Kendaraan Berumur 10 Tahun Lebih Dilarang Beroperasi di Jakarta Tahun 2025

Kendaraan Berumur 10 Tahun Lebih

Bonsaibiker.com – sebuah berita dari ibukata Jakarta mas bro, terkait pelarangan ngaspal kendaraan tua di ibukota ini. Yup. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan instruksi gubernur (ingub) isinya meminta Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk mempersiapkan aturan pembatasan usia kendaraan pribadi. Jadi isinya mas bro, Kendaraan Berumur 10 Tahun Lebih Dilarang Beroperasidi Jakarta Tahun 2025. Ingub tersebut dikeluarkan dengan Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Ibu Kota pada Kamis (1/8/2019).

Kendaraan Berumur 10 Tahun Lebih
Kendaraan Berumur 10 Tahun Lebih

Pembatasan Usia Kendaraan Bermotor Pribadi di Jakarta

Mas bro, dalam Igub yang berkaitan dengan Pembatasan Usia Kendaraan Bermotor Pribadi di Jakarta ini, Anies ingin memastikan 2 hal. Yaitu :

  • Pertama tidak ada kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada tahun 2025
  • Ke dua, menginstruksikan kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI agar memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai 2019.

Jadi pak Anies menginstruksikan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta untuk menjadikan uji emisi secara berkala kendaraan bermotor sebagai salah satu syarat dalam pemberian ijin operasional kendaraan bermotor ini.

Pembatasan Usia Kendaraan Bermotor Juga Berlaku Bagi Ankutan Umum

Selanjutnya mas bro, Pembatasan Usia Kendaraan Bermotor tidak saja pada kendaraan pribadi, ternyata Juga Berlaku Bagi Ankutan Umum. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan agar semua angkutan umum di Jakarta diremajakan melalui program Jak Lingko pada tahun 2020 Mendatang.

Jadi Dinas Perhubungan DKI diintruksikan untuk memastikan bahwa tidak akan ada kendaraan umum yang berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi beroperasi di DKI pada 2020 mendatang. Tinggal beberapa bulan lagi mas bro. 2 point penting memang perlu digaris bawahi mas bro, yaitu:

  • Anies menguntruksikan ini lewat Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 tentang pengendalian kualitas udara, pada Kamis (1/8/2019).
  • Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta diminta untuk mempercepat peremajaan 10.047 armada bus kecil, sedang, dan besar melalui integrasi ke dalam Jak Lingko pada tahun 2020.

Nah, aturannya cepet berlakunya mas bro. Jadi sekarang Kadishub sudah musti siap draf rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pembatasan usia kendaraan untuk angkutan umum pada tahun 2019 ini.

Harga Kendaraan Berumur 10 Tahun Lebih Bakal terjun Bebas

Mas bro,kalau memang peraturan di atas diberlakukan, wew. Diprediksi bahwa Harga Mobil Bekas Bakal Terjun Bebas. Utamanya adalah yang sudah mau habis masa hidupnya di Jakarta, yaitu masa 10 tahun.

Jadi ketika usia mobil sudah 8 tahun, pemiliknya bakal ribut untuk menjual mobilnya. Nah, harganya masih rada tinggi kalau usia itu.Kalau dah usia 9 tahun apalagi 10 wew jeblok bro. Pasti mau dikeluarin.

4 komentar pada “Kendaraan Berumur 10 Tahun Lebih Dilarang Beroperasi di Jakarta Tahun 2025

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: