Penampakan Awan Unik di Atas Gunung Lawu, Kayak Ufo

Awan Unik di Atas Gunung Lawu

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, ada sebuah berita penampakan
Awan Unik di Atas Gunung Lawu. Yaitu sebuah penampakan yang terjadi usai kabar berita yang telah kita dengan semua, banjir besar melanda daerah Madiun, Ngawi, dan Ponorogo. Kejadian penampakan awan unik ini adalah pada Jumat (8/3/2019) sekitar pukul 5 sore. Seperti dalam foto di bawah ini, terlihat sebuah awan berwarna oranye yang berbentuk seperti membulat dengan sentuhan warna putih abu-abu menghiasi langit di sekitar Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jateng-Jatim ini.

Penampakan Awan Unik di Atas Gunung Lawu
Penampakan Awan Unik di Atas Gunung Lawu

Foto-foto Awan Unik di Atas Gunung Lawu

Yup mas bro, fenomena unik ini terjadi pada sore hari jelang matahari terbenam. Kiejadian sempat diabadikan oleh warga kemudian dishare ke sosial media. James Bons mendapatkan gambar ini viagroup keluarga di Magetan.

Berikut beberapa penampakan fotonya :

Vidio Awan Unik Gunung Lawu

Selain diabadikan dalam foto, ternyata awan unik berbentuk memusar layaknya angin puting beliung yang sedang bergerak ini juga diabadikan dalam bentuk vidio. Berikut ini mas bro,rekaman warga atas penampakan fenomena langit unik tepat di atas Gunung Lawu:

Penampakan awan Unik Gunung Lawu Adalah Awan Lenticuralis

Mas bro sekalian, penampakan awan unik ini memang bisa di lihat dari berbagai tempat di kisaran wilayah gunung lawu. Bisa dilihat dari Magetan, di sebelah timur gunung Lawu, ataupun juga dari barat, yaitu dari kabupaten Karangnyar. Makanya gambar dan vidio yang berkaitan dengan hal ini berkembang di grup Solo, group Magetan, dan sebagainya.

Akun fb ICha Kecil membagikan foto terkait kejadian ini ke
Grup Info Cegatan Solo dan Sekitarnya dengan statmen berikut :

“……. Pertanda apa ya Tuhanku. Jauhkanlah umat-umatmu dari bencana. Aamiin,”

Kemudian akun Fb Nur Aryani mengomentari bawa ini merupakan Lenticular Clouds atau biasa disebut Awan Lenticular.

“Awan Lenticular adalah awan yang biasanya berbentuk piring raksasa yang biasa ditemukan di dekat bukit atau pegunungan. Awan ini terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar seperti pegunungan yang akhirnya menimbulkan sebuah pusaran………….”

Lebih jauh mas bro, Infokom BMKG Semarang menyatakan bawha ini merupakan awan Lenticuralis, masuk dalam kategori awan menengah. Penampakan awan ini sering terjadi di daerah pegunungan.

Awan jnis ini memang bentuknya bisa bermacam-macam. Awan Lenticuralis itu bentuknya bisa berputar dan menyerupai UFO karena dipengaruhi oleh sirkulasi udara di daerah pegunungan.

1 Trackback / Pingback

  1. Puncak Rinjani Diselimuti Awan Lenticular Alias Topi Caping, Momok bagi Pilot dan Pendaki | Bonsaibiker

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.