Ini Mekanisme Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online Terbaru 2019

Ini Mekanisme Cara Bayar Pajak Kendaraan

By Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, saat ini teknologi sudah semakin canggih gan. Apa aja sekarang  bias diurus secara online. Gak terkecuali dengan bayar pajak ni gan. Sekarang masyarakat Indonesia yang punya kendaraan bermotor dipermudah dalam mengurus pembayaran pajak tahunan. Karena kini fasilitias e-samsat sudah terintegrasi dan dapat dimanfaatkan para pemilik kendaraan mobil maupun motor. Jadi gak perlu lagi datang ke kantor Samsat dengan mengantri ria gan.

Samsat Online Nasional (e-Samsat)
Samsat Online Nasional (e-Samsat)

Yup gan, seperti yang dilansir dalam KOMPAS.com bahwa wacana ini dijelaskan oleh Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irejen Pol Refdi Andri bahwa masyarakat yang menggunakan layanan ini akan dibuat lebih praktis ketika membayar pajak kendaraan. Sebab, tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat di wilayah masing-masing. Jadi prosesnya ini dibuat mudah agar masyarakat mau beralih menggunakan e-samsat yang sudah bisa diakses secara nasional ini.

Mekanisme Bayar Pajak Secara Online

Nah berikut ini mekanisme bayar pajak secara online gan:

 – Mengisi data pada aplikasi Samsat Online Nasional : Data yang diisi seperti NRKB (no.registrasi), NIK (KTP), No. Rangka Kendaraan, Nomor Telepon, sampai alamat email gan.

 – Sistem Memverifikasi Data : Apabila data dianggap valid, maka akan tampil data pemilik kendaraan tersebut gan.

 – Hasil Penetapan Pajak : Secara otomatis akan keluar besaran pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan tersebut gan.

Mendapatkan Notifikasi : Pemohon akan mendapatkan notifikasi secara elektronik dan kode pembayaran atau rincian pembayaran pajak. Berlaku selama 2 jam, jika tidak melakukan pembayaran maka sistem akan tertutup tagihan tersebut tidak akan berlaku lagi gan.

 – Pembayaran : Wajib pajak itu melakukan pembayaran melalui ATM atau di Bank terdekat (Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, Permata, BCA, CIMB Niaga dan lain-lain), atau bisa juga melalui internet banking. Pembayaran disesuaikan dengan jumlah yang tertera pada notifikasi sebelumnya gan.

 – Bukti Pembayaran : Setelah selesai melakukan pembayaran, maka pemohon tersebut akan mendapatkan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak melalui email. Bukti tersebut berlaku selama 30 hari, terhitung sejak hari pertama dikirim gan.

Pengiriman Stiker : Pengesahan Selanjutnya, stiker pengesahan akan dikirim ke pemilik mobil yang sesuai dengan alamat yang tertera di STNK.

 Nah gan, menurut Kakorlantas aplikasi tersebut juga sudah bisa diunduh oleh pengguna ponsel berbasis android atau iPhone gan.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.