Beat

Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat Karbu 110

Bonsaibiker.com – Mas Bro kita bahas Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu. Ya, motor ini kan dah mayan lama lho, sejak 2008, tapi sampai kini masih laris aja. Ya, pada Oktober 2012, Astra Honda Motor mempensiunkan Beat karbu, Honda Beat diganti dengan PGM-FI dengan tampilan baru. Nah barangkali mas bro sekalian ingin berburu bekasnya monggo simak yang berikut, Kelebihan dan kekurangan Beat Karbu!

Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu
Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu

Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu

Secara tabel Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu bisa kita simak berikut:

No.Kelebihan Honda Beat KarbuKekurangan Honda Beat karbu
 1.Gesit dan IritSuara Blethakgh saat distarter
 2.Headlamp Modern dan TerangUkuran Bagasi Kecil
 3.Harga jual kembali sangat stabilKapasitas Tangki BBM Kecil
 4.Akselerasi Responsif dan CepatPijakan Kaki Belakang Hanya Satu Titik
 5.Perawatan Mesin Mudah dan MurahJok dirasa kurang empuk
 6.Mudah dimodifMudah Dicolong Maling
 7.BBM Cukup Pake PremiumBagi Yang bepostur 175 ke atas, Dimensi motor terlalu kecil
 8.Handling NyamanKadang pagi susah bangun

Kelebihan Honda Beat Karbu

Mas bro, topik bahasan Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu ini kita pretelin yuk dari sisi kelebihannya:

  • Gesit dan Irit. Banyak yang bilang motor ini cukup irit, karena mesin kecil hanya 110 cc, lalu body kecil sehingga mudah dikendarai dan irit,
  • Headlamp Modern dan Terang. Kalau dibanding motor lama, memang Honda BeAT Karburator ini punya headlamp atau lampu utama yang modern. Sehingga mampu memberikan pencahayaan yang lebih berkualitas dan terangm jadi enak pas riding malam.
  • Harga jual kembali sangat stabil. Jadi di antara pesaingnya, beat paling tinggi niali harga jualnya.
  • Akselerasi Responsif dan Cepat. Mesin cukup kecil mas bro, akselerasinya mayan cepat. Akselerasi bisa dirasakan tanpa harus menunggu putaran atas terlebih dahulu, atau bisa dikatakan spontan.
  • Perawatan Mesin Mudah dan Murah, spare part bejibun dari KW ampek ori. Jadi kalau mau merawat tidak perlu membutuhkan alat khusus seperti injeksi. Bisa diservice di bengkel pinggir jalan atau bahkan bengkel resmi.
  • Mudah dimodif, baik sektor body atau performa mesin. Jadi dengan Istilah bengkel bisa dikatakan bahwa Honda BeAT Karburator mudah dioprek. Mau updgrade mesin bisa dengan mudah hanya dengan mengganti beberapa komponen atau part saja sehingga kapasitas mesinnya lebih besar dan tenaga yang dihasilkan pun lebih bertenaga. Modif body juga gampang.
  • BBM Cukup Pake Premium. Jadi mesin gak bakal menggelitik.
  • Handling Nyaman. Jadi ini lantaran suspensi yang berkualitas pada bagian depan dan belakang.

Kekurangan Honda BeAT Karbu

Selanjutnya, dalam topik Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu ini yuk kita preteli masalah kekurangnnya:

  • Suara Blethakgh saat distarter. Ini terkadang sampai kaget, lantaran bunyinya cukup keras. Dalae edisi selatnjutnya, suara ini sudah tidak ada lagi.
  • Ukuran Bagasi Kecil. Secara desain keiritan dan kelincahan memang ini mendukug. Lebih kecil lebih enteng, lebih lincah. Tapi dikeluhkan oleh sebagain orang. Padahal model bagas U-boxnya dah mayan.
  • Kapasitas Tangki BBM Kecil. Jadi mas bro sekalian harus rajin mampir SPBU. Tankinya hanya bisa menampung kurang lebih 3,5 liter.
  • Pijakan Kaki Belakang Hanya Satu Titik saja sehingga bagi yang pingin lebih ya harus modif sendiri. Ini tentu beda dengan kompatitor, yakni, Yamaha Mio yang memberikan 2 pilihan posisi pijakan kaki.
  • Jok dirasa kurang empuk untuk boncengan, Ini memang al honda Tiger revo mas bro, agak keras.
  • Mudah Dicolong Maling.Halini terjadi lantaran motor ini laris manis di pasaran, sehingga banyak maling yang ninger untuk dijual baik utuh motor bodong, maupun dipretelin dijual spare part.
  • Bagi Yang bepostur 175 ke atas, Dimensi motor terlalu kecil. Ya, bai anda yang misal berpostur 180, ketika naik motor ini maka dengkul bakal mepet ke setang,dimensinya terlalu kecil mas bro. Kalu ukuran tubuh 160-175 ya pas ini motor.
  • Kadang pagi susah bangun. Ya, rata-rata motor karbu memang penyakitnya adalah kalau pagi susah bangun terkadang. Jadi mas bro, misalkan dalam kondisi udara dingin, karburator kesulitan dalam mencampurkan bensin dan udara. Jadi sistem penyemprotan bahan bakar full mekanis tersebut memang rentan dengan perubahan cuaca. Maka kita harus noel choke yang ada di bawah setang sebelah kiri, ada pula yang berada di dekat karburator.

Spesifikasi Honda Beat Karbu

PointSpec
Mesin4 langkah, SOHC berpendingin udara dengan kipas, silinder tunggal mendatar 108cc
Sistem bahan bakarKarburator
Diameter × langkah50 × 55 mm
Kompresi9,2:1
Power maksi8,22 PS / 8000 rpm
Torsi maks0,85 kgf.m / 5500 rpm
KoplingOtomatis, sentrifugal, kering
TransmisiOtomatis, V-belt
Tanki3,5 liter
Oli Mesin0,7 liter
PLT185,9 × 67,6 × 105,3 cm
sumbu roda124 cm
Jarak terendah ke tanah15,6 mm
Berat89,3 kg
RangkaPipa, underbone
Front SuspTeleskopik
Rear SuspLengan ayun dengan peredam kejut tunggal
Front Tire80/90-14 40P
Rear Tire90/90-14 46P
Front BrakeCakram hidrolik, piston tunggal
Rear BrakeTromol
PengapianDC-CDI
AccuMF 12V-3,5Ah
BusiNGK CPR8EA-9 / ND U24EPR9
StarterElektrik dan kick starter

Perkiraan Biaya Servis Honda Beat Karbu

Busi : Rp. 20 Rb.
Vakum karburator: Rp. 88 Rb.
Oli mesin : Rp. 39 Rb.
V-Belt : Rp. 130 Rb.
Roller : Rp. 56 Rb.
Oli gardan. Rp. 17 Rb.
Filter udara. Rp. 52 Rb.

Kisaran harga Beat Karbu Bekas

HondaTahunHarga
Beat karbu20084 Juta
Beat karbu20095 Juta
Beat karbu Fclft20106 Juta
Beat karbu Fclft20117 Juta
Beat karbu Fclft20128 Juta

Update harga terbaru : KLIK SINI

beat-karbu-2008
beat-karbu-2008

Terkait bahasan harga Beat Karbu ini silakan simak artikel berikut:

7 Alasan Kenapa Beat karbu Mahal, Yuk Simak

Yang Debatable dari Beat Karbu

Satu hal yang debatabale dalam pembahasan Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu ini adalah bahwa motor ini dibilang empuk shocknya dan nyaman, namun di sisi lain dibilang peredam kejutnya kasar, masih terasa getarannya.

Kalau menurut James Bons ya perkaranya Beat mengejar lincah, jadi shocknya kalau untuk sekelasnya mayan empuk, hanyasaja demi mengejar lincahnya ya, dikondisikan sedemikian ruap bahwa motor ini rada agresif, makanya kalau dibanding Vario ya kalah nyaman wong beda kelas.

Sejarah Honda Beat di Indonesia

Honda Beat merupakan bagian dari rangkaian panjang sejarah motor matik di Indonesia. Pabrikaannya yakni Honda sepertinya memang menjawab keinginan konsumen sekaligus mengikuti perkembangan jaman. Makanya dari tahun ke tahun Beat mengalami evolusi yang tak hanya merubah tampilan, tapi juga merubah sektor mesin dan ftur yang semakin canggih. Nah berikut ini bisa disimak perjalanan Beat dari waktu ke waktu.

