Apa Untung Ruginya Beli Si Kembar Siam Livina vs Xpander?

Livina vs Xpander

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, obrolan seputar Mobil, khususnya komparasi mobil. Yang kita komparasiin adalah Livina vs Xpander. Jadi ceritanya ada sebuah pertanyaan yang meluncur dari pemerhati warung bonsai ini, yaitu Apa Untung Ruginya Beli Si Kembar Siam Livina vs Xpander? Keduanya berbody sama, bermesin sama, hanya beberapa sentuhan kecil yang membuatnya beda. Ada yang bilang ibarat Mitsubishi dilabeli Nissan. Jadilah Livina ala Xpander, atau bahkan ada yang menyebutnya LIVINDER.

Kenapa Bisa Muncur Livina Rasa Xpander?

Mas bro sekalian, flash back nih. Dulu sekitar tahun 2016, Nissan dikabarkan telah membeli 34 persen saham Mitsubishi senilai 237 miliyar yen atau setara Rp 28,99 triliun. Pembelian ini konon dianggap sebagai bentuk penyelamatan terhadap krisis dan kelangsungan hidup Mitsubishi. Perusahaan ini dulu dikabarkan diambang bangkrut, setelah terkuaknya skandal kecurangan uji emisi.

Waktu itu ramai dipeerdebatkan apakah hal ini akan berdampak pada kedua pabrikan di Indonsia? Irwan Kuncoro, Operating GM Manager MMC Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) ketika itu menyampaikan bahwa sejauh in kesepakatan itu belum ada pengaruhnya ke Indonesia. Mungkin nantinya ada. Makanya menurutnya Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia bakal kasih info terkait hal ini.

Nah mas bro, pertanyaan kemudian muncul, berarti akan terjadi merger atau kolaborasi 2 perusahaan ini, layaknya Daihatsu dan Toyota yang melahirkan Avanza Xenia. Nah maka orang bertanya jika kolaborasi itu sudah berjalan, apakah Nissan-Mitsubishi di Indonesia bisa menghasilkan produk bersama? Waktu itu memang belum tahu juga, belum ada jawaban.

Namun sekarang jawaban itu ada. Strategi jualan ala Avnza-Xenia kini terjadi pada Nissan-Mitsubishi. Toyota yang membeli saham Daihatsu lalu membuat produk di Daihatsu, lalu dilabeli dengan 2 merk, yaitu Toyota Avanza dan Daihtasu Xenia. Makanya kedua mobil ini bak pinang dibelah 2. Demikian juga nampaknya pada Agya dan Ayla.

Nah, sekarang strategi model itu terjadi pada Nissan dan Mitsubishi. Xpander ternyata mempunyai kembaran di Nissan, yaitu All New Livina 2019. Yang bak pinang dibelah dua, jika disandingkan dengan Xpander.

Berapa perbedaan dan kesamaan Livina 2019 vs Xpander?

Banyak ulasan komparasi antara Livina vs Xpander ini. Dan rata-rata memang mengatakan bahwa ini memang bak pinang dibelah 2. Hanya beberapa tampilan luar yang nampak beda terutma dari depan.

Interior dan Fitur Livina 2019 vs Xpander

Simak ini komparasi interiornya mas bro!

Interior Livina vs Xpander
Interior Livina vs Xpander

Interior 2 mobil ini ya sama, yang atas adalah Mitsubishi Xpander yang menampilkan kursi berbalut kulit, dengan head unit layar sentuh 7-inci, yang didukung Apple CarPlay dan Android Auto, MID dengan eco indicator.

Yang bawah adalah Nissan Grand Livina 2019 yang dibekali dengan fitur hill start assist, traction control, vehicle dynamic control, serta fitur keselamatan seperti dual SRS airbag, safety belt 3P ELR 7 pcs, auto hazard light on emergency braking. Kemudian masih juga ditambah parking sensor dan kamera belakang. Aapaun sistem pengeremannya dilengkapi ABS dengan EBD untuk tipe E MT, EL MT, dan EL AT, serta tambahan BA untuk tipe VE AT dan VL AT. Langkap sudah.

Sementara itu Xpander juga menggunakan fitur keren, yaitu mulai dari keyless operating system, layar infotainment dengan beragam konektivitas dan DVD player, AC di baris belakang, LED position lamp, coming home light, immobilizer. Masih ditambah lagi rem ABS, kendali traksi dan kestabilan, hill start assist, dan dual SRS airbags. Manteb juga kan.

Komparasi Harga Livina 2019 vs Xpander

Perlu diketahui bahwa terdapat 5 varian yang ditawarkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Yang terenda harga mulai Rp 198,8 juta. Harga ini bisa kita lihat lebih murah ketimbang Xpander, Rp 206,1 juta. Adapun varian teratas Livina Rp 261,9 juta, lebih mahal dari Xpander Rp 260,9 juta.

Wajah keduanya memang tak jauh berbeda. Tapi Livina masih tak menanggalkan grill V-Motion khas Nissan dan lampu depan dual LED berbentuk bumerang, serta day time running light (DRL) LED dan fog lamp.

Mesin Livina dan Xpander

Dua mobil ini menggunakan jantung pacu, mesin berkapasitas 1.499cc dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. Poernya 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Ada yang beda terkait Fitur Xpander vs Livina

Mitsubishi Xpander varian tertinggi telah dilengkapi dengan Cruise Control. Saat di jalan bebas hambatan fitur ini sangat membantu. Nah di Nissan Livina baru tak memiliki fitur ini.

Apa Alasan Pilih Xpander atau Pilih Livina 2019?

Kalau ditanya gitu ya bingung juga kali ya, apa alasan pilih Xenia atau avanza kan jelas beda harga, beda kubikasi. Tapi yang ino harga mirip, kubikasi mesin mirip, fitur mirip, hanya brand yang beda. So, ya gimana menurut ma bro sekalian, Akankah Livina 2019 sukses seperti Xpander?

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.