Bandara Internasional Yogyakarta Bakal Beroperasi 29 April 2019 Ini

Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi

Bonsaibiker.com – Mas bro ada sebuah berita baru nih yang ramai dari jagad FB. Bahwa menurut berita yang berkembang dan dapat dipercaya Bandara Internasional Yogyakarta Bakal Beroperasi 29 April 2019 Ini. Wew, keren mas bro.

Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi
Bandara Internasional Yogyakarta Beroperasi

Yup mas bro, beberapa waktu lalu James Bons tulis artikel terkait pembangunan bandara baru ini, yaitu :

New Yogyakarta International Airport Dan Underpass Terpanjang di Indonesia

Nah, ternyata belakangan diketahui bandaranya telah hampir jadi. Dan pastinya bentar lagi Yogyakarta bakal memiliki Bandara Internasional. Jadi mas bro, progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta ini nyaris 100 % jadi. Kemudian mas bro, kabarnya bakal mulai beroperasi pada 29 April 2019 mendatang.

Adapun progres proyek secara keseluruhan bandara yaitu termasuk juga penerbangan domestik, kabarnya target rampungnya pada akhir 2019 ini ternyata telah mencapai 47 %. Nah mas bro, sebelum operasi, dilakukanlah simulasi pada bandara ini guna memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Simulasi ini bakal di gelar pada 20 hingga 26 April 2019 mendatang.

penampakan bandaraInternasionl Yogyakarta
penampakan bandaraInternasionl Yogyakarta

Simulasi Bandara Internasional Yogyakarta

Bberapa aspek diperhitungkan dalam rangkaian simulasi tersebut yitu mulai dari aspek moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur penunjang pelayanan bandara. Berikut jadwalnya:

  • Aspek keamanan bandara oleh Komite Keamanan Bandara (Airport Security Committee) pada 20 April 2019.
  • Pada 22 April 2019 bakal dilaksanakan penilaian potensi gangguan dan risiko atau Hazard Identification and Risk Assesment (HIRA). Yaitu oleh maskapai dan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan serta table top exercise operasi bandara pada 23 April 2019.
  • Simulasi operasional lapangan pada 24 April 2019.
  • Evaluasi simulasi pengoperasian bandara pada 25 April 2019.
  • Simulasi gabungan pengoperasian bandara bersama seluruh pemangku kepentingan terkait. Seperti transportasi darat, maskapai penerbangan, petugas imigrasi, dan lainnya yang akan dilakukan pada 26 April 2019.
lorong bandara Internasional Jogjakarta
lorong bandara Internasional Jogjakarta

Mantabnya mas bro, aspek keselamatan dalam penerbangan bakal lebih terjamin. Ini lantaran panjang landas pacu Bandara Internasional Yogyakarta sepanjang 3.250 meter lebih panjang dari runway Bandara Adisutjipto jogjakarta.

Selanjutnya bakal dilakukan Simulasi faktor lain yaitu :

  • Simulasi kesiapan moda transportasi pendukung, akan dilakukan uji coba pada 24 April 2019 saat dilakukan simulasi operasional. Transportasi tersebut itu antara lain bus Damri, taksi, kereta api, dan kendaraan pribadi. Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui waktu tempuh calon penumpang pesawat udara dari titik keberangkatan di Yogyakarta dan luar Yogyakarta menuju Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo.
  • Simulasikan pergerakan penumpang dari dalam dan luar kota hingga proses keberangkatan di terminal keberangkatan bakal dilakukan pada 26 April 2019. Dalam simulasi tersebut infrastruktur dan layanan yang ada di bandara bakal diuji. Nantinya peserta simulasi bakal melakukan proses check-in, pengurusan imigrasi, memasuki lounge keberangkatan, melalui garbarata, sampai masuk ke pesawat. Juoz.
  • Dalam simulasi gabungan 26 April 2019 juga akan dilakukan pendaratan pesawat.

Be the first to comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.