Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah dan Mesin Lepas, Wajar Atau Tidak

Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, bahasan portal otomotif ni. Yuk kita diskusiin new an rumor yuk terkait sebuah fenomena pada motor matik. Ya, pagi ini ada sebuah kejadian kecelakaan di Jatim. Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah dan Mesin Lepas, nah yang kita diskusikan adalah fenomenanya ini, patahnya mesin atau bagian cvt itu termasuk Wajar Atau Tidak?

Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah
Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah

Kronologis Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah di Sidoarjo

Yup mas bro sekalian, kejadian Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah ini adalah di Sidoarjo pagi ini, Sabtu- 16-03-2018. Diposting oleh akun fb Jakfar pada 1 jam lalu dengan statmen berikut :

Kecelakaan terjadi di pabrik supranusa karyawan supranusa mau masuk ke pabrik di tabrak dari arah timur padahal sudah distop oleh pihak sekuriti pelaku malah gak bisa mengendalikan kendaraan…korban sudah dibawah ke rumah sakit


Matic Ditabrak Ninja dari Samping Ampek Terbelah Wajar atau Tidak

Yup mas bro, ternyata ini bukan kejadian yang pertama. Banyak sekali kejadian serupa, bahwa matik CVTnya ambyar, patah, atau terbelah ketika tabrakan, khsusunya ditabrak dari samping. Ini tidak menyangkut merk dan ukuran. Ya, ada matik Honda yang mengalaminya, matik Yamaha juga sama. Dan bahkan matik bongsor sekelas X-Maxpun juga mengalaminya. Simak di bawah ini!

CVT X-Max Patah dalam Tabrakan
CVT X-Max Patah dalam Tabrakan

Dari diskusi panjang di FB, memang banyak yang mengatakan bahw kejadian ini wajar. Ninja segitu gede, kemungkinan kenceng, nabrak matik lalu CVTnya ambyar dan mesinpun terbelah.

Di sisi lain, ya kita tahu bahwa CVT nampaknya memang berbahan besi cor-coran, atau babet, yang masih kalah kuat dengan besi. Bakanya saat terjadi benturan frontal bakal patah.

Beberapa warganet mengatakan ini tak wajar. Masak tabrakan begitu langsung patah. Lalu kelompok ini mengatakan bahwa pabrikan harus mengevaluasi bahan baku untuk komponen bagian ini agar tidak mudah patah.

Nah bagaimana menurut mas bro sekalian?

10 Comments

  1. Kenapa mudah patah karena kondisi mesin panas,besi yg panas mudah di bengkokan,apalagi di tubruk,itu menurut teori saya

  2. wajar saja, amati saja matic disekitar, selain bahan, desain sambungan jg ringkih, ditambah mesinnya ditanggung ban belakang jd berat, mungkin kalau nonmatic pas ditabrak dr samping dlm posisi tertentu ban belakang bisa mental muter kesamping krn ban belakang ringan, kalau matic ban belakang mengigit ke aspal krn berat mesin hasilnya sambungan yg kalah. pemakaian harian yg ektrim aja sambungan bisa geal geol minta service apalagi ditabrak dari samping, kalau pelan minimal pasti mleot, kalau kenceng yg patah.

  3. masih wajar,… Ninja nya lg test top speed GPS biar bisa pamer di blog2 dan vlog… Biker sport 250cc terutama Ninja mayoritas goblog mbah… ini di jalan depan perumahan lebar cuma 6m aja biker Ninja suka nya top speed diatas 80kph.

    Iyah Ninja… karena disini mayoritas yg ngebut itu sport 150cc dan 250cc. Dimulai dr Vixion, R15, dan CBR. Depan rumah gw aja pernah ada yg blayer R15 V3. Pas gw lg ngeluarin si Meking.

    • Jalan provinsi itu lebarnya juga “cuma” 6 meter,,
      Malah beberapa jalan provinsi ada yang 5 meter,, pas buat simpangan 2 bus @2,5 meter

      Wajar aja lebar jalan 6 meter buat 80kpj roy,,

      • ooo… pantes, orang2 kayak lu yg bilang wajar itu pada kebut2an. klo mati sendirian sih gpp yah…
        Jalan Provinsi mana yg lebarnya sampai 6 meter?

        Pengelompokkan Berdasarkan Fungsi

        –> Jalan Arteri – jalan umum yang berfungsi melayani angkutan utama untuk perjalanan jarak jauh, dengan kecepatan sekitar >60km/jam. Lebar badan jalannya mencapai >8m. Kapasitas jenis jalan ini cenderung lebih besar dari volume lalu lintas rata-rata. Jalan arteri tidak boleh terganggu oleh kegiatan lokal.
        –> Jalan Kolektor – jalan yang digunakan untuk melayani kendaraan dengan jarak perjalanan sedang dan berkecepatan >40km/jam. Lebar badan jalannya >7m, dengan kapasitas jalan lebih besar atau sama dengan volume lalu lintas rata-rata. Sama seperti jalan arteri, jalan kolektor juga tak boleh terganggu oleh kegiatan lokal.
        –> Jalan Lokal – jalan umum yang digunakan untuk melayani kendaraan dengan perjalanan jarak dekat dan berkecepatan >40km/jam. Lebar jalan mencapai >5m.
        –> Jalan Lingkungan – jalan umum yang digunakan untuk melayani kendaraan dengan perjalanan jarak dekat dan berkecepatan rendah.

  4. wajarlah..ntu kan sasis. nya paralon a.k.a besi tubular biasa..(sanitary pipe)..tebel brapa sih?.. paling cuma semili..belum konstruksi rangka monocoque, mesin=swing arm.. crumple zone.nya ya didaerah cvt, karena menggantung.. tersambung ke rangka sekaligus sebagai tumpuan suspensi dan as roda belakang..

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.