Zupiter Z Robot Di Mata Pembalap, Edisi Sejarah Klan Yamaha Jupiter

Sejarah Klan Yamaha Jupiter

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sedikit obrolan terkait Motor Yamaha Jupiter Z nih, dari masa ke masa, khususnya terkait Zupiter Z Robot Di Mata Pembalap dan Edisi Sejarah Klan Yamaha Jupiter. Yup mas bro, beberapa orang nanya, sebenarnya Jupiter Z Robot itu ya mana? Bagaimana bila dimodif balap? Ya, menjawab pertanyaan ini, pertama kita ulas dulu sejarah Jupiter ini.

Sejarah Klan Yamaha Jupiter; Jutpiter Robot
Sejarah Klan Yamaha Jupiter; Jutpiter Robot

Sejarah Yamaha Jupiter

Oceh mas bro, Yamaha Jupiter sendiri sebenarnya telah mengalamai penyegaran beberapa kali sejak kemunculannya. Mulai generasi 1 hingga generasi ke 5. Berikut selengkapnya :

Yamaha Jupiter Generasi 1 tahun 2000 – 2003

Jupiter Geberasi Awal lahir di tahun 2000. Kalau tidak salah belum ada embel-embel Z nya, baru pada tahun 2003 ada Z di belakangnya. Berikut ini Sepknya :

  • Mesin Model 5LMTipe mesin : 4 Langkah, SOHC berpendingin udara volumenya 102 cc.
  • Silinder : Tunggal, 10º terhadap Horisontal
  • Kapasitas silinder : 101.8 ccBore x Stroke : 49 x 54 mm
  • Daya maksimum 8.3 PS/8000 RPM
  • Torsi maksimum 0.87 Kgm/6500 RPM

Yamaha Jupiter Z Generasi 2 tahun 2003 – 2006

Yamaha Jupiter Z Generasi 2 tahun  2003 – 2006
Yamaha Jupiter Z Generasi 2 tahun 2003 – 2006

Motor ini mengalami facelift di tahun 2003 dengan mengadopsi teknologi pendinginan piston ala Yamaha YZF-R1 yang disebut piston cooler. Jadi dengan teknologi ini pendingin piston bekerja dengan system injeksi yang menyemprotkan oli ke piston agar suhunya tetap ideal.

Motor ini kemudian diberi embel-embel z dan dikenal dengan Jupiter Z. Berikut beberapa ubahan lain :

  • Motor ini juga mengalami perubahan pada roda gear dan lebar pompa lebih besar.
  • Sistem piston cooler lebih sempurna dibantu terpaan angin membuat suhu mesin turun hingga 20 persen. Dengan demikian gesekan piston di liner silinder lebih lancar. Sementara itu suara mesin bisa lebih halus. Maka bearing kruk as, connecting rod, dan pin pistonpun kemudian bakal lebih awet. Inimeminimalisir Risiko piston macet atau dinding liner silinder tergores.

Jupiter Z lahir dalam 2 varian yang berbeda yaitu, tipe spoke wheel (velg jari-jari) dan tipe cast wheel (velg palang/racing).

Yamaha Jupiter Z Generasi 3 Tahun 2006 – 2009, Jupiter Burhan

Yamaha Jupiter Z  Generasi 3 Tahun 2006 – 2009
Yamaha Jupiter Z Generasi 3 Tahun 2006 – 2009

Untuk Generasi ketiga Yamaha Jupiter Z ini, sering orang kenal dengan Jupiter Burhan (burung hantu). yup, memang headlamp depanmirip mata burung hantu. Motor ini punya tampilan yang bagus dengan performa mesin yang baik dan handling yang mudah dikendarai. Makanya digandrungi para pemuda.

Hadi dengan kubikasi tetap 110 CC dan tetap dipertahankan sampai tahun 2009. Motor ini hadir dengan mesin lebih halus, lebih irit dan memiliki power yang panjang di trek lurus. Makanya banyak diincar para pembalap.

