Gunung Tangkuban Perahu Meletus

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, ada kabar berita dari Jawa Barat, bahwa Gunung Tangkuban Perahu Meletus Sore ini. Ya, erupsi terjadi pada Jumat (26/7/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. Foto dan Vidio terkait berita erupsi gunung ini tersebar ramai di social media.

Gunung Tangkuban Perahu Meletus
Gunung Tangkuban Perahu Meletus

Mas bro sekalian, warga Ciater menyampaikan bahwa erupsi tidak disertai abu. Jadi Ciater aman. Jadi waga Ciater yang dekat dengan lokasi bisa melihat asap tebal membumbung ke atas dari puncak Tangkuban Parahu ini.

Mas bro, ngintip dari postingan detik terkait petugas pemantau dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Ilham Mardikaryanta. Yaitu statmen pak Ilham ini yang mengatakan bahwa hingga pukul 16.15 WIB, proses erupsi masih berlangsung. Jadi hingga jelang maghrib ini masih evakuasi untuk pengunjung dan masyarakat yang berada di atas.

Yup mas bro, kejadian ini memang sudah ada gejala awal. Yaitu dimana aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Parahu kembali terpantau pada Senin (22/7/2019) lalu. Jadi dari pengamatan PVBMG visual gunung api ini jelas keliatan. Nah memang asap kawah utama bertekanan lemah hingga sedang memang sering nampak. Yaitu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal. Sementara dengan melihat rekaman seismograf PVMBG 21 Juli 2019 terpantau terjadi 425 kali gempa Hembusan.

Diketahui juga dari data PVBMG, terjadi 2 kali gempa Tremor Harmonik, 3 kali gempa Low Frequency, 3 kali gempa Vulkanik Dalam dan 3 kali gempa Tektonik Jauh.