Artikel Agama

Lebaran 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

Lebaran 1 Syawal 1440 H

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, setelah melakukan sidang isbat. pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Lebaran 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019. Sebagaimana tertulis dalam artikel lalu bahwa Kemenag menggelar sidang isbat, Senin (3/6/2019) malam tadi, di Kementerian Agama, Jakarta.

Lebaran 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019
Lebaran 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

Yup mas bro, Sidang isbat yang baru saja dilaksanakan tadi dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Pak Lukman ini usai sidang isbat menyebutkan bahwa dari pantauan hilal yang dilakukan, tidak ada satu pun yang berhasil melihat hilal.

Berikut ini statmen pak Lukman:

“…….., maka bulan Ramadhan tahun ini digenapkan jadi 30 hari. Itu artinya besok hari Selasa kita masih puasa karena besok masih Ramadhan. Dengan demikian, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019,…….”

Mas bro sekalian, penetapan i syawal ini dilakukan berdasarkan dua hal yaitu penghitungan hisab yaitu dengan menghitung bilangan bulan, dan metode rukyat yaitu dengan melihat langsung nampak atau belumnya bulan.

Proses penetapan atau gelaran sidang isbat ini dimulai setelah ibadah shalat Magrib petang tadi. Yaitu dilakukan dengan masing-masing perwakilan Kemenag yang tersebar di 105 titik melaporkan hasil hisab dan pantauan rukyatul hilal di titik masing-masing. Dalamsidang isbat ini digelar dengan melibatkan unsur Kementerian Agama, DPR, MUI, ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat.

Nah hasilnya ya belum nampak hilal, maka bulan ramadan digenapkan menjadi 30 hari. Jadi besok masih puasa mas bro.Lebarannya rabu.

35 komentar pada “Lebaran 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.