1. Honda Beat Gen 1, Tahun 2008 – 2010, Beat Karbu

Kelahiran Honda BeAT di tanha air adalah meu tidak mau merupakan pesaing Yamaha Mio. Waktu itu mio menjadi pionir dan merajai segmen skuter matik tanah ari. BeAT lahir dengan desain yang sangat ramping, mesinnya SOHC 2-katup. Mesinnya mengandalkan kubikasi sebesar 108cc lalu menggunakan sistem pengkabutan masih karburator. Makanya disebut dengan Beat Karbu.

2. Honda Beat Gen 2, Tahun 2010 – 2012, Masih Beat karbu

Honda melakukan facelift pada produknya ini di bulan Januari 2010. Yakni dengan penyegaran warna dan striping. Kemudian juga sepatbor depan dipasang di atas layaknya skutik pada umumnya. Yup mas bro, pasalnya Honda Beat gen 1, posisi sepatbor menempel roda seperti motor sport. Minor Change.

3. Honda Beat Gen 3, Tahun 2012 – 2014, All New Honda BeAT PGM-FI

Honda kemudian merluncurkan Beat Gen 3, di tahun 2012. Motor ini penampakannya agak ‘gemuk’ agar bagasi lebih besar. Update dilakukan pada penggunaan mesin baru pada generasi ini. Sementara pengkabutan bahan bakar menggunakan sistim injeksi, atau dalam istilah Honda adalah PGM-FI.  Kalaim Honda, konsumsi bahan bakarnya pun diklaim 30% lebih irit ketimbang yang karbu.

4. Honda Beat Gen 4, Tahun 2014 – 2016, All New Honda BeAT eSP

Selanjutnya Beat hadir dengan mesin baru. Ciri khas suara starter ‘Bletak’ kini hilang berkat ACG starter.  Mesin baru yang disematkan berteknologi Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi ini mengandung offset cylinder, roller rocker arm hingga Idling Stop System (ISS).

5. Honda Beat Gen 5, Tahun 2014 – 2019, All New Honda BeAT POP eSP

Saat honda meluncurkan All New Honda BeAT eSP , ternyata di tahun yang sama juga meluncur All New Honda BeAT POP eSP. Bedanya adalah Tampilannya lebih imut, dengan garis bodi menggembung. Spesifikasi teknisnya sama saja.

6. Honda Beat Gen 6, Tahun 2016 – 2019, All New Honda BeAT Street

Honda nampaknya melayani tantangan Yamaha bermain di segmen Skutik becek, yang bisa main di jalan becek. Yakni Yamah punya X ride, maka honda meluncurkan All New Honda BeAT Street. Skutik ini setangnya terbuka tanpa cover mirip motor sport. Spidometernya berubah, bentuknya kotak full digital tanpa panel analog. Sedang warnanya hanya ada dua pilihan hitam dof dan putih.

7. Honda Beat Gen 7, Tahun 2016 – 2019, All New honda Beat eSAF

Pada awal 2020, Honda meluncurkan Beat generasi ke 7. Yakni Beat eSAF. Terjadi perubahan menyeluruh pada Beat. Rangka yang diubah pakai teknologi eSAF, hingga mesin baru. Rangka eSAF memangkas bobot adi lebih ringan 4 kg.

Jantung mekanis baru Beat eSAF menggunakan kapasitas yang sedikit lebih besar. Kubikasinya mencapai 109,5 cc dengan tenaga maksimal 9 PS  pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Beat Karbu Modif

Mas bro sekalian, kita bisa melihat Beat Karbu ini dimodif menjadi beberapa model, mulai dari model thailook, model ban cacing, dan sebagainya. Hal ini bisa kita lihat dalam artikel berikut ini :

5 Model Beat Karbu Modif Simpel Keren

Daftar Pajak Beat Karbu

Besaran pajaknya bisa disimak berikut :

daftar-pajak-honda-beat-baru
daftar-pajak-honda-beat-baru

Selengkapnya tentang pajak Honda beat bisa disimak pada artikel berikut ini:

Daftar Pajak Honda Beat Update Terbaru 2020

Selengkapnya tentang Beat 2020 bisa disimak di beberapa artikl berikut :

Sekian bahasan Kelebihan dan kekurangan Honda Beat Karbu di blog bonsaibiker ini, semoga bermanfaat.

2 komentar pada “Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat Karbu 110

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.