Berita Umum

Vidio Detik-detik Gunung Tangkuban Perahu Meletus Sore Ini

Vidio Detik-detik Gunung Tangkuban Perahu Meletus

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, sebagaimana tertulis dalam artikel lalu bahwa Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat meletus. Nah, mas bro, memang saat meletus banyak wisatawan yang masih berada di area. Nah ternyata banyak yang merekam kejadian ini mas bro. Maka beredarlah Vidio Detik-detik Gunung Tangkuban Perahu Meletus Sore Ini.

Vidio Detik-detik Gunung Tangkuban Perahu Meletus
Vidio Detik-detik Gunung Tangkuban Perahu Meletus

Ini Vidio Kejadinnya

Yup mas bro sekalian, gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat sore tadi Jumat, 26/07/2019 untuk pertama kali meletus sejak 2013. Usai letusan ini masyarakat diminta untuk menjaga jarak sekitar 1,5 kilometer dari kawah. Selain itu juga masyarakat diminta mewaspadai jikalau ada letusan tiba-tiba. Jadi mas bro, orang tak boleh masuk satu setengah kilometer dari radius kawah, hanya bisa di parkir bawah.

Menurut perkiraan Gede Suantika, Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) letusan kali ini mirip dengan letusan pada Oktober 2013. Letusan ini sejauh ini diperkirakan bakal berlangsung sekitar satu minggu ke depan.

Mas bro, vulkanolog lain, Kasbani menyatakan bahwa masyarakat diminta mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba. Ngerinya mas bro, letusan ini terejadi tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas. Jadi ngeri mas bro, kalau tiba-tiba terjadi. Cuman ya menurut pak Kasbani, sejauh ini belum da indikasi untuk erupsi magmatik yang lebih besar.

Yup, sejauh ini, aktivitas Tangkuban Perahu yang dimulai sejak 21 Juli lalu, telah ditandai dengan 425 kali gempa hembusan. Kemudian gunung ini meletus pada Jumat pukul 15:48 WIB. Letusan ini memunculkan abu dengan ketinggian sekitar 200 meter di atas puncak. Atau misalkan diukur dari permukaan laut setinggi sekitar 2.284 meter.

Data selanjutnya adalah dari keterangan PVMBG. Lembaga ini menyebutkan kolom abu bewarna kelabu dan erupsi tercatat di seismogram dengan durasi sekitar lima menit 30 detik. Kemudian kepulan asap dari Kawah Ratu Gunung tercatat pada hari Selasa (23/07/2019). Sementara pada 21 Juli lalu petugas mencatat ada sebanyak 425 kali gempa hembusan di Gunung Tangkuban Perahu.

Mas bro, kabar baiknya adalah bahwa sjak dulu letusannya kecil-kecil. Letusan pertama pada 1829 dengan erupsi selama tiga hari tiga malam. Yang terjadi hanya letusan freatik kecil-kecil sejak tahun tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.