GPNews

Kabarnya Street Circuit Mandalika Bukan Berarti Sirkuit Jalan Raya Yang bebas laulalang

Street Circuit Mandalika Bukan Berarti Sirkuit Jalan Raya

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, obrolan rami seputar motoGP terus bergulir, terutama terkait perkembangan News terbaru. Yup, sebagaimana kita ketahui dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia bakal menjadi tuan rumah MotoGP dan World Super Bike. Yaitu mulai tahun 2021 hingga 2003 telah dikontrak oleh Dorna. Dan racenya sebagaimana kita ketahui adalah di Sirkuit Mandalika, Lombok. Nah kabarnya disini bakal menggunakan Street Circuit. Maka banyak yang bertanya kan nanitnya ribet kalau Street Circuit, alias gampang rusak aspalnya, lalu urusan safety dan sbagainya. Nah, belakangan ada kabar yang berhembus, bahwa Kabarnya Street Circuit Mandalika Bukan Berarti Sirkuit Jalan Raya. Tetep sirkuit permanen, hanyasaja konsepnya memang seperti jalan raya.

Street Circuit Mandalika Bukan Berarti Sirkuit Jalan Raya
Street Circuit Mandalika Bukan Berarti Sirkuit Jalan Raya

Ambigu Pemaknaan Street Circuit Mandalika di Indonesia

Yup mas bro, harus diakui bahwa belakangan banyak diskusi terkait sirkuit ini, dan kemudian banyak yang beranggapan bahwa istilah street circuit yaitu menggunakan jalan raya atau jalan umum yang disekat untuk balapan.

Anggapan orang terhadap hal ini setidaknya merujuk pda kosep balapan jalanan yang di bawa oleh balapan Formula 1 yang benar-benar menggunakan jalan yang disulap untuk balapana. Misalnya sirkuit di Malbourne, Australia dan Monaco GP. Ataupun juga dulu yang digunakan di Singapuran.

Kemudian mas bro, banyak juga yang mengira bahwa balapan yang diadakan nantinya bakal mirip-mirip dengan road race yang sudah lama ada di Indonesia.

Satu hal yang perlu dicermati adalah, Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer dikutip dari Sportfair, Jumat (22/2/2019) lalu mengatakan bahwa pagelaran MotoGP Indonesia 2021 akan berbeda dengan Singapura dan Monako Demikian statmennya :

“Sirkuit jalan akan dibangun dari nol, tidak seperti trek di Singapura dan Monako. Ketika tidak sedang balapan, itu akan digunakan sebagai jalan raya biasa di daerah tersebut.”

Di sisi lain ada sebuah fakta bahwa Dorna selalu menerpakan tingkat keamanan sirkuit yang tinggi. Jadi Konsep Street Circuit Sirkuit Mandalika Indonesia apa iya bisa dipake sebagai jalan biasa ketika gak digunakan latihan?

Nah, dalm pembicaraan ini, ada sebuah pendapat yang berkembang begitu kuat bahwa yang dimaksud street circuit adalah membangun sirkuit yang berada di dalam kota. Yaitu sirkuit di Mandalika Resort, Lombok. Dimana semua fasilitas yang ada baik itu hotel, rumah sakit dan sebagainya akan berada dalam area yang sama seperti di jalanan atau seperti di dalam sebuah kota. Makanya disebut srikuit jalanan, padahal sebenarnya ya sirkuit paten.

Pendapat ini kalau ditelisik ada benarnya, boro-boro menggunakan jalanan umum yang diberi pagar besi seperti Formula 1 untik di Mandalika, lha wong sirkuit Argentina saja ditolak karena memiliki run off area yang kecil, padahal sirkuit permanen lho mas bro.

Mungkinkah Sirkuit Mandalika itu Tetap Sirkuit Permanen?

Nah mas bro, dari kabar ini, bisa disimpulkan bahwa mungkin, Sirkuit Mandalika, Lombok nanti tetaplah sirkuit permanen. Jadi semua settingannya memang settingan sirkuit yang aga graffelnya, pagernya dan sebagainya uang sudah terdapat semua run off area-nya. Namun mas bro, sirkuit ini dibangun di tengah kota. Dikonsep seperti layaknya jalanan biasa makanya dibilang street circuit. Jadi letak jalanannya, adalah bahwa ini mirip dengan F1. Nantinya balapan bisa dilihat dari hotel terdekat. Tentu lain dari sirkuit lain yang harus masuk area baru bisa liat balapan.

Namun mas bro, ada juga kemungkinan bahwa sirkuit ini benar-benar bisa dibuka menjadi jalan umum, seperti yang disampaikan
Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer. Ini tentu bila juga dipersilahkan oleh Dorna dan FIM. Pastinya ketika ada event, lalu digunakan untuk kompetisi, sirkuit tetap memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Ya itu baru elentingan kabar, gimana menurut mas bro sekalian?

30 komentar pada “Kabarnya Street Circuit Mandalika Bukan Berarti Sirkuit Jalan Raya Yang bebas laulalang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.