Yamaha Jupiter Z Generasi 4 Tahun 2010 – 2012, Jupiter Robot

Yamaha Jupiter Z  Generasi 3 Tahun 2006 – 2009 Jupiter Robot
Yamaha Jupiter Z Generasi 3 Tahun 2006 – 2009 Jupiter Robot

Yamaha Jupiter Z Generasi 4 Tahun 2010 – 2012, Jupiter Robot ini hadir dengan mesin desain baru yamaha berkubikasi 115 cc. Perbedaan generasi Jupiter Z dengan New Jupiter Z ada pada tiga konsep yang cukup mencolok yitu.

  • Desain body berbasis R1 & R6, lebih gagah, kokoh dan seimbang.
  • Desain di area speedometer yang futuristik.
  • Desain mesin yang berubah menjadi 115cc dari 110cc.

Selain itu juga ada beerapa perubahan perubahan fitur yang ada pada penampilan Jupiter Z Robot ini yaitu :

  • Desain lampu depan baru lebih sporty plus tampilan flasher light sehingga mirip dengan Jupiter MX.
  • Desain speedoleter baru yang menggunakan LED ilumination berwarna biru, yang sanggup memendarkan cahaya terang saat malam hari.
  • Desain lampu belakang yang meruncing dan futuristik
  • Desain cover handle, bagasi yang lebih besar, serta guard key pada kunci starternya. Kayak motor keluaran Honda.
  • Mampu memuncratkan Power sebesar 6.0 kW pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 8.3 Nm di 4.500 rpm. Adapun yang lama bermesin 110 cc hanya bertenaga 6.55 kW di 8.000 rpm dengan torsi 9.0 Nm di 5.000 rpm.
  • Rangka baja underbone dengan suspensi telescopic di depan dan lengan ayun di belakang. Ukuran ban juga masih sama 70/90-17 di depan serta 80/90-17 untuk ban belakang.
  • Rem Depan cakaram dan belakang Tromol.
  • Konon New Jupiter Z Robot ini mengadopsi teknologi balap dengan menggunakan frame dari Yamaha R1

Yamaha Jupiter Z1 Generasi 5 Tahun 2012 – 2014

Yamaha Jupiter Z1 Generasi 5 Tahun 2012 – 2014
Yamaha Jupiter Z1 Generasi 5 Tahun 2012 – 2014

Untuk Yamaha Jupiter Z1 Generasi 5 Tahun 2012 – 2014 hadir dengan . teknologi Injeksi plus banyak fitur baru, jupiter z1 ini adalah:

  • Menggunakan pengakbutan Fuel Injection jadi irit bahan bakar (BBM)
  • Desain Diamond Shaped Speedometer, jadi spedometer nampak keren nan modern
  • Menggunakan teknologi Forged piston sehingga berforma tinggi dan makin makin cepat.
  • Opsi desain Sporty – Striped Casting Wheel, yaitu pelg warna yang nampak sporty
  • Arrow Shaped Tail Light yaitu bergaya belakang lancip ( mirip hiu ) sehingga terkesan futuristik dan aerodinamis.
  • Double Head Lamp, bercahaya yang terang. Sudah AHO mas bro, otomatis nyala lampunya.
  • Arodynamic Air – Flow System, yaitu fairing yang sengaja dimiripkan dengan motoGp.
  • Sepek mesin adalah 113 cc, 2 Valve, SOHC, 4 Langkah yang bersistem pendingin berupa cairan ( radiator ) yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 7,4 kW / 7.750 rpm dan torsi maksimum mencapai hingga 9,9 Nm / 6.500 rpm. Dalam sebuah test ride ( uji coba ) motor yamaha jupiter z1 ini bisa mampu melaju dan menembus kecepatan 115 km/jam. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya ( BBM ) lumayan irit yakni 46 km/liter.

Zupiter Z Robot Di Mata Pembalap

Nah mas bro, ketika Jupiter berevolui menjadi 115 c dan ditambah segepok fitur, apa kira-kira tanggapan para modifikator dan pembalap? Yup mas bro motor ini kan dengan model 110 cc aja banyak dilirik para pembalap, mudah dioprek, diajak kebut dan simpel. Nah, bagaimana dengan yang 115 cc? Yaitu mulai dengan Jupiter Robot?

Sebuah akun FB Road Race Indonesia menyatakan berikut?

Ask.. “Min, Kenapa JUPITER ROBOT Hampir Jarang Dipakai..???”??

Selamat pagi penikmat kopi..?? ?????

Abaikan soal Gambar yang agak membingungkan.. ?? Menjawab penasaran banyak orang , dan inilah Analisa dan Opini kami tentang motor yang usianya sangat pendek yang satu ini ini..

Yamaha Jupiter Z 115 aka JUPITER ROBOT/Masih Keabu, adalah lahir pada tanggal yang entah bulan apa saya lupa, tapi motor ini mbrojol ke planet bumi di tahun 2010 alias 9 tahun yang silam dan kelam.. Kelam karena tak lebih sexy dari pendahulunya yakni Jupiter 5TP yang langsing dan cantik parah kayak tetanggamu sebelah itu.. Evolusi bentuk body membuat Jupiter lebih gemuk di generasi 115 cc ini..

Lupakan soal itu, karena yang mau kita kupas adalah kenapa motor ini jarang dipakai balap..??
Klo di jamannya mbrojol sih tetap dipakai lah ya.. Cuma gak banyak memang.. privater pun ada kok yang bangun motor ini untuk balap lokal.. cuma para tim kejurnas ogah ogahan sebenarnya untuk jadikan ini bahan motor kencang ..

Lanjoot

Biar gamblang berikut alasan versi opini kami, kenapa Jupiter Robot Hampir gak ada yang Pakai
?? para pelaku balap, sudah terlanjur nyaman dengan Jupiter Z 5Tempe Gen 2003 – 2008, sehingga susah pindah ke lain hati..

??5TP risetnya sudah berjalan lama, dan sudah terbukti mesin juara.. ngapain riset meraba raba untuk mesin baru..

?? Jupiter Robot, model pun tidak cukup memikat, meski cc lebih besar, Tapi kemudahan cari spare part tetap 5TP adalah yang paling praktis..

?? Satu fakta lain, meski ini motor Paling NEW, di era nya justru Tim Pabrikan/ yang disupport Yamaha Hampir gak ada yang Pakai, jika pun ada hanya segelintir saja.. malah lebih nyaman dengan Jupiter lama.. Kalau nggak percaya cek di Youtube Indoprix 2011 2012..

Unik memang, seperti sebuah perubahan yang susah direspon pasar..

Era Jupiter Robot ini segera tergantikan Z1 injeksi di pertengahan 2012.. Nah untuk kisah yang ini nyambung di next part ya guys… ????

Intinya… Baik dulu maupun sekarang, orang yak punya alasan kuat untuk pilih Robot.. terlebih sekarang era Injeksi.. sehingga Orang mungkin lebih pilih Z1 yang lebih ada gunanya untuk event biasa maupun kejurnas.. sedang Jupiter Robot Karbu ini jauh dari menarik untuk dijadikan bahan meskipun untuk event non kejurnas..

Nah itu ya guys, semoga bisa jawab rasa penasaran beberapa kalian yang kemarin banyak yang tanya. ??

Mudah mudahan ada ilmu yang bisa kalian saring dari cerita singkat ini.. ??

Ada yang masih setia pelihara Robot Karbu Maupun Robot injek..?? Tampilkan…????

Semangat Nyimak Sambil Ngopi santai di akhir pekan untuk semua…???

Nah mas bro, ternyata dengan segepok fitur, lalu dengan CC lebih besar, belum bisa membuat para pembalap langsung kpincut ya mas bro. Ternyata sesuai selera. Atau kemungkinan lantara desain modif yang sudah banyak paten di generasi 110, jadi ogah pindah ke 115 mas bro. Yup demikian mas bro, terkait ulasan Sejarah Klan Yamaha Jupiter dan jupiter Robot.

2 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.