Gampa Guncang Bali Pagi Ini Berkekuatan 6 Magnitudo

Gampa Guncang Bali

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebuah kabar berita terkait bencana datang dari Bali. Yup, Gampa Guncang Bali Pagi Ini Berkekuatan 6 Magnitudo. Diberitakan bahwa gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Nusa Dua, Bali pagi ini, pukul 07.18 WIB, Selasa (16/7/2019). Lebih jauh, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lindu menyatakapan bahwa gemopa ini tak berpotensi tsunami.

Gampa Guncang Bali
Gampa Guncang Bali

Selanjutnya BMKG di halaman resminya menyebutkan bahwa lokasi gempa berada di 83 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali. Titik Gempa ini berkedalaman mencapai 68 kilometer. Lebih tepatnya, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT. Atau juga bisa dikatakan berlokasi di laut pada jarak 80 km arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali, pada kedalaman 104 km.

Gempa bumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Lebih jauh, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia menjelaskan hal ini mas bro. Yaitu bahwa dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar.

Gempa Dirasakan Hingga Banyuwangi dan Lombok

Masih dari laporan BMKG, bahwa gempa bumi ini bisa dirasakan di daerah Badung V MMI, Nusa Dua IV-V MMI, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat IV MMI, Banyuwangi, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara III MMI, Jember, Lumajang II- III MMI.

Sejauh ini belum ada laporan dampak kerusakan. Sampai dengan pukul 07.50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ikan Pada Minggir Ke Pantai Sebelum Gempa Bali, Fenomena Alam | Bonsaibiker
  2. 5 Fenomena Ikan Naik Ke Darat Yang Dikaitkan Gempa dan Tsunami | Bonsaibiker

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.