaimana tips mengatasi shock belakang rusak atau menjaga biar shock biar awet. Jadi berapa usia pakai Shock itu sebenarnya?

Keluhan Konsumen Terkait Shock Belakang Matik Di Atas 5 Tahun Rusak

Yup mas bro, sebuah keluhan terkati Shock Belakang Matik Di Atas 5 Tahun Rusak. Keluhan ini diposting oleh akun fbWijaya Sutanto‎ keGRUP DRIVER GOJEK SE JABODETABEK!!!! pada16 jam dengan statmen berikut

dulu pas awal motor MATIC mulai terkenal , yang saya tanyakan sama montir bengkel resmi : loh mas , itu motor matic skok belakang cuma 1 di kiri saja , itu apa kuat ??
si montir jawabnya : SUDAH DIHITUNG SAMA PABRIKAN …….
// jawaban ini saya dapat dari banyak montir di bengkel berbeda //

Sekarang , yah sudah ada 12 tahun ini …….. saya kan masuk grup ojol di mana mana , ……. lah saya amati kalau dreper komplen skok bocor lah , skok patah lah , skok begkok lah ( kebanyakan karna penumpang gemuk ) ……… kenapa selalu terjadi sama motor matic yang skok belakang cuma 1 di sisi kiri ??

saya malah nggak pernah blas liat orang post di grup ojol manapun yang komplen skok nya jebol tapi motornya manual & skok belakang 2 , padahal kan juga masih banyak dreper ojol yang make motor manual skok belakang 2

terus sampai dimana kebenaran : SUDAH DIHITUNG PABRIKAN tadi ??

Tanggapan Warganet atas Keluhan Konsumen Terkait Shock Belakang Matik 5 Tahun Rusak

Yup mas bro, keluhan ini ditanggapi berragam oleh warganet. Ada yang biasa aja, ada yang malah membully mas bro yang ngeluh ini. Karena menurutnya usia di atas 5 tahun ya wajar Shock bakal rusak, karena ini termasih fast moving. Berikut dianataranya komentarnya:

  • Muhammad Iqbal Kuncara Sidiq Eh ts pele, itu cs gemuk kaga masuk kategori penumpang matic. Udh seharusnya naek mobil. 1 cs gajah sama aja 2/3 cs biasa. Ngarti ora?
  • Muhammad Ridzal Wkwkwk.. Pabrikan g memperkirakan ente jadi ojol yg penumpang kadang badak kadang kambing ?
  • Surya Saputra Mau shock 5biji juga namanya barang dipake pasti bakal rusak mas wkwkw
  • Irfan Tryadi Ya jelas sudah di perhitungkan sama pabrikan..bukan sembarang itu desain nya..ada batasan max..max berat sama usia pakai.

Berapa Usia Shock Breaker Belakang Motor?

Nah mas bro, coba kita intip sebenarnya berapa tahun mustinya usia Shock brekaer?

Beberapa pengamat mengatakan bahwa usia shock belakang motor khususnya matik tergantung pemakaian dan medan yang sering dilalui. Kalau pemakaian wajar yah bisa bertahan 2-3 tahunan. Atau mungkin bisa 5 tahuan. Nah kalau dah usia di atas 5 tahun rusak, ya kebanyakan mengatakan itu wajar. Wong tiap hari harus bekerja ekstra keras meredam kejut.

Sementara itu Part Manager PT Tunas Dwipa Matra (Honda Lampung) Romy Endiko menyatakan bahwa usia pakai shock absorber atau shockbreaker pada pemakaian normal adalah tiga tahun untuk shock depan dan dua tahun untuk shock belakang. Jadi jelas ya mas bro?

Ciri-Ciri Shock Breaker Rusak

Secara umum fungsi dan cara kerja shock brekaer depan dan belakang memang ada kesamana, namun di beberapa bagian tertentu memang berda. Berikut ini beberapa ciri shock brekaer belakang Rusak.

  1. Monggo dirasakan dari ayunannya. Bila normal, ayunan balik atau rebound hanya 2 kali, Bila rusak, satau shockbreaker bocor, yang bekerja hanya pegasnya saja. Ayunan balik bisa lebih dari 2 kali. Montor mentul-mentul limbung.
  2. Dengan menggunakan feeling saat berkendara. Bisa dirasakan ayunan shockbreaker tiba-tiba jadi empuk dan mengayun, padahal sebelumnya terasa agak keras. Bisa jadi ini tandanya rusak.
  3. Ada leleran oli, atau shock kotor lantaran debu nempel paa leleran oli.
  4. Saat dicek dengan menekan body motor ke bawah, perhatikan shockbreakernya, jika kembalinya cepat itu artinya sudah “mati” atau rusak. Seharusnya kembalinya pelan. Ya nggak pelan banget, tapi juga gak langsung nendang cepet banget. Terlalu cepat berarti peredam kejutnya dah gak berfungsi. Ini berlaku juga untuk shock depan.

Tips Bikin Awet Shock Motor

Mas bro, shock itu bekerja ekstra keras, makaya harus kita rawat biar awet. Yup, kita kudu rajin membersihkan shockbreaker belakang. Lebih-lebih bagi bikers yang sering melakukan riding di trek penuh kotoran dan debu.

Nah, kalau dah rusak ya apalagi yang dilakukan kalau tidak ganti. Kalau shock depan ya bisa diservice, namun kalau shock belakang umumnya musti ganti.

7 komentar pada “Shock Belakang Matik 5 Tahun Rusak, Normal Atau Tidak? Cek Usia Pakai Shock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.