Motor Boros Diskir Klep, Irit Lagi Mas Bro

Motor Boros Diskir Klep

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sedikitobrolan terkait Bekakas, alias bergejil suka motor bekas. Kali ini yang dialami Bonsaibiker adalah terkait pengalaman Motor Boros Diskir Klep Jadi ceritanya salah satu dari dua motor Honda Grand yang biasa nangkring di garasi kok boros banget. Ya, pasti ada yang gak beres. Yuk simak Tipsnya!

Motor Boros Diskir Klep
Motor Boros Diskir Klep

Konsumsi BBM Honda Astrea Grand

1 liter BBM masak cuman menempuh jarak 30 KM di Honda Astrea Grand ini. Itu artinya sama dengan konsumsi BBM Honda Tiger, atau bahkan Yamaha Scorpio. Nah, mustinya Honda grand itu ya konsumsi BBMnya kan 1 liter bisa menempuh jarak 50-60 KM. Nah ada apa gerangan.

5 Penyebab Motor Boros

Mas bro, isengisengtanya sana-sini terkait sebab motor boros. Ini yang berhubungan dengan kerusakan atau stelan ya mas bro, bukan berhubungan dengan penggunaan.Misalnya motor buat ngangkut bebean berat, nanjak, ngegas terus, ya wajar boros.Tapi ini yang berhubungan dengan system kerja motor.

  1. Karburator Rusak atau Stelan Kurang Tepat
  2. Settingan ECU yang salah
  3. Kerak karbon yang menumpuk di ruang bakar
    Penggunaan knalpot free flow
  4. Tekanan ban yang rendah / ban kempes
  5. Busi Sudah tidak bagus
  6. Kampas kopling abis

Nah masbro, dari sebab-sebab di atas, Bonsai biker telah analisa semuanya. Kecuali point 2 ya. Motor ini masih pake CDI belum ECU yang canggih seperti sekarang. Dan kebanyakan normal mas bro.

Ini dia area tempat klep nangkring yang musti dibersihin mas bro

Akhirnya diskusi sana-sini, eh tahunya butuh skir klep mas bro. Klepdah kotor dan harus dibersihkan. Jadimotor ini pembakarannya tidaksempurna. Tanda-tandanya adalah saat busi dileps, warnanya item.biasanyakan putuh bersih. Ini item kotor.

Akhirnya bongkar head, bersihin klep, disetel lagi, mak jreng, motor kembali irit. Seli konsumsi bbm motor Honda Astrea Grand tembus 55-60 KPL. Mantab.

Lha tersu caranya skir klep gimana? Kalau mau bongkar sendiri ya silakan mas bro, caranya gaksusah-susah amat kok. Ckup bongar head silinder bagian atas motor. Lalu copot klepnya. Bersihkan kelpnya dan jalur kelp, atau tempat loblang klep tertanam. Bersihin ampek bersih. Lalu pasang lagi. (Detailnya bisa tanya ke bengekl atau di mbah google banyak turorialnya).

Kalau gak yakin, mening bawa ke bengkel mas bro. Aman dah.

7 komentar pada “Motor Boros Diskir Klep, Irit Lagi Mas Bro

  • 1 Juli 2019 pada 10:59
    Permalink

    kl di buku manual disebutnya servis besar. perkiraan sekitar KM25000 atau kelipatannya. jatohnya turun mesin. Makanya kl ada yg jual motor kmnya dah banyak tp kekeuh bilang blom turun mesin brt motornya ngga pernah diservis besar dan dipastikan kondisinya gak fit.

    Balas
    • 1 Juli 2019 pada 11:40
      Permalink

      betul. ini MX King bentar lg service besar nih. udh 19rb km.

      Balas
  • 1 Juli 2019 pada 19:15
    Permalink

    Mental kek TAI amat, udah naik motor tp BBM boros ngeluh hadeeeehh kek gini mau ada peningkatan taraf hidup
    Mending bela mati2 an dehh SESAMA BIKERS BIAR KATANYA DIBILANG KOMPAK trus sambil junjung asas status sosial biar byk yg bela

    Balas
    • 2 Juli 2019 pada 12:23
      Permalink

      Sebelum komen, diminum dulu obatnya mas, biar gak kumat. Jangan lupa, 3x sehari setelah makan.

      Balas
      • 2 Juli 2019 pada 17:35
        Permalink

        VIA ….. Apa emang salah gw komen secara realistis??? Apa emang komen yg sifatnya HARUS DAN WAJIB BELA SESAMA BIKERS spy gak ada yang tersinggung??? Pske otak dikit dong biar ngerti kalo dunia gak selebar daun kelor

        Balas
  • 2 Juli 2019 pada 07:49
    Permalink

    kena berapa biayanya skir klep doang, tanpa harus ganti seher/ring seher untuk motor bebek dibengkel umum??terima kasih

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: