Berita Umum

Heboh Pro Kontra Vidio Tuduhan Mie Ayam Kepala Tikus

Tuduhan Mie Ayam Kepala Tikus

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, dalam beberapa hari ini ramai diberitakan terkait sebuah vidio yang oleh banyak orang dianggap menyudutkan. Terutama menyudutkan parapedagang Mie Ayam di Gajah Mungkur Wono Giri. Ya, ada vidio beredar yang disinyalir menyatakan bahwa mie ayam ini pake daging tikus. Namun buru-buru ramai halini dibantah bahwa ini bukan kepalatikus, tapi kepala ayam dimana bentuuk janggernya mirip kuping tikus sehingga diklaim sebagai kepala tikus. Nah, di sinilah terjadi Heboh Pro Kontra Vidio Tuduhan Mie Ayam Kepala Tikus ini.

Tuduhan Mie Ayam Kepala Tikus
Tuduhan Mie Ayam Kepala Tikus

Yup mas bro, Bonsaibiker menelusuri sebuah postingan vidio dari akun FB Hiwanti Ling yang ramai menuai hingga 112 Komentar lalu sampai 10.803 Kali Dibagikan, dan 1,2 rb orang Ssuka. Vidio ini menjadi viral hingga 519 rb Tayangan · Diposting pada hari Sabtu, 22 Juni 2019 lalu sekitar pukul 14.03 dengan statmen berikut:

 Mie ayam pke daging tikus…kepala tikus nya lupa di buang…??

Mas bro,entah ini vidio aseli akun iniatau share dari akun lain masih belum paham. Lihat ini vidionya :

Nah dari postingan inilah geger di dunia maya. Postingan yang menganggap bahwa yang nampak pada vidio di atas adalah kepala tikus dianggap merugian para pedagang mie ayam di daerah Gajah Mungkur, Wonogiri. Banyak yang menghujat ivido ini dengan menyatakann bahwa itu adalah jangger ayam yang bagian kepala atasnyibuang. Maka saat dibalik seperti bentuk 2 telinga seekor tikus. Aknirnya dikatakan sebagaidaging tikus lalu menuai pro kontra di sosial media.

Ini beberapa komentar warganet

  • Herys Jogja : Itu kepala ayam kebalik coy bukan kepala tikus,,,,,??
  • Mulyo Waluyo : Kepala ayam cuma d belah 2’itu yg bagian kepala bawah,yg bagian kepala atasnya ga d ikut sertakan’jagan begitu menyudutkan pedagang mei ayam,kasihan dia carimkan yg halal buat keluarganya
  • Anieta Ananta II : Koc g mikir anak” yg midio itu
    Iso ngrusak sandang pangan e bakul mie…
    Aku jian gemesss ngrasakno polah e arek” iku

Sebuah akun fb bahkan mengeluarkan statmen sebagaisurat terbuka menghadapi viralnya vidio ini. Ya, akun FB Iyon bersama Mas Ot dan 25 lainnya.18 jam lalu menyatakan berikut :

SURAT TERBUKA

Kepada:
1. Siapapun yang telah mengunggah Video Hoax Mie Ayam Gajah Mungkur pakai kepala Tikus
2. Penjual Mie Ayam Bakso Wonogiri
3. Masyarakat Wonogiri
4. Masyarakat Indonesia penggemar Mie Ayam Bakso Wonogiri

Beberapa hari ini saya melihat viralnya video mbak-mbak yang sedang makan mie ayam yang katanya menggunakan daging tikus. Video itu diunggah oleh berapa akun pesbuk dengan caption yang beragam, sebaian besar keterangan dari video menyatakan Mie Ayam Gajah Mungkur ketahuan menggunakan daging tikus karena lupa membuang kepalanya. Viralnya video tersebut selain diunggah oleh beberapa akun pesbuk juga dibagikan oleh banyak sekali akun-akun pesbuk yang lain dan dilihat oleh mungkin jutaan masyarakat Indonesia.

Pertama melihat video itu saya biasa saja, karena saya berfikir bahwa masyarakat Indonesia terutama warganet sudah mulai cerdas untuk memilah dan memilih berita karena banyaknya info hoax yang terjadi menjelang pemilu kemarin. Dugaan saya luput, ternyata masih banyak juga masyarakat yang percaya bahwa memang itu adalah kepala tikus, lebih-lebih setelah video tersebut juga dibagikan oleh teman baik saya Tulus Triadiyanto dengan menyertakan emo muntah dan juga dibagikan oleh teman pesbuk saya Chichi Lala yang dalam salah satu komentarnya menyatakan bahwa “beda yaaa ms klo bagian dagu ayam gk kaya gtu”.

Sebagai mantan bakul Mie Ayam Wonogiren saya menjadi gemes, kita semua tahu bahwa Gajah Mungkur adalah salah satu kata yang menjadi kebanggaan masyarakat Wonogiri setelah dibangunnya Waduk Gajah Mungkur yang berdiri kokoh itu, banyak penjual mie ayam dan bakso dari Wonogiri menggunakan nama Gajah Mungkur sebagai Brand jualannya.

Lanjutan

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut jelas-jelas bahwa yang dibilang kepala tikus adalah bagian bawah kepala ayam, yang dikira kuping tikus tersebut juga kita faham betul bahwa itu adalah cengger ayam baian dagu/bawah (entah apa namanya). Bagi yang saban harinya hanya makan ayam potong broiler umur 30 hari memang nggak mungkin menemukan kepala ayam bentuknya begitu, ayam umur 30 hari tidak mungkin tumbuh cengger dibagian bawah sebesar itu.

Kenapa menemukan kepala ayam dengan cengger bawah sebesar itu di Mie Ayam Wonogiren? Kita tahu bahwa masyarakat Wonogiri itu memiliki selera yang tinggi terhadap rasa masakan, ayam potong broiler usia 30 hari yang kebanyakan digunakan untuk pecel ayam itu memang tidak cocok untuk bikin Mie Ayam, dagingnya terlalu lunak dan mudah hancur jika dimasak agak lama selain itu rasanya juga kurang enak dan cenderung Sepo (hambar), maka untuk menghasilkan sebuah sajian mie ayam yang nikmat dengan citarasa tinggi maka kebanyakan Mie Ayam Wonogiri menggunakan Ayam Parent atau ayam tua atau ayam afkir, kualitas dagingnya lebih bagus dan rasanya tentusaja lebih enak, selain itu bisa dimasak dengan waktu yang lama sehingga bumbu rempah-rempah bisa remasuk dengan sempurna. (Matamu melek o Cuk)

LANJUTAN

Saya yakin betul bahwa Pedagang Mie Ayam Bakso dari Wonogiri adalah manusia-manusia bermartabat, ketangguhan dalam berwirausaha sudah teruji sejak lama dan diwarisi dari leluhur secara turun temurun. Maka isyu, gossip dan hoax apapaun itu terhadap Mie Ayam Bakso Wonogiri tidak akan bisa merusak citra Mie Ayam Bakso Wonogiri. Viralnya video tersebut tentu saja bukan hanya pencemaran nama baik satu warung mie ayam, viralnya video yang di posting oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab tersebut telah melukai saudara-saudara kita penjual Mie Ayam Bakso Wonogiri yang berjihad untuk menghidupi keluarga.

Maka, untuk membungkam viralnya video tersebut dan sebagai bentuk keberfihakan kita terhadap saudara-saudara kita penjual Mie Ayam Bakso Wonogiri serta atas dasar cinta dan kebanggaan kita terhadap Wonogiri, mari !!! Hari minggu besok, tanggal 30 Juni 2019 kita galang aksi Gerakan Makan Mie Ayam Bakso Wonogiri di manapun berada, kita viralkan di media sosial demi Harga Diri dan Nama Baik Masyarakat Wonogiri di manapun berada,

Iyon
Mantan Bakul Mie Ayam Wonogiren

#WonogiriBermartabat
#SaveMieAyamGajahMungkur
#MieAyamBaksoWonogiri

Tag teman-teman penjual Mie Ayam Bakso Wonogiri

Yup,kasus ini bergulir panas di dunia maya. Entah itu tikus atau ayam, ya memang perlu datalebih valid untuk menjsutifikasi mas bro. Kalau liat vidio aja, takutnya salah. Mogai.-moga saja tak ada pihak yang dirugikan dalam kasus ini.

4 komentar pada “Heboh Pro Kontra Vidio Tuduhan Mie Ayam Kepala Tikus

  • pecinta trio jepang but no buy suzi

    Baru lihat juga cakk kepala ayam kayak gitu, lagian kenapa gak di cincang ae

    Balas
  • Gw sih yakin nya itu bukan kepala ayam 101%

    Balas
  • Itu sih Kepala ayam…
    yang nggak pernah makan kepala ayam mana tau wkwkwk…

    Balas
  • Kamen rider

    Yg bilang bukan kepala ayam itu pasti orang bodoh, sekali liat aja udah yakin itu pala ayam, sy juga pernah jualan ayam bakar, jadi tau dengan sekali liat video.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.