Gonjang-ganjing Protes 4 Pabrikan Atas Spoiler Wing Ducati, Ditolak Lalu Banding

Protes 4 Pabrikan Atas Spoiler Wing Ducati

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, kabar dari dunia motoGp nih. Terkait kemengan Dovi di Losail Qatar, yang belakang menuai pro kontra. Ya, terjadi banyak gonjang-ganjing terkait kemenangan itu. Pertama Gonjang-ganjing Protes 4 Pabrikan Atas Spoiler Wing Ducati, Lalu gonjang-ganjing ternyata ditolak protesnya. Dan terkahir Gonjang-ganjing Banding yang telah dilakukan.

4 Pabrikan Protes Kemenangan Dovi

Mas bro sekalian, ramai news MotoGP beredar bahwa 4 tim pabrikan yaitu KTM, Honda, Aprilia dan Suzuki melakukan protes atas kemenangan Dovi di Race MotoGP Qatar ini. Protes ini tepatnya di sampaikan Kepada FIM MotoGP Steward Panel Oleh Empat pabrikan Aprilia Racing Team Gresini, Red Bull KTM Factory Racing, Repsol Honda Team dan Team Suzuki Ecstar. Protes meraka layangkan terkait motor Dovizioso yang dicurigai memakai komponen ilegal. Yakni yang berupa desain baru Swing Arm yang menurut Ducati berfungsi mendinginkan ban belakang, namun disinyalir mempunyai fungsi yang lebih dari sekedar pendingin ban. Yup mas bro, Swing Arm ini saat race motoGP Qatar dipakai Dovizioso dan Petrucci. Makanya, kalau protes diterima, kemenangan Dovizioso serta finishnya Petrucci tak bakal menghasilkan point.

Jadi ceritanya mas bro, awal protest ini sebenarnya berasal dari aprilia dan Suzuki. Hanyasaja Nota protes ternyata juga ditandatangani oleh KTM dan Honda.  Makanya kemudian 4 pabrikan dinyatakan menyampaikan nota protes. 4 pabrikan ini menganggap part yang dipakai pada swingarm Ducati ini adalah part aerodinamika yang Ilegal. Massimo Rivola dari Aprilia dan Davide Brivio dari Suzuki menyambangi MotoGP technical Director dan Direktur Ducati Corse Gigi Dall’Igna. Keduanya menyampaikan langsung Ke Gigi (Ducati), keduanya meyakini bahwa sayap pada swingarm tersebut merupakan Bagian dari Elemen Aerodinamika dan Bukan hanya sebuah Pengarah angin untuk mendinginkan Ban yang di Klaim Oleh Ducati.

Protes 4 Pabrikan Atas Spoiler Wing Ducati Ditolak

Usai protes dilakukan, kemudian dianalisa, maka MotoGP Steward panel menyatakan Secara Resmi Penolakan Protes Terhadap Spoiler Wing di swing arm Ducati GP19 tersebut.

Jadi menurut FIM MotoGP Steward Panel, dianulirnya protes ini berdasarkan analisa terkait Kehadiran Spoiler yang disinyalir memliki tujuan untuk mengendalikan temperatur karet Ban belakang ini secara teknis masih sesuai dengan book of Rules MotoGP.

4 Pabrikan Mengajukan banding

Setelah protes ditolak, 4 pabrikan ini kemudian melakukan banding dengan menghadirkan dokumentasi yang diperlukan mendukung protes ini. Yaitu terkait semua alasan untuk mendukung anganggapan bahwa deflektor ducati ini juga berfungsi untuk aerodinamika.

Sementara itu Komisioner dari FIM menyampaikan bahwa mereka sekarang tidak siap untuk mengambil keputusan usai banding dilayangkan Protes ini kemudiandian diarahkan ke pengadilan banding di Jenewa. Pastinya ini bakal melewati peradialn rumit. Dan sejauh ini belum ada deadline pasti terkait digelarnya prose peradilan terkait protes ini. Kemungkinan ya sebelum Seri kedua berlangsung di Argentina mas bro.

Kenapa Yamaha Tidak Ikutan Protes?

Sebuah pertanyaan muncul, kenapa Yamaha gak ikutan potest? Jadi mas bri, 3 Desmosedici GP19 yang ikutan raccem memang menggunakan Deflektor tersebut. Lalu protest resmi pun dilayangkan dan ditandatangani Oleh Aprilia, Suzuki, Honda dan KTM.

Nah, ternyata Yamaha Tidak menandatangani Nota protes ini lantaran Yamaha sendiri menggunakan deflektor ini. Hanyasaja boleh jadi fungsinya agak lain, yaitu untuk mengurangi jumlah air yang mengenai ban belakang saat  Hujan berlangsung.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.