Edukasi Berkendara

Matik Rem Blong di Turunan Gununglawu Karanganyar, 1 MD, Seberapa Bahayakah Matik Di Gunung?

Matik Rem Blong di Turunan Gununglawu Karanganyar

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, seubah kabar obrolan portal otomotif terkait kecelakaan motor yang datang dari lereng gunung lawu di Karanganyar Jawa Tengah. Sebuah motor Honda Vario AD – 2331- AJE dari arah Sukuh menuju pertigaan Nglorok mengalami kecelakaan tepatnya di depan Hotel Citra Indah karena diduga rem blong. Motor matik ini tidak bisa dikendalikan dan menabrak tembok depan Hotel Citra Indah. Akibatnya satu pengendara Meninggal dunia di TKP sementara 2 lainnya dibawa ke rumah sakit.

Matik Rem Blong di Turunan Gununglawu Karanganyar
Matik Rem Blong di Turunan Gununglawu Karanganyar

‎Kejadian ini dishare oleh akun fbEcho Berdikari‎ ke INFO WARGA KARANGANYAR pada 4 jam lalu sebagai beikur :

Kejadian Laka tunggal di Pertigaan Nglorog Ngargoyoso
pada : 
Hari : Rabu
Tanggal : 27 Maret 2019
Pukul : 12.00 WIB
Pada saat itu Kedua korban yang mengendarai SPM Honda Vario AD – 2331- AJE dari arah Sukuh menuju pertigaan nglorok tepatnya di depan Hotel Citra Indah karena diduga rem blong, SPM tidak bisa dikendalikan dan menabrak tembok depan Hotel Citra Indah.
Korban yang MD : luka parah pada kepala , sedangkan dua orang dirujuk ke Rumah sakit jengglong Karanganyar .
Korban MD : 
1. AGUNG PRASOJO 45 th,Plumbungan indah rt27/RW 08 ke malang Sragen
2 . Juliana , 37 the ,Kristen Al sda
3 . 2 anak korban sementara dalam perawatan.di RS jengglong.
( Kronologis kejadian POLSEK NGARGOYOSO )

Sumber : Rendan

Seberapa Bahayanya Matik di Turunan Tajam dan Panjang

Mas bro, dalam catatan James Bon terkait sejarah kejadian kecelakaan yang melibatkan matik, apapun merknya dan apapun typenya memang punya catatan tersendiri dalam menghadapi turunan tajam dan panjang. Hal ini sering terjadi seperti di Bromo, Gunung lawu dan sebagainya.

Dalam artikel lalu James Bons telah tulis terkait ngerinya jalanan pegunungan buat matik, Berikut artikelnya :

Benarkah Bromo Neraka Bagi Motor Matik?

Dalam catatan lain, ada juga kejadian di Bali terkait motor matik yang bablas di turunan ini. Kejadian ini pada 2018 lalu dihare oleh akun Yudi Trisna25 Desember 2018 lalu sebagai berikut :

Saya sangat tidak menyarankan kalo mau ke SINGARAJA lewat jalan Selat – Asah gobleg. Kalau ke denpasar / jalur menanjak masih bisa.
Baru saja terjadi kecelakaan tamu (INDIA) 4 org (sekeluarga) 3 org meninggal dan 1 org kritis karena tidak tahu medan jalan lewat Hutan selat.. Diduga motor yg dikendarai keluarga tsb mengalami rem blong. Untung saja ad org yg lewat dan menoleh ke sisi barat hutan dan mendapati 1 keluarga tsb..semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi.. 
Mohon tetap berhati2 semeton ?

kecelakaan matik di gunung wilayah Bali
kecelakaan matik di gunung wilayah Bali

Yup mas bro, memang ketika mengendarai motor matik, harus memperhatikan kekuatan pengereman saat menghadapi turunan panjang dan tajam di daerah pegunungan. Motor matik tak bisa melakukan engine brake, sehingga praktis pengereman dibebankan pada rem depan dan belakang saja. Mesin tak bisa bantu mengontor lalu motor.

Nah hal yang demikian memang tak jarang jadi pemicu kecelakaan motor matik di daerah pegunungan. Rem akan cepat panas, akirnya justru ngelock atau malah blong dan menyababkan kecelakaan.

Beberapa brader memang menyarankan jangan terus bejek rem depan belakang tanpa istirahat saat make matik di turunan panjang dan tajam. Rem setidaknya genitan depan dan belakang. Dan bila panas, ya mending istirahat dulu.

5 komentar pada “Matik Rem Blong di Turunan Gununglawu Karanganyar, 1 MD, Seberapa Bahayakah Matik Di Gunung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.