Berita Umum

Boleran Si Pantai Penghanyut, Waspadalah!

Boleran Si Pantai Penghanyut

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, Sebuah berita terkait kejadian dimana mantan pemain Persis Solo Ferry Anto Eko Saputro tenggelam di Pantai Baru, Bantul bersama anaknya Freya Fajrina Dwi Saputri. Nah mas bro, kabarnya anaknya telah ditemukan, Sabtu (22/6/2019). Sementara jenazah Ferry yang ikut hilang bersama anaknya masih belum ditemukan. Keduanya dinyatakan hilang pada Kamis (20/6/2019) saat keduanya sedang bersama. Tim SAR menemukan jenazah Freya di Pantai Trisik, Kulon Progo, Yogyakarta, pukul 08.20. Dalam kemelut kejadian ini ada yang mengatakan keduanya tersedot Boleran Si Pantai Penghanyut.

Apa Itu Boleran?

Mas bro sekalian, usai kejadian ini warganet banyak yang bicara terkait ‘Boleran”. Boleran adalah sisi patai yang biasanya membawa hanyut apapun ke dalam lalu. Bisa dikatakan seperti arus balik. Yaitu ombah membawa ke pinggir, tapi boleran justru membawa ke tengah. Nah mas bro, tak ada salahnya kita bahas boleran ini sebagai bahan pengetahuan supaya setidaknya kita ada bekal kalau ke laut.

Boleran Menurut Warganet

Ada sebuah pengetahuan yang menarik Terkait Boleran yang dishare oleh akun Aditya wahyudin yang kemudian juga dishare akun Berita Viral:

“BOLERAN” SI AREA TERLARANG YANG MENGHANYUTKAN DI LAUT.

Sekedar sharing saja, kebetulan saya orang pesisir pantai [ rumah saya skitar 150meter dari pantai ] . di pantai selatan itu khususnya yg berpasir hitam, ada suatu area di pantai yg jgn sampai kalian dekat2 daerah situ. namanya klo di kampung saya “BOLERAN” itu di tandai dengan ombaknya tenang/tidak pecah. Cuma menggelundung saja ombaknya, padahal di sisi lain ombak memecah besar. orang awam mikirnya itu aman karena tidak ada ombak, tpi sebenarnya itu area mematikan.

Kami anak pesisir paham betul itu area terlarang bagi kami untuk berenang di situ. Sebab itu cekungan dalam mirip sungai yang air bawahnya mengalir deras ke tengah laut ke arah cekungan yang lebih dalam. Kami anak pesisir takut untuk mendekati area itu karena sudah paham itu dalam dan airnya menghanyutkan.

Ciri-ciri Boleran yang Mengehanyutkan

> ombak nya menggelundung tidak seperti area lain yg ombak nya memecah [ ombak memecah ada putih2 air saat memecah. Sedangkan ombak menggulung itu cuma gulungan gelombang ]. Dan warna airnya rada gelap yang menandakan itu area dalam.

> Boleran itu biasanya menjorok ke daratan, biasanya itu berlokasi di skitar 5 – 10meter dari garis bibir pantai tergantung kondisi airlaut pasang atau tidak. [ 5-10 meter jika pasang ] jika air laut surut itu beragam, ada yg berjarak 20m baru boleran.

*Garis bibir pantai di sini yg saya maksud itu area terakhir yg di terjang air laut, bukan garis area basah dan area kering. Bisa di katakan ombak terakhir yg paling jauh ke darat.

*Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut

> Area yg bukan boleran/area aman itu bisa berjarak sampe 20 meter lebih dari bibir pantai dan itu tidak ada lubang/aliran airnya gk kuat. Itu akan semakin dalam secara berlahan [ semakin jauh semakin dalam]. Tpi ombaknya memecah besar. itu adalah area kami anak pesisir biasa untuk berenang, bisa aman walau 20meter berenang tpi dengan syarat harus bisa renang dan perhatikan penurunan dalam pasirnya.

*Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut

> jika di tarik garis sepadan, misal 20 meter dari garis pantai,, area aman memiliki kedalaman itu skitar 100cm-150cm. sedangkan area boleran itu baru 7meter dari bibir pantai atau misal baru masuk 2 meter ke arah Boleran itu kaki saya tidak menyentuh pasir atau dalam nya lebih dari tinggi badan saya dan airnya mengalir deras.

*Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut

> dulu pernah saat air laut surut sekali, itu boleran terlihat jelas, bahkan orang awam akan tau, karena terlihat cekungan, dan baru masuk 2 meter saja dari bibir pantai sudah skitar sedalam pusar/pinggang dalamnya. sedangkan di sisi lain, di 20 meter bibir pantai itu hanya se mata kaki sampai lutut.. sangat dangkal. itu yg paling jelas yg pernah aku liat. jadi di sebelah kanan kiri boleran itu semata kaki sedangkan di boleran itu se pusar.

> di pantai saya, dulu sering ada orang tenggelam karena tidak tau hal ini, main2 air di pinggir pantai. hanya beberapa meter dari garis bibir pantai,, tpi lurus dikit ke arah tengah itu boleran. ketika ada ombak besar, orang itu terseret hanya beberapa meter saja tetapi masuk ke boleran dengan air yg dalam dan menghanyutkan.

Note : Boleran itu sejenis Ekor dari palung laut, jadi boleran itu mirip seperti sungai yang akan membawa apa saja tertarik arus ke palung laut yg dalamnya puluhan meter.

itu pengalaman dari saya, mungkin klo ada salah mohon di koreksi.
BY Aditya wahyudin

Beberapa Foto Boleran

Mas bro, berikut beberapa foto yang dishare oleh akun fb di atas terkait Boleran:

Oceh mas bro, semoga menjadi bahan pengetahuan bagi kita semua.

4 komentar pada “Boleran Si Pantai Penghanyut, Waspadalah